Caliber Coffee Jogja, Kedai Kopi Bertema Militer - Nasirullah Sitam

Caliber Coffee Jogja, Kedai Kopi Bertema Militer

Share This
Menyeduh kopi di Caliber Coffee Jogja
Menyeduh kopi di Caliber Coffee Jogja
Terkadang, saking seringnya mengunjungi kedai-kedai kopi di sekitaran kos, aku lupa kalau pernah berkunjung di kedai yang lokasinya lumayan jauh dari kos. Pun dengan kedai yang berada di sekitaran Terban. Meskipun tempatnya tidak terlalu jauh, aku sempat lupa menulisnya di blog. 

Daerah Terban terdapat beberapa kedai kopi yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Caliber Coffee. Kedai kopi yang berada di Jalan C. Simanjuntak No.65B, Terban, Yogyakarta. Bagi yang pertama kali berkunjung pasti sedikit bingung karena kedainya satu ruko dengan Butik Commando Chapter II Jogja. 

Pertama kali aku datang ke sana sedikit bingung karena sesuai peta di gawai tempatnya berdekatan dengan Toko Jibab Karita. Aku berhenti tepat di Commando Chapter II Jogja, kulirik plang nama yang tertera terdapat tulisan “Caliber” besar. 

“Memang benar di sini kok,” Gumanku sendiri. 

Nyatanya kedai tersebut berada di lantai dua. Anak tangga di sudut butik mengarah ke atas. Tulisan besar “Awas Kepala” terpasang tepat di bagian atas tangga. Bagi yang tingginya di atas 180 CM harus sedikit menunduk agar tidak terkena plang anak tangga. 

Kedai ini mempunyai dua ruangan, indoor & outdoor. Aku berkunjung ke kedai ini tiga kali, dan pastinya nongkrong di luar. Menurutku di luar jauh lebih asyik kalau untuk berbincang. Kalau di dalam, takutnya membuat berisik pengunjung kedai yang lainnya. 
Meja barita yang dikelilingi berbagai pilihan biji kopi
Meja barita yang dikelilingi berbagai pilihan biji kopi
Konsep kedainya pun sedikit berbeda dengan kedai yang lainnya. Sepertinya kedai ini konsepnya menyerupai butik di bawahnya. Ornamen dan pemilihan warnanya cenderung gelap. Bahkan di tembok terdapat mural seperti bayangan tentara. 

Tepat di depan meja barista ada pajangan jaket yang bisa dibeli. Tiap sudut tembok tersebar poster berkaitan dengan militer. Sekilas sih memang seperti tempat penjualan pakaian militer. Unik sih, seperti ini bentuknya jika kedai bertemakan militer. 

Ditambah cahaya lampu yang sedikit temaram. Bisa jadi konsep kedai ini mengarah pada hal yang berkaitan dengan dunia militer. Sekilas agak aneh bagi pengunjung kedai, tapi lama-lama tempat ini nyaman buat bersantai. 

Tidak perlu khawatir, toh barista, pramusaji, bahkan pemiliknya ramah. Aku lupa, entah kunjungan pertama atau kedua, kami foto bareng pemilik kedai kopi. Oya, jika beruntung, kalian yang berkunjung ke sini bisa dilayani pemiliknya langsung. 

Kulihat daftar harga dan menu kopi. Kisaran harga sesuai dengan kedai kopi di kota Jogja. Rata-rata kedai kopi yang berada di dekat pusat kota kisaran harganya antara 30.000 rupiah. Berbeda dengan kedai kopinya agak jauh dari pusat kota. 
Daftar harga dan menu di Caliber Coffee Jogja
Daftar harga dan menu di Caliber Coffee Jogja
Selain kopi, Caliber Coffee ini juga menyediakan minuman nonkopi. Pun dengan makanan, di sini juga tersedia. Kalian juga bisa membuat kartu anggota di kedai ini. Nantinya akan ada potongan harga sesuai dengan berapa kali kita datang. Lumayanlah jika dalam sebulan ke sini lebih dari 2 kali. 

Ruangan di dalam jauh lebih luas dibanding ruangan luar. Satu buah meja dikelilingi empat kursi kayu. Sebenarnya tempat ini nyaman untuk bekerja, tapi selama berkunjung tidak banyak pengunjung yang bermain laptop. Lebih sering mereka yang datang sekadar berbincang santai. 

Aku dan teman-teman yang lainnya memesan kopi, berbincang santai sembari merencanakan agenda di waktu mendatang. Bahkan ada teman yang memotret produk makanan di sudut kedai ini sambil menunggu pesanan kopinya. 
Meja dan kursi kedai terbuat dari kayu
Meja dan kursi kedai terbuat dari kayu
Varian biji kopi di Caliber Coffee lumayan banyak pilihan. Aku memilih salah satu biji kopi sera meminta diseduh menggunakan metode V60. 

“Ada kartu anggota?” Tanya pramusaji. 

“Ada mbak.” 

Aku keluarkan kertas sebesar kartu nama bertuliskan “Soldier Medal” dengan logo atas Caliber Coffee. Pada alas kolom putih pertama ditandai menggunakan stempel. Potongan yang kudapatkan sebesar 10%. 

Pada kartu anggota terdapat catatan transaksi berapa kali kita menggunakan atau berkunjung ke kedai. Tiga kunjungan pertama potongannya 10%. Kunjungan keempat sampai keenam diskon bertambah menjadi 15%. Bahkan pada kunjungan kesembilan, kita bisa mendapatkan bonus snack. 

Bagi kalian yang ingin menikmati waktu mengopi sambil mengerjakan tugas dan tempatnya tidak riuh suara pengunjung kedai, mungkin kalian bisa jadikan Caliber Coffee ini salah satu tempat tujuan. Terlebih yang hobi dengan hal berbau militer, bisalah main ke sini atau malah menambah koleksinya. 
Menikmati waktu ditemani kopi
Menikmati waktu ditemani kopi
Sedikit hal yang mungkin agak bingun pas main ke sini hanyalah area parkir. Bagi yang mengendarai kendaraan roda dua, kalian bisa parkir di depan butik, bagi yang menggunakan roda empat agak susah karena ini jalan satu arah. Lebih baik ke sini menggunakan transportasi daring. 

Lumayan lama rombonganku di sini. Kami berbincang sembari menyeduh kopi di ruangan luar. Sementara obrolan panjang terus tak berujung, rencana-rencana berlibur diutarakan, tinggal menunggu waktu pelaksanaannya. *Caliber Coffee; Sabtu, 12 Mei 2018.

22 komentar:

  1. Horeeeee ke kafe lagi. Itu gelas kopinya memang berbentuk begitu kah? Kayak semi botol begitu? Unik ya. Hehehe. Sistem kartu anggota ini menguntungkan pengunjung/pelanggan apalagi bisa diskon sampai 15%. wah, mau saya lah ... seandainya saya tinggal di Jogja :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucuk kan tempat kopinya hehehehheheh.
      Bikin mau balik lagi kalau ada diskon *eh

      Hapus
    2. Errrr itu yang mau saya tulis, diskonnya ini yang bikin kafe ini bakal nancap juga di otak, bikin keinget, terus pengen balik lagi dan lagi dan lagi :D

      Hapus
    3. Hahahahhaa, ayo bikin tulisannya mbak

      Hapus
  2. weh lumayan diskon nya sampe 15%
    jarang jarang ada kedai kopi ngasih diskon ginian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa kedai yang diskon pas happy hour mas, bisa sampai 40% :-)

      Hapus
  3. wow ada kartu anggota segala. kirain yg dimaksud tadi kartu anggota tni wkwk

    BalasHapus
  4. bukan penggemar kopi tapi konsepnya bagus dia ya

    BalasHapus
  5. Weh deketnya Pands to?
    Jadi pas awal pertama datang ki dikasih kartu anggota gitu mas? apa ndada bikin di cs? wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal ambil kartunya di kasir mbak, ada minimal pembeliannya sih.

      Hapus
  6. makin banyak pilihan tempat ngopi aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak niah main ke Jogja lagi, koh? hahhahahah

      Hapus
  7. kedai kopi saling beradu konsep dan thema ya ... belum pernah saya lihat di jkt yang bertema militer kayak begini .. unik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jogja setahuku baru ini kang yang konsepnya militer

      Hapus
  8. Mural berbentuk tentaranya ga kamu foto ya mas :). Unik juga pemilihan temanya,militer. Aku lgs ngebayangin tempat yg penuh dgn cowo2 keren berbadan atletis huahahaha.. Jogja makin keren deh coffee cafe nya. Makin banyak macam gini :)

    BalasHapus
  9. pertama kali kke sana diseduhin sama mas ownernya dan kkopinya enak paraaaaaaaahhhhhhh

    BalasHapus
  10. wow jadi kalo kesana, ngopi, rambut cepak, mantap deh, berasa jadi tamtama wkwkwk

    BalasHapus

Pages