Berlibur ke Karimunjawa Tanpa Paketan? Siapa Takut

Berlibur ke Karimunjawa biasanya menjadi impian para pecinta pantai. Mereka rela merogoh kocek lebih dalam agar dapat berlibur ke Karimunjawa. Tidak dapat dipungkiri, makin lama, Karimunjawa menjelma menjadi pulau yang ramai. Masyarakat setempat pun berkreasi, mereka membuka banyak biro paket wisata, atau membangun lahan untuk resort, hotel, ataupun homestay.

Bagi para golongan atas, tidak sulit untuk mereka memilih paket wisata yang semahal apapun di Karimunjawa. namun, bagi teman-teman yang dengan dana pas-pasan, tentu ada pikiran bagaimana cara ke Karimunjawa dengan murah namun menyenangkan. Perlu diingat, dengan tidak menggunakan biro paket, ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang didapatkan. Berikut aku tulis tips ke Karimunjawa tanpa menggunakan biro/paket yang mungkin kalian ingin lakukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin berlibur murah ke Karimunjawa tanpa menggunakan biro paket wisata.
Bareng teman kelas tahun 2011
Bareng teman kelas tahun 2011, saya paling kanan gambar
Naik Kapal Ekonomi
Sudah tentu, tiket kapal ekonomi jauh lebih murah daripada tiket kapal cepat. Kapal ekonomi biayanya antara 50-60ribu. Dibanding tiket kapal cepat yang lebih mahal. Perjalanan menaiki kapal Ekonomi (Kapal Siginjai) sekitar 5 jam perjalanan, sedangkan kapal cepat hanya berkisar 2 jam perjalanan dari Jepara. Kenapa harus naik kapal ekonomi? Simpel saja, selain tiketnya jauh lebih mudah didapatkan, kalian juga bisa membawa kendaraan sendiri ke Karimunjawa.

Pilih Homestay Murah
Ada banyak pilihan untuk menginap, mulai dari hotel yang sangat bagus, sampai penginapan yang biasa. Bagi para pecinta backpacker; pilihan yang penting ada tempat tidur dan MCK. Di Karimunjawa, kalian bisa memilih homestay yang relatif harganya murah. Bisa jadi satu kamar join 3 sampai empat orang. di Karimunjawa selama ini belum ada Hostel, jadi penginapan/homestay bisa menjadi pilihan yang terbaik bagi kalian yang datang berombongan dan tidak menggunakan biro.

Camping/Menginap di Rumah Penduduk  
Camping? Ya, sepanjang Karimunjawa ada banyak pesisir pantai. kalian bisa memberdayakan untuk mendirikan tenda di sana. Dengan catatan mencari informasi apakah pantai tersebut boleh digunakan untuk kemping atau tidak. Setahuku, sekarang sudah ada beberapa banyak pantai yang bisa digunakan untuk ngecamp. Jika pun harus membayar, pasti kisaran harganya jauh lebih murah. Atau mau coba menginap di rumah warga. Aku pernah membawa teman yang ingin ke Karimunjawa untuk menginap di tempatku. Bila kurang yakin, ini aku cantumkan dua tulisan dari teman yang berbeda (Tulisan Charis & Mba Aryani).

Nebeng Kapal Keliling Pulau
Salah satu permasalahan yang agak susah bagi wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa tanpa mengikuti paketan adalah keliling pulau menggunakan kapal. Di dalam paketan, kalian sudah pasti mengikuti jadwal dan fasilitas sudah ditanggung biro. Bagi yang tidak mengikuti biro dan ingin keliling ke beberapa spot yang terkenal, salah satu caranya adalah dengan nebeng biro yang ingin keliling pulau. Dalam satu kelompok biasanya ada 10-15 wisatawan, jika kurang dari itu, kalian bisa coba melobi para pemandu untuk ikut keliling pulau. Biasanya kalian agak mengeluarkan uang yang tidak mahal. Jadi kalian harus benar-benar bisa melobi dengan baik.

Tentukan Tujuan dan Waktu
Hal yang tidak kalah penting ketika ingin libur ke Karimunjawa adalah menentukan tujuan. Jika memang hanya ingin menikmati pantai dan tidak seperti yang biro lakukan, kalian bisa coba mencari-cari lokasi yang akan dituju. Kemudian, kalian juga menentukan berapa waktu untuk berlibur di Karimunjawa. Tenang saja, setiap sudut Karimunjawa adalah pantai yang indah. Jadi kalian bisa blusukan seharian atau menikmtai seharian di salah satu pantai. Tidak perlu semua seluruh pantai kalian datangi, cukup beberapa pantai saja namun dengan waktu yang lebih lama. Tidak harus terburu-buru karena kejaran jadwal.

Waktu yang Tepat
Cuaca gelombang di Karimunjawa pada saat-saat tertentu ombaknya besar. Kalian harus benar-benar jeli ketika memutuskan waktu untuk ke Karimunjawa. hukumnya wajib bagi kalian untuk mencari info pada bulan apa ombak yang besar & waktu yang tepat untuk ke Karimunjawa. jangan sampai kalian tidak mengetahui informasi ombak Karimunjawa. Takutnya jika pada musim baratan & timuran (saat ombak besar) kadang kapal tidak berlayar. Jadi secara otomatis rencana kalian yang niatnya hanya seminggu bisa lebih.

Demikian sedikit coretan yang mungkin menarik bagi kalian yang ingin ke Karimunjawa tanpa menggunakan paketan. Seperti yang kubilang, tetap ada perbedaan yang mencolok antara ikut paket dan tidak, namun semua tergantung kalian pilih yang mana. Perbedaan plus & minus tersebut tentu sudah kalian pahami. Jadi kapan ke Karimunjawa?
Baca juga tulisan lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

58 komentar :


  1. Aha blm Ada hostel yaaa
    Kalo yg mau bln madu gmn yah wkakakakakakkakakakakakakakakakakkaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hostel belum ada, mbak. Kalo mau bulan madu ada paketannya kok. Tapi lebih seru sih nggak pake paketan, bulan madunya asal jalan aja :-D

      Delete
  2. Ini sih semacam tour guide ya Mas. Insya Allah kalo ada rejeki, nanti saya hubungi mas itam ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Tour Guide :-D
      Saya tidak mengambil keuntungan 1 rupiah pun :-D
      Kadang ada yang mau main ke Karimunjawa tapi nggak punya tempat menginap, jadi bisa menginap dirumah saya dengan gratis :-D

      Delete
  3. tidak perlu takut yah mas trevel ke karimun tanpa jasa biro perjalanan :)

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen ke sana. Terima kasih tipsnya ya :)

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Berapa ya :-D
      Kapal PP (100an), makan biasanya 15000/makan, Nginap antara 50-100/malam :-)

      Delete
  6. wah semoga ke sana pake kapal pribadi dah mas hahahadongo sek mas... hehe... mantap mas rullah.... sampeyan 2011 keceh ms hehe

    ReplyDelete
  7. Lengkap infonya.. Baru bisa berharap smoga suatu hari bisa kesana.. Jarak dari rumah ke sana masih jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh tapi kalo diniatin bakalan dekat kok :-D

      Delete
  8. wah pengen juga liburan ke karimunjawa.. thanks tipsnya mas :)

    ReplyDelete
  9. kayaknya nebeng di rumah mas nasir aja kalo kesana :)

    ReplyDelete
  10. kalo mau kesana brarti saya harus telepon mas admin nih biar bisa nginep dirumahnya. hehehehe

    ReplyDelete
  11. kapan kapan kalau saya & keluarga ada waktu buat ke karimun jawa, boleh ya kakak saya hubungi :d

    ReplyDelete
  12. thanks tips nya berguna banget mas ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama turis cantik, semoga bisa main ke Karimunjawa :-D

      Delete
  13. tengkyu broh info dan tipsnya. ada enak dan engganya ya pake biro atau "ngeteng" itu :D mudah mudahan bisa segera liburan ke sana. kangen pantai dan laut *maklum orang gunung wkwk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, Aminnn.. Aku juga kangen naik Gunung :-D

      Delete
  14. Besok2 kalau ada rejeki saya mau ke karimunjawa, dan jumpa sama mas Itam…

    ReplyDelete
  15. Informasinya berguna banget,,, udah lama sieh pengen ke karimunjawa tapi belum kesampaian,,, semoga nanti bisa kesana,,,, mantabbbb

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. Ini cocok buat kamu, mas. Kan suka banget kemping :-D

      Delete
  17. Mas Sitam anaknya Pak Hasanudin yang rumahnya di Kemujan (dkt bandara) bkn???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mas :-) *Ahhh ternyata bapakku jauh lebih terkenal daripada aku :-D :-D

      Delete
    2. saya sebenernya nggak tau wajahnya mas, saya cuma tau dari google earth karimunjawa hehehe, kapan2 saya akan ke karimunjawa, doakan saja hehe. mampir ke blog saya hehe

      Delete
    3. saya sebenernya nggak tau wajahnya mas, saya cuma tau dari google earth karimunjawa hehehe, kapan2 saya akan ke karimunjawa, doakan saja hehe. mampir ke blog saya hehe

      Delete
    4. Wahh hehhhehehe, silakan dengan senang hati kalau mau singgah di Karimunjawa :-)

      Delete
  18. menarik nihh..
    catet dulu moga2 ada kesempatan main ke karimunjawa

    ReplyDelete
  19. thanks mas infonya,,
    ini bisa jadi planning liburan pekan depan.. hehe
    abdur

    ReplyDelete
  20. Jadi musim baratan dan timuran nya itu kapan? Dan kapan saat terbaiknya?
    Karimunjawa ini salah satu tujuan yang udah masuk daftarku sejak lama, tapi belum kesampaian juga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musim abrat biasanya Desember - Awal Februari; timuran antara Akhir Juli - Agustus; bias lebih cepat atau malah melambat. Paling rekomendasi bulan Maret - Juni, mas :-D

      Delete
  21. Mas, saya tanggal 12 bulan ini mau ke karimunjawa. Sendirian. Minta kontaknya boleh, buat jadi senpai waktu disana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan ini saya masih di Jogja mas. Kalau memang butuh kontak silakan dm di sosmed saya. Nanti saya kasih

      Delete
    2. Lha... Aku tu ke ke karimunjawa nya tanggal 12 mas.
      Katanya ada hujan meteor perseid dari tanggal 11 sampe 14 mas, dan katanya dari karimunjawa tu keliatan paling bagus. Jadinya tak buru deh.

      Delete
    3. Saya kurang tahu kalau ada hujan meteor mas.
      Saya sekarang tinggal di Jogja, ke Karimunjawa hanya pada saat-saat tertentu saja.

      Delete
    4. Ya makanya coba aja om, pulang ke karimunjawa pas tanggal itu. Jadi aku kan bisa ndeleng. Hehehehe

      Delete
    5. Maaf mas, saya tidak bisa memastikan. Karena bulan juli kemarin sudah mudik ke Karimunjawa.

      Delete
    6. Hehe.. Ok deh om. Minta tolong kasih info rumah penduduk yang bisa buat bermalam yang harganya ok nga om?

      Delete
  22. Maaf om mau bertanya
    Kalau sekarang harga tiket kapalnya masih sama segitu ?
    Insya allah bulan 2 saya mau kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om masih segitu. Kalau mau naik kapal cepat bisa juga via Kendal. Sepertinya 250an harganya.

      Delete
  23. Jadwal kapalnya setiap hari apa aja om? Dan Kalo engga pake paket,tiket untuk masuk karimun jawa berapa om perorangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kapal cepat cek di bahari ekspres, kapal ekonomi yang pasti rabu dan sabtu ke karimunjwa (silakan cek di jadwal kapal siginjai). Tiket kapal tetap sama, kan kalau paketan include dengan lainnya.

      Delete
  24. Ok om
    Terima kasih banyak telah membantu saya

    ReplyDelete
  25. Ok om
    Terima kasih banyak telah membantu saya

    ReplyDelete