Berkunjung ke Jogja? Wajib Beli Bakpia

Mas-mbak, ayo naik becak ke tempat pembuatan Bakpia, langsung beli masih hangat,” Begitulah sapaan sekaligus tawaran yang dilontarkan bapak-bapak pengayuh becak sesaat di Malioboro, Jogja. Ya, Bakpia adalah salah satu makanan khas Jogja yang sangat mudah ditemui. Kalau kalian berada dikawasan Malioboro, tentu para bapak-bapak yang mengayuh becak menawarkan untuk mengunjungi kawasan Pathok. Lokasi yang berjejer-jejer kios Bakpia di Jogja. Kalian hanya membayar sebesar 5/10k untuk sampai disana. Kalau memang sudah tahu jalannya, tidak ada salahnya jalan kaki menuju lokasinya.
Bakpia Khas Jogja
Bakpia Khas Jogja
Singkat saja, beberapa hari yang lalu aku dan teman-teman kerjaan mendapatkan bingkisan dari alumni mahasiswa yang main. Beliau membawa sebuah bingkisan yang berisi Bakpia. Ups, sudah pada kenal dengan kue Bakpia kan? Itu loh yang bentuknya bulat-bulat. Pokoknya yang bulat-bulat terus didalamnya ada Kacang Hijaunya. Yang enak itu loh, apalagi kalau masih hangat.

Sebenarnya di Jogja, Bakpia itu sendiri isinya tidak hanya Kacang Hijau. Dibeberapa tempat malah menggunakan Ketela Rambat untuk menggantikan Kacang Hijau. Biasanya harganya lebih murah, tapi agak susah juga nyarinya. Ya mungkin karena Kacang Hijau lebih familiar daripada Ketela Rambat untuk mengisi dalam Bakpia. Untuk beberapa kios, memang ada banyak warung Bakpia yang sudah terkenal. Jadi kalian bisa menyinggahi kios mana saja yang kalian inginkan. Tidak perlu bingung, karena harganyapun hampir sama. Kisaran harga antara 25-35k, tergantung dalam satu dus kemasan berisi berapa Bakpia.

Ada dua jenis Bakpia yang bisa dibeli, Bakpia kering dan basah. Bakpia basah lebih agak lembut teksturnya, untuk bertahan lebih lama tentunya Bakpia kering lebih lama waktunya. Namun rasanya pun tidak berubah. Jadi silakan dipertimbangkan mau pilih yang Bakpia kering atau basah saat membeli. Jika kalian memang mengunjungi Jogja dan merasa kebingungan untuk mencari tempat yang merupakan pusat Bakpia. Aku anjurkan untuk pergi ke Malioboro lalu mencari becak dan bilang “Ke tempat Bakpia, pak,” Dijamin kalian dengan cepat diantarkan sampai ke lokasi. Sudah pernah makan Bakpia? Kue ini adalah salah satu yang paling dicari oleh para wisatawan kalau ke Jogja.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar :

  1. enak nih, cocok jam jam segini makan bakpia

    ReplyDelete
  2. Ahaaaaaaaaaa heiheie. Selalu bawa Bakpia sebagai oleh oleh jika ke Jogja
    Insya Allah

    ReplyDelete
  3. wah la ini yang bikin nikmat mantap.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, walau tinggal di Jogja tapi nggak bosan kalau makan Bakpia :-D

      Delete
  4. Kalau ke Jogja tidak nyemil bakpia, sama sepertinya kurang lengkap Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Camilan Bakpia, makan malam Gudeg, minum Kopi Joss :-D

      Delete