Kue Sagon Banguntapan, Mirip dengan Wingko Babat Semarang

Beberapa hari yang lalu dikantor ada makanan yang terbungkus dengan kertas biasa di meja teman. Begitu aku buka ternyata isinya adalah kue. Awalnya aku bingung ini kue apa? Kok bentuknya seperti ini. Aku tanya teman kantor, dia bilang ini namanya kue Sagon. Ini kalu pertama aku mendengar nama kue Sagon. Aku tertarik untuk mengabadikan beberapa kali kue ini sebelum mencicipinya.
Kue Sagon, Banguntapan, Bantul
Kue Sagon, Banguntapan, Bantul
Kue Sagon, Banguntapan, Bantul
Saat aku mencicipi, pikiranku langsung tertuju pada kue Wingko. Tentu kalian tahu kalu sedang berada di bis atau singgah di Semarang Wingko menjadi jajanan yang ditawarkan oleh penjual. Kalau Wingko dibungkus dengan rapi, kalau Sagon hanya dibungkus seperti kita sedang memberli roti bakar. Kue ini termasuk kue basah karena tidak bisa bertahan lama layaknya kue kering.

Dengan porsi yang besar, kue Sagon bisa dilahap lebih dari 4 orang. rasanya benar-benar sama dengan Wingko. Tepat di atasnya taburan kelapa dan gula, rasanya manis. Bahan dasarnya juga dari ketan. Aku mencoba mencari-cari informasi di internet mengenai kue Sagon ini, tidak sengaja mendapat informasi kalau kue ini memang khas dari salah satu tempat di Bantul, tepatnya dikawasan Banguntapan. Jika kalian menuju Kidsfun Jogja maupun melewati kearah Wonosari, kalian bisa bertanya ke warga mengenai kue Sagon ini.

Kue Sagon memang belum begitu terkenal, bahkan aku sendiri baru tahu nama kue ini dari temanku yang rumahnya tidak jauh dari lokasi pembuatannya. Katanya sih daerah Wiyoro, Banguntapan untuk mendapatkan kue Sagon ini. Sedangkan rumah temanku itu di dekat Pasar Ngipik, jadi lumayan dekat kan? Ada yang minat mencicipi kue Sagon?
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 komentar :

  1. di warung-warung juga ada iya mas tapi kue sagon yang kering hehe aku juga suka beli :) enak iya mas hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata sudah ada juga :-)
      Manis haaaa

      Delete
    2. Manisan mana mas sama gula aren ? he,, he, he,,

      Delete
    3. Lah ini haaa, kayaknya aren nggak ada saingannya pak :-D

      Delete
  2. di tempat saya (subang) ada juga yang namanya kue sagon cuma bentuknya gak seperti itu, tapi kue kering yang terbuat dari tepung beras, parutan kelapa dan gula pasir. satu nama beda bentuk ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama haaaa, iya pakai parutan kelapa heee. Manis rasanya :-)

      Delete
    2. Jadi guris kalau di pakai kelapa ya mas ? lengkap deh rasanya.

      Delete
  3. sagon, rangen, dumbeg dan jajanan pasar lainnya. enak dan sehat, tapi sayang keberadaannya tergusur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kita harus demo ke satpol PP *kalau dengar kata tergusur haaaa

      Delete
  4. Kalau lagi main ke Jawa saya sering beli kue sagon ini di tempat pasar tradisional mas, rasanya lumayan, dan agak lengket-lengket gitu deh. he, he, he,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jajanan pasar emang menggoda kang, selain dikantong nggak nguras, emak pula :-D

      Delete
  5. mas, ini gimana sih buatnya ?
    ada link resepnya gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu aku belum tahu, aku dapat kiriman udah tinggal maem :-(

      Delete