Warung Ijo, Tempat Berkumpulnya Pesepeda Jogja - Nasirullah Sitam

Warung Ijo, Tempat Berkumpulnya Pesepeda Jogja

Share This
Kalau kita bersepeda ke Kaliurang, aku ingatkan bagi kalian yang mungkin pertama kali menuju Kaliurang untuk singgah di salah satu warung di daerah Pakem. Nama warung tersebut adalah Warung Ijo. Kata “ijo” itu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya “Hijau”. Pasti pada bertanya apa sih yang membuat para pesepeda harus mengunjungi warung tersebut?

Tepatnya lokasi warung Ijo ini adalah dari arah kota Jogja melalui Jalan Kaliurang nanti kalian akan melewati perempatan dengan lampu lalu lintas di sebelah utara Rumah Sakit Panti Nugroho. Dari sini ambil rute jalan yang lurus sampai sekitar 200 meter lalu belok kiri. Ikuti saja jalan tersebut sampai melihat warung kiri jalan dan bertuliskan “Warung Ijo”.
Berfoto di depan warung ijo pakem yang lama
Berfoto di depan warung ijo pakem yang lama
Warung ijo kalau hari libur atau akhir pekan selalu dikunjungi para pesepeda, tidak hanya pesepeda dari Jogja saja, tetapi pesepeda dari luar Jogja pun selalu singgah di tempat ini. Pokoknya bisa dibilang kalau warung ijo ini adalah tempat berkumpul, berkenalan, reuni, sarapan/makan bareng para pesepeda. 

Selain itu warung ini juga dijadikan seperti tempat saling bertukar informasi para pesepeda untuk mencari rute baru. Mereka menjadikan warung ijo sebagai lokasi untuk bertemu sebelum melanjutkan perjalanannya menjelajah kawasan Pakem dan sekitarnya.
Pesepeda banyak berdatangan untuk bersantai
Pesepeda banyak berdatangan untuk bersantai
Pesepeda banyak berdatangan untuk bersantai
Pesepeda banyak berdatangan untuk bersantai
Aku dan komunitas sepedaku mengagendakan setiap awal bulan pada hari minggu selalu gowes kewarung ini. tujuan utamanya jelas untuk berbaur dengan pesepeda-pesepeda lain. Oya kita bisa membeli makanan yang ada di warung ini, yang aku tahu jenis makanan yang mereka sajikan seperti jajanan pasar.

Jajanan yang selalu aku beli kalau di warung ini adalah pisang rebus. Di sini aneka jajanan pasar tersedia dan yang pasti harganya terjangkau oleh kantung pesepeda anak kos. Selain murah, banyak juga pilihan jajanan yang bisa dinikmati.
Aku dan Maftuh (Bike2Ugm) sedang berbincang dengan salah satu pesepeda lain
Aku dan Maftuh (Bike2Ugm) sedang berbincang dengan salah satu pesepeda lain
Jadi kalau kalian sedang bersepeda ke Kaliurang, silakan kunjungi warung ini. kalau merasa tidak tahu lokasinya, bisa menggunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk bertanya dan mencari warung ini. Dan yang pasti jika kalian sampai sini diwajibkan saling tersenyum dan menyapa sesama pesepeda, karena pesepeda itu bersaudara. Salam Gowes! 

4 komentar:

Pages