Hi-Lab Golden Club, Program Komunitas Lansia yang Diluncurkan Hi-Lab Diagnostic Center - Nasirullah Sitam

Hi-Lab Golden Club, Program Komunitas Lansia yang Diluncurkan Hi-Lab Diagnostic Center

Share This
Komunitas Hi-Lab Golden Club sedang senam bersama
Komunitas Hi-Lab Golden Club sedang senam bersama
Wajah-wajah sumringah para lansia berkumpul di halaman parkir Hi-Lab Diagnostic Center Jogja. Pagi ini mereka hendak menyemarakkan rangkaian ulang tahun ke 15 Hi-Lab Diagnostic Center dengan senam bersama, berlanjut kegiatan yang lainnya.

Berbagai karangan bunga disertai ucapan tertata di halaman depan Hi-Lab. Kulihat sekilas, beberapa instansi yang mengirimkan karangan bunga cukup familiar. Kita tahu, Hi-Lab Diagnostic Center merupakan salah satu laboratorium klinik penyedia layanan kesehatan yang terlengkap di Jogja.

Tak hanya di Jogja, Hi-Lab Diagnostic Center juga ada di Magelang dan Tanah Hitam Papua. Sebagai laboratorium klinik, Hi-Lab Diagnostic Center mempunyai fasilitas pemeriksaan darah, urine, vaksinasi umum, hingga layanan PCR terlengkap dan tercepat di Jogja.

Tepat di ulang tahun ke 15 ini, Hi-Lab Diagnostic Center Jogja meluncurkan Program Komunitas Khusus Lansia dengan nama Hi-Lab Golden Club. Komunitas ini sepenuhnya melayani para lansia yang ada di Jogja dan sekitarnya.
Persiapan senam bersama di Hi-Lab Diagnostic Center Jogja
Persiapan senam bersama di Hi-Lab Diagnostic Center Jogja
Kita tahu, usia 50 tahun merupakan Golden Age atau usia emas. Dari sanalah tercetus penamaan Hi-Lab Golden Club. Sebuah dedikasi yang nyata dilakukan oleh Hi-Lab Diagnostic Center untuk para lansia agar lebih peduli dengan kesehatan pada usia tersebut.

Waktu masih pagi, para lansia bersua dengan sesama sejawat. Sebelum rangkaian acara berlangsung, mereka asyik foto bersama. Seluruh lansia mengenakan kaus bertuliskan “Cek darah, ingat Hi-Lab.” Slogan ini memang melekat di Hi-Lab Diagnostic Center.

Para lansia mengelilingi berbagai stand yang sudah ada di halaman Hi-Lab Diagnostic Center. Mereka bisa membeli berbagai minuman ataupun makanan yang tersedia. Selain itu, panitia penyelenggara juga menyediakan minuman susu lansia.

Agenda senam pagi berlangsung meriah. Dipandu dua instruktur senam, para lansia yang kita panggil dengan sebutan Oma-Opa ini bersemangat ikut senam. Keseruan selama senam pagi membuat semua wajah makin sumringah.
Stand-stand tenant di Hi-Lab Diagnostic Center Jogja
Stand-stand tenant di Hi-Lab Diagnostic Center Jogja
Aku sendiri dibebaskan untuk mengabadikan berbagai kegiatan yang menurutku menarik. Bahkan, di beberapa kesempatan, aku berbincang dengan salah satu Oma yang memintaku untuk mengabadikan beliau di depan stand.

Beliau tampak bersemangat dan aktif ketika senam. Menariknya, ketika sedang persiapan bincang edukasi kesehatan, beliau juga menciptakan yel-yel. Rasanya, keberadaan komunitas Hi-Lab Diagnostic Center ini memang begitu berarti bagi beliau.

Keseruaan rangkaian acara peluncuran program komunitas lansia ini juga dihadiri Direktur Hi-Lab Diagnostic Center, dr. Gideon Hartono. Beliau menyapa para oma-opa sekaligus melayani permintaan foto bersama. Sesekali, beliau juga memotret keseruan pagi ini.

Sekitar 160 lansia yang bergabung. Setelah selesai senam bersama, berlanjut pemaparan manfaat bergabung Hi-Lab Golden Club. Terbentuknya komunitas lansia ini memang berkaitan dengan pandemi. Meski pandemi sudah selesai, tetap saja kita harus meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kesehatan.
Keseruan senam bersama Komunitas Lansia Hi-Lab Golden Club
Keseruan senam bersama Komunitas Lansia Hi-Lab Golden Club
Dituturkan Deni Herdian selaku Manager Marketing Hi-Lab Diagnostic Center, Hi-Lab Golden Club ini merupakan program dari kami (Hi-Lab Diagnostic Center) yang peka dengan kesehatan masyarakat, khususnya lansia.

“Kita tahu, selama pandemi, warga usia lanjut dengan komorbit sangat rentan dengan penyakit. Adanya Hi-Lab Golden Club (HGC) ini untuk berkontribusi agar masyarakat hidup sehat lebih lama, dan banyak manfaat lain bagi anggota yang bergabung.”

Bincang tentang edukasi kesehatan berlangsung interaktif. Oma-Opa bertanya terkait kesehatan diri. Dokter yang menjadi narasumber pun menjelaskan secara jelas dan mudah dipahami. Pada kesempatan ini, berbagai manfaat bergabung di komunitas pun dipaparkan.

Setiap lansia bisa bergabung dengan mendaftar di Hi-Lab Diagnostic Center. Kemudian beliau dimasukkan dalam satu wadah WhatApps Grub (WAG) untuk berkomunikasi. Pendaftaran ini cukup mudah. Lansia hanya menunjukkan identitas dan mengisi form untuk didata.
Pemaparan terkait keuntungan bergabung Hi-Lab Golden Club
Pemaparan terkait keuntungan bergabung Hi-Lab Golden Club
Adapun salah satu fasilitas layanan yang diberikan adalah pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi dokter sebagai pemantauan kesehatan secara gratis. Hal ini tentunya menarik bagi para lansia yang memang diharapkan lebih peka dengan kesehatan.

Sementara itu, untuk agenda yang lainnya bisa dilakukan secara rutin dan periodik. Seperti agenda sekarang, senam bersama lansia nantinya diharapkan bisa rutin tiap bulan. Pun dengan bincang edukasi kesehatan. Semuanya sudah terencana dengan matang.

Bahkan, bagi anggota Hi-Lab Golden Club, mereka juga mendapatkan harga khusus dalam pemeriksaan yang lainnya. Kita tahu, Hi-Lab Diagnostic Center mempunyai berbagai layanan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat dengan harga sangat terjangkau.
Peserta Komunitas Lansia sumringah
Peserta Komunitas Lansia sumringah
Setiap lansia yang turut pada agenda hari ini berkesempatan mendapatkan dooprize. Panitia sudah membuat konsep bincang kesehatan makin menarik. Hadiah yang diberikan undi seperti kompor gas, setrika, dan peralatan rumah lainnya.

Sebelum acara selesai, Hi-Lab Diagnostic Center menyediakan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah. Sebagian besar para lansia antusias berpartisipasi di stand kesehatan tersebut. Mereka mendapatkan layanan dengan cepat serta diberikan informasi terkait kesehatan.
Stand cek kesehatan melayani komunitas lansia di Hi-Lab Jogja
Stand cek kesehatan melayani komunitas lansia di Hi-Lab Jogja
Rangkaian acara berlangsung dengan meriah. Dimulai senam bersama, minum susu lansia, bincang edukasi kesehatan, hingga layanan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah. Tepat pukul 11.00 WIB, acara selesai. Semuanya berjalan dengan lancar.

Program komunitas lansia yang diresmikan Hi-Lab Diagnostic Center merupakan salah satu terobosan yang patut kita apresiasi. Hi-Lab Diagnostic Center berkontribusi dalam pengabdian masyarakat dengan cara memberikan pelayanan kesehatan untuk para lansia. *Yogyakarta, 28 Januari 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages