Memanfaatkan Aplikasi Olahraga untuk Menjaga Kebugaran Tubuh - Nasirullah Sitam

Memanfaatkan Aplikasi Olahraga untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Share This
Olahraga di rumah kala senggang

Lebih dua bulan, ritme aktivitasku berubah. Biasanya hampir setiap hari bekerja menaiki sepeda. Selain sepeda merupakan transportasi utama, aktivitas tersebut juga secara langsung membuat anggotan badan ini bergerak (berolahraga).

Selama di rumah, tidak banyak yang aku lakukan. Semua pekerjaan kulakukan dari rumah. Tiap hari selalu mengurusi perkuliahan secara daring. Hal ini membuat aku lebih banyak duduk menghadap laptop daripada bergerak.

Demi menjaga kebugaran tubuh dan melepas rasa bosan, aku berusaha rutin olahraga. Sengaja meluangkan waktu untuk menggerakkan anggota tubuh. Biasanya, aku berolahraga kala pagi ataupun sore. Ala kadarnya, tidak ada panduan.

Memanfaatkan tempat yang tidak luas, aku biasanya jogging di sekitar rumah. Halaman rumah cukup untuk menunjang olahraga tersebut. Sebagai selingan, aku biasanya melakukan lompat tali. Olahraga ini sedari dulu aku gemari karena tidak membutuhkan tempat yang luas.
Menyempatkan berolahraga di kala pagi
Menyempatkan berolahraga di kala pagi

Olahraga di rumah menjadi hobi baru. Mau tidak mau, aku harus mengikuti ritme yang ada. Jogging ataupun lompat tali menjadi olahraga yang wajib aku lakukan ketika sedang senggang. Aku bahkan berusaha untuk konsisten olahraga setiap sore.

Ada kalanya olahraga yang monoton membuat kita bosan. Akupun merasakan hal yang sama. Setiap hari tanpa ada variasi gerakan membuat sedikit bosan. Aku iseng mencari referensi olahraga melalui internet, hingga akhirnya aku tertarik dengan salah satu aplikasi olahraga di gawai.

7 Menit Workout, Aplikasi Olahraga kala Sibuk

7 Menit Workout adalah aplikasi kesehatan yang disediakan oleh Google Play untuk membantu kita dalam mendapatkan tubuh ideal. Aplikasi ini memberikan referensi gerakan yang bisa kita lakukan di tempat tidak luas maupun di sela-sela aktivitas yang padat.

Walaupun olahraga ini hanya 7 menit, gerakan-gerakan yang disajikan beragam, sehingga olahraga yang kita lakukan tetap maksimal. Berbagai gerakan tersaji, kita harus tirukan semua yang diperagakan dari gawai.

Pada aplikasi olahraga ini, kita bisa memilih latihan klasik sebagai gerakan awal. Di menu klasik, beragam instruksi yang diberikan. Gerakan seperti loncat bintang, duduk di dinding, push up, hingga yang lainnya. Setiap gerakan dilakukan selama 30 detik.
Aplikasi Olahraga siap digunakan
Aplikasi Olahraga siap digunakan

Tiap gerakan terdapat video peraganya, sehingga kita dengan mudah bisa mengikuti. Selain menu latihan klasik, kita juga bisa mengikuti menu tantangan 30 hari. Tantangan ini harus kita ikuti dari awal. Terdapat beberapa level dari pemula hingga akhirnya menjadi lanjutan.

Layaknya instruktur senam, di aplikasi olahraga ini memberikan informasi gerakan-gerakan untuk melatih bagian tubuh tertentu. Kita bisa memilih latihan untuk mendapatkan perut yang rata dan kencang, membentuk tulang bokong lebih baik, ataupun untuk lengan dan kaki.

Ditambah lagi menu baru khusus untuk peregangan sebelum tidur. Tujuannya tentu agar tidur kita lebih nyenyak dan berkualitas. Selain berbagai menu gerakan, di aplikasi ini kita bisa menjadwalkan olahraga secara rutin melalui kalender yang disediakan.

Melihat berbagai fitur yang ada di aplikasi olahraga 7 Menit Workout, aku tertarik membelinya. Bagiku aplikasi ini sangat membantu di kala aktivitasku lebih banyak di rumah. Setidaknya, gerakan yang kulakukan tidak lagi monoton. Selain itu, dengan adanya aplikasi ini, aku menjadi teratur dalam berolahraga.
Menjaga kebugaran dengan menggunakan Aplikasi Olahraga
Menjaga kebugaran dengan menggunakan Aplikasi Olahraga

Di sini aku membeli aplikasi aplikasi olahraga 7 Menit Workout Pro. Aplikasi olahraga berbayar ini mendapatkan pembaharuan aplikasi dan fitur jauh lebih cepat dan fitur yang disediakan lebih lengkap. Selain itu, aplikasi ini tidak ada banner iklannya. Sehingga lebih nyaman digunakan.

Untuk sebagian besar orang, menggunakan aplikasi berbayar di gawai menjadi pilihan utama agar penggunaannya tidak terganggu oleh keberadaan iklan. Selain itu, banyak yang menyebutkan keberadaan iklan pada aplikasi gawai berdampak pada penggunaan baterai gawai tersebut.

Membeli Aplikasi Olahraga Google Play Menggunakan GoPay

Di Google Play semua aplikasi premium sudah lengkap dengan keterangan nominal yang dibayarkan. Berhubung GoPay di akunku agak lumayan, akupun langsung membelinya. Berikut langkah-langkah membeli aplikasi di Google Play menggunakan GoPay.

1. Pilih Aplikasi 7 Menit Workout

Kubuka Google Play, langsung kuketik “7 Menit Workout”. Secara otomatis muncul aplikasi yang ingin kuinstal. Di aplikasi olahraga ini terdapat keterangan 39.000 rupiah untuk membelinya. Aku tinggal melakukan tahapan selanjutnya.
Memilih aplikasi olahraga yang ingin dibeli
Memilih aplikasi olahraga yang ingin dibeli

2. Pembayaran Menggunakan GoPay

Langkah berikutnya, aku menekan tulisan nominal pada aplikasi yang sudah kupilih. Nantinya tertera nama aplikasi olahraga yang dipilih lengkap dengan harga dan sudah termasuk pajak. Pada pembayarannya secara otomatis diambil dari GoPay.

Di sini, aku juga diberikan informasi dengan membeli aplikasi olahraga tersebut artinya aku sudah menyetujui persyaratan layanannya.
Pembayaran menggunakan Gopay
Pembayaran menggunakan Gopay

3. Info Pembelian Berhasil

Tahap selanjutnya terdapat informasi pembelian aplikasi menggunakan GoPay sudah berhasil. Ada pemberitahuan apakah aku mewajibkan autentikasi setiap pembelian sepanjutnya atau tidak. Aku sendiri memilih “Ya, Selalu.” Tujuannya untuk mengamankan akun kita sendiri.
Informasi pembelian aplikasi sudah berhasil
Informasi pembelian aplikasi sudah berhasil

4. Otomatis Menginstal Aplikasi

Semua proses di atas sudah selesai, akhirnya aplikasi yang kubeli secara otomatis menginstal sendiri di gawai. Pastikan jaringan internet yang kita gunakan stabil dan masih ada ruangan untuk install aplikasi tersebut.

Pembelian aplikasi olahraga menggunakan GoPay memang mudah. Hal ini pula yang membuat banyak orang menggunakan GoPay untuk proses pembayaran. Bagi kalian yang penasaran cara aktivasi GoPay di Google Play bisa mengikuti tahapan di bawah ini.
Aplikasi yang terbeli otomatis terinstal
Aplikasi yang terbeli otomatis terinstal

Cara Mengaktifkan GoPay di Google Play

Sebagai pengguna aplikasi GOJEK INDONESIA, aku hampir tiap bulan menggunakan layanan tersebut. Layanan yang sering aku gunakan seperti GoRide, GoFood, hingga pembelian pulsa ataupun pembelian barang dengan model pindai kode batang.

Pun ketika hendak membeli Aplikasi Olahraga, adanya uang digital di GoPay memudahkan transaksi pembayaran. Proses pembelian aplikasi olahraga menggunakan GoPay cukup mudah. Kita tinggal memilih aplikasi yang diinginkan, lalu melanjutkan pembayaran.

Sebelum membeli aplikasinya, aku harus mengubah aturan pembayaran di Google Play menggunakan GoPay. Artinya, aku harus melakukan Aktivasi GoPay di Google Play. Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke Google Play

Langkah pertama yang kita lakukan adalah masuk ke Google Play. Lalu klik sudut kiri atas yang bertanda tiga garis. Di sana ada banyak fitur, pilih fitur “Metode Pembayaran.”
Tampilan fitur di Google Play
Tampilan fitur di Google Play

2. Pilih “Tambahkan GoPay”

Pada tahap ini terdapat beberapa pilihan metode pembayaran. Sesuai dengan rencana awal, klik tulisan “Tambahkan GoPay”. Ini artinya semua pembayaran saat membeli aplikasi menggunakan GoPay.
Tambahkan Gopay sebagai pembayaran
Tambahkan Gopay sebagai pembayaran

3. Hubungkan Google Play ke GoPay

Proses selanjutnya adalah menghubungkan Google Play ke GoPay. Setelah terhubung, GoPay bisa kita gunakan untuk membayar semua transaksi di Google Play. Pastikan juga nomor telepon yang tertera di aplikasi ini yang dihubungkan ke Google.

Jika semuanya sudah benar, kita tinggal melanjutkan prosesnya dengan menekan tulisan “Lanjut”.
Hubungkan Google Play ke Gopay
Hubungkan Google Play ke Gopay

4. Masukkan PIN GoPay

Langkah selanjutnya kita diminta untuk memasukan PIN GoPay. PIN ini terdiri dari enam digit angka. Jika kalian belum mempunyai PIN, alangkah lebih baiknya membuat PIN terlebih dahulu. Ketika enam digit angka sudah dimasukkan, secara otomatis diarahkan ke tahap selanjutnya.
Memasukkan PIN Gopay
Memasukkan PIN Gopay

5. GoPay sudah Terpasang

Proses ini merupakan yang terakhir. Enam digit angka dimasukkan. Jika angka tersebut relevan dan sama dengan PIN GoPay kalian, secara otomatis terdapat pemberitahuan GoPay bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian aplikasi di Google Play.
Pemberitahuan Gopay sebagai metode pembayaran
Pemberitahuan Gopay sebagai metode pembayaran

6. Pembayaran Menggunakan GoPay

Jika sudah semua, nantinya ada keterangan di bagian metode pembayaran menggunakan GoPay. Kita bisa mengetahui dengan melihat bagian atas metode pembayaran tercantum nama “GoPay + empat digit nomor telepon kita”.
Gopay menjadi metode pembayaran utama di Google Play

*****

Rangkaian proses aktivasi GoPay di Google Play sangat mudah. Jika tahapan dilakukan dengan benar, pastinya berhasil. Untuk membeli aplikasi di Google Play dibutuhkan saldo GoPay. Jika sudah ada saldonya, kalian bisa langsung melakukan transaksi.

Jika belum ada saldo, pengisian Top Up saldo GoPay cukup mudah. Bisa dilakukan dengan transfer melalui ATM ataupun Internet Banking. Atau bisa melakukan pengisian melalui pengemudi GOJEK INDONESIA.

Aku sendiri sudah mengisi tiap bulan minimal 300.000 rupiah. Sehingga tak perlu melakukan pengisian GoPay. Di gawaiku, metode pembayaran sudah beralih ke GoPay. Sehingga aku bisa kapanpun bertransaksi seperti membeli aplikasi olahraga.

Tidak terasa aplikasi olahraga 7 Menit Workout sudah terpasang di gawaiku. Aku juga berusaha untuk rutin berolahraga setiap hari. Meluangkan waktu kurang dari 10 menit untuk menjaga kebugaran tubuh sangatlah penting.

Ini ceritaku. Bagaimana dengan kamu? Ada yang sudah menginstall aplikasi olahraga di gawainya? Atau malah sudah lebih dulu membeli aplikasinya. Bagi yang belum punya aplikasinya bisa membeli Aplikasi Olahraga di Google Play dengan GoPay di sini. Tetap berolahraga.

42 komentar:

  1. Menarik sakali mas. Lewat aplikasi jauh lebih mudah ketimbang harua buka ig atau like di twitter org yang bikin thread olahraga. Pandemi ini momen yang bag8lus tapi malah tambah mager deh berolahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhehe, dari aplikasi kita bisa langsung praktik, bang. Makin mudah dan menyenangkan.

      Hapus
  2. Saya sudah 5 tahun pake nike plus buat lari, dan rajin update stat lari di sosmed hehehe. Sekarang saya sambung nike plus dengan relive kadang kadang. Semua demi pencitraan wakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pakai aplikasi sepedaan, karena sekarang musim sedang harus di rumah, jadi aplikasi tersebut jarang saya gunakan.

      Hapus
  3. masa "stay at home" sekarang ini saya juga coba rutin olahraga di rumah ... Aplikasi 7 Menit Workout layak juga untuk dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang. Banyak di rumah, jarang sepedaan, jadi kudu nyari aktivitas yang lainnya. Minimal 7 menit bisa olahraga dengan optimal

      Hapus
  4. Dulu sempat install Nike training tapi berat banget aplikasinya. Ini kayaknya pas ya buat kaum rebahan yang lagi di rumah aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaha, bisa install dan olahraga di teras rumah, Miss.
      Mumpung masih work from home, jadi bisa mengexlpore tantangannya

      Hapus
  5. Keren juga ya aplikasinya, bisa bikin tubuh lebih segar dan bugar dengan panduan olahraga yang baik dan teratur.

    Apalagi bisa digunakan di rumah aja dan di sela-sela waktu luang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bang, penting meluangkan waktu kurang dari 10 menit untuk olahraga dan ada instrukturnya ahahhahah

      Hapus
  6. Aku kdg sebel Ama diri sendiri, Krn niat doang yg kenceng utk olahraga,sampe beli segala perlengkapannya, tapi ga dipake hingga sekarang hahahaha. Duuuuh padahal tiap liat timbangan lgs stress mas, Krn sejak Wfh ini udah naik wkwkwk.

    Kayaknya memang niat sih yg harus kuat dulu.mungkin ada bgsnya aku liatin body2 cewe yg oke, biar makin semangat olahraga :D, jd terpacu gitu supaya badan bisa kayak mereka :D

    Aku ntr pgn install ah aplikasinya. Lumayan murah dr aplikasi workout yg lain :) . Aku kalo utk pembyaran2 aplikasi berbayar jg LBH suka dr gopay. Sejak ga pake CC lagi Krn ga pgn ngutang, metode pembyaran memang jd LBH gampang Ama gopay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari install aplikasinya dulu, siapa tahu terus tertarik mengikuti tiap tahapan tantangannya mbak.
      Terlebih aplikasi ini meluangkan waktu 7 menit untuk olahraga, setidaknya bisa terealisasikan di waktu sore atau pagi.
      Aku menggunakan Gopay nggak cuma buat beli aplikasi, kadang beli buku juga pakai gopay, tinggal pindai kode batang hahahahha. Simpel mbak, dan penggunaannya bisa kita atur sedemikian rupa agar tidak boros.

      Hapus
  7. wahhh ini membantu sekali, aku akhir akhir ini kok males bergerak olahraga ya hahaha
    donlot ini semacam seperti cambukan buat diri sendiri untuk semangat olahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhahaha, memang selama beberapa bulan ini saya juga malas gerak mbak. Tapi kalau duduk terus dan kerja di ruamh capek, jadi harus dirutinkan untuk olahraga. Minimal dengan aplikasi ini ada yang mengingatkan untuk terus bergerak

      Hapus
  8. bagus juga ya aplikasinya, bikin kita sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak. Dari aplikasi kita bisa terapkan sendiri olahraganya. Pokoknya memanfaatkan aplikasi beneran

      Hapus
  9. Aku juga nih olahraga seadanya dulu tanpa panduan di kos.

    Baru tau bisa pake gopay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhehe, sekarang bisa lebih bervariasi saat olahraga.
      Asyik kok aplikasinya

      Hapus
  10. Mancap nih bisa cobain appnya. Aku biasanya kl pagi2 olhraga cm ngandelin mood aja tarik sini tarik sana, miring sini miring sana. Ahahaha
    Baru tahu kl beli app macam gini di playstore pembayaran bisa via gopay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku dulu cuma modal yang penting badan bergerak. Jadi seadanya. Kalau ada panduannya seperti ini jadi menyenangkan, tidak takut salah gerak

      Hapus
  11. Wahh aplikasi ini bener-bener bisa encourage kita buat nggak males gerak, ya! Haha. Apalagi semenjak kerja di rumah, jadi lebih sering buat duduk dan kerja di balik layar. Malah jadi nggak sehat, kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha, benar mbak. Kalau sedang di rumah malah bawaannya malas gerak. Jadi aku sengaja menginstal aplikasi ini biar teratur olahraganya

      Hapus
  12. Aku juga suka males olah raga, padahal kalo udah absen olah raga beberapa hari badan rasanya nggak karuan bahkan sulit tidur. Emang ya, aplikasi olah raga begini perlu buat bantu ingetin dan mandu buat olah raga. Emang yang berbayar dan nggak berbayar tu beda ya.

    Asiknya sekarang gampang banget beli aplikasi, cukup klik klik klik,, amann deh semua. Aku juga pake Gopay sebagai dompet. Praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fiturnya biasanya lebih cepat diperbarui yang berbayar, aksesnya juga lebih nyaman. Terlebih tanpa ada iklan dan yang lainnya. Tinggal bayar dengan mudah kalau pakai gopay

      Hapus
  13. Kalau lagi bener-bener pengen berkeringat, biasanya saya cari gerakan-gerakan workout di YouTube, Mas. Tapi kalau ada apps ini, kayaknya perlu juga tuh dicoba biar nggak repot nyari-nyari lagi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehhe, benar mas. Jadi gak perlu cari video di Youtube. Bisa langsung praktik di sini

      Hapus
  14. Widih asik nih, sekarang GoPay udah bisa jadi sarana pembayaran di Google Playstore. Rekomendasi aplikasinya boleh juga, mas. Aku sampe sekitar sebulan setelah WFH suka workout dikit2, tapi sekarang susah karena nambah perabot demi kenyamanan WFH haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, aku memanfaatkan teras kos yang luas, mas. Jadi bisa buat santai. Pun kemarin beli berbayar biar lebih asyik aja

      Hapus
  15. Wah baru tahu kalau sekarang bisa beli aplikasi pakai Gopay. Selama ini paling saya beli pakai pulsa Tsel. Tapi kalau bisa pakai Gopay asyik juga tuh.

    Anyway, itu hpnya udah mau diganti tuh. Layarnya udah retak-retak hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hapenya sudah sejak 2016 ahhahahahah. Itu yang retak bukan layarnya kok daeng, jadi aman. Besok-besok kalau ada dana dikit tak beli hahahahha

      Hapus
  16. Mantaaps nih appsnya mas, baru tau ttg 7 menit workout hehe gak perlu lama" ya, 7 menit cukup yg penting badan digerakkin biar ttp luwes dan gak kaku". Apalagi WFH gini kadang kerja terus lupa kegiatan lainnya. Oiyaa asik yaa skrng bisa bayarnya pake gopay, gaperlu ribet harus punya kartu kredit. Lebih gampang jdnya transaksi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, kemarin memang sengaja beli biar nyaman buat olahraga. Enak pakai gopay karena lebih simpel.

      Hapus
  17. Wahh baru tau nih kalau bayarnya bisa menggunakan gopay, saya keseringan mengisi ulang google play dengan membeli vouchernya di indomaret atau platform online.. Lewat gopay pembayarannya tinggal sekali klik saja, wah keren abis nih:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang gopay merambah ke pembayaran seperti ini. Bisa mempermudah bagi ayng suka beli item game di banyak permainan juga ahhahhaa

      Hapus
  18. Oh, tentu mas. Saya pun juga suka menjaga kebugaran tubuh dengan memperbanyak istirahat.... bobo siang 😜

    Oh ya, sekarang udah bisa beli aplikasi dengan gopay ya? Wah, asik!! Laah aku baru tau ini lho.
    Coba bisa diaplikasikan juga di iphone ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari langsung diaplikasikan. Minimal ada yang mengingatkan untuk olahraga pagi ahahhahah

      Hapus
  19. ini di iphone ada ngga ya mas??

    selama wfh, awal2 sih masih sering workout di rumah.. tapi lama2 bosen juga karena yg kulakukan cuma push up, sit up, angkat beban pake tas sebagai pengganti dumbel wkwk, dan squat jam.. tapi lama2 boseeeen, butuh variasi gerakan2 baru,, sekarang ini udh gak pernah olahraga lagi hadeeeh..

    -traveler paruh waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sudah ada mas. Saya sekarang malah ketagihan olahraga. Kali ini pakai strava juga buat lari dan sepedaan

      Hapus
  20. Kalau saya pernah pakai Spartan, memang sangat membantu sekali aplikasi tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah, aku malah hanya pakai ini dan aplikasi untuk bersepeda

      Hapus
  21. Wah, 7 menit work out ini beneran bisa bikin langsing kayaknya hahahaha :D Bagus kalau niat berolahraga ya mas Sitam? Btw ini berbayra ya? Tapi praktis bayarnya bisa menggunakan Gopay. Wah..must try nih judulnya :) TFS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, waktu awal-awal pandemi saya pakai ini terus. Kemarin sengaja beli yang berbayar.

      Hapus

Pages