Kejutan Kala Menginap di Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang - Nasirullah Sitam

Kejutan Kala Menginap di Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang

Share This
Menginap di Metro Park View Hotel Semarang
Menginap di Metro Park View Hotel Semarang
Selepas proses pemeriksaan menginap selesai, kami langsung menuju kamar yang berada di lantai dua. Sengaja menggunakan tangga karena hanya naik satu lantai. Nomor kamar sudah sesuai dengan di kartu. Pintu kubuka, dan kamar ini benar-benar luas.

Kejutan datang saat aku menginap di Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang. Melalui website hotel, aku memesan kamar dengan tipe deluxe standart ditambah sarapan. Harga total jauh lebih murah dibanding memesan melalui aplikasi pemesanan kamar hotel.

Hotel yang mulai berbenah di tahun 2021 ini memberikanku hadiah tak terduga. Kamar yang kupesan di-upgrade menjadi deluxe executive tanpa harus menambah biaya tambahan lagi. Padahal, harganya jauh lebih mahal.

Malam ini kami menikmati waktu di Semarang. Perjalanan lebih tiga jam dari Jogja membuat aku dan istri sepakat menginap semalam di sini sebelum melanjutkan perjalanan ke Rembang esok pagi. Istri sudah merekomendasikan beberapa hotel, pada akhirnya Metro Park View Hotel ini yang menjadi pilihan.
Menyapa resepsionis Metro Park View Hotel Semarang
Menyapa resepsionis Metro Park View Hotel Semarang
“Bisa pinjam identitasnya, pak?” Pinta salah satu resepsionis.

Kuberikan kartu identitas, aku bertanya apakah boleh merekam selama menginap di sini. Resepsionis memperbolehkan. Kami diminta menunggu di sofa, kemudian salah satu pramusaji datang memberikan minuman sebagai jamuan pengunjung. Pun dengan handuk kecil yang basah untuk lap tangan.

Tak lama kemudian, resepsionis menghampiriku sambil membawa kertas dan map. Beliau menginformasikan kamar yang kami pesan diubah menjadi Deluxe Executive. Ukuran kamar lebih luas, serta ada tambahan sofa di dalam kamar.

Tidak ada tambahan biaya untuk upgrade kamar. Kuucapkan terima kasih sebelum kami istirahat di kamar. Kondisi kamar bersih dan tertata rapi. Ukuran kasur sesuai dengan harapan, dan tentunya kami menikmati layanan dari Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang.

Interior di kamar menurutku sudah bagus. Susunan sofa, meja untuk meletakkan minuman, meja besar, hingga lokasi lampu. Pemilihan warna sofa pun cukup selaras dengan dinding kamar. Semua sudah lengkap, aku memotret untuk keperluan blog.
Kamar di Metro Park View Hotel Semarang luas
Kamar di Metro Park View Hotel Semarang luas
Berbagai fasilitas di kamar layaknya hotel-hotel berbintang yang lainnya. Dua botol kemasan air mineral sudah tertata rapi di atas meja, lengkap dengan minuman kemasan seperti teh dan kopi. Di meja utama pun ada satu botol besar minuman air mineral, namun air mineral tersebut berbayar.

Kulihat di sudut plafon sudah ada tanda anak panah arah kiblat. Televisi berukuran besar dengan layanan TV Kabel. Untuk sesaat aku cukup menikmati suasana di dalam kamar. Rasa lelah selama perjalanan mulai sedikit berkurang.

Agar letihnya hilang, aku bergegas mandi. Peralatan mandi sudah tersedia lengkap. Shower terpasang dengan air panas dan dingin. Di dinding terdapat informasi keterangan cara menggunakan shower atas. Terkadang ada penghuni kamar yang kurang familiar dengan kran shower, lantas bingung menghidupkan kran atas.
Bagian kamar mandi di Metro Park View Hotel Semarang
Bagian kamar mandi di Metro Park View Hotel Semarang
Selepas mandi, aku bersantai di kamar. Sesekali menggunakan fasilitas jaringan internet untuk gawai. Kurasa jaringan internet di hotel ini cukup memadai. Waktunya memejamkan mata, suara kendaraan terdengar sayup, tapi tidak mengganggu waktu istirahat.

Berlokasi di jalan KH. Agus Salim, Kauman, Semarang, Metro Park View Hotel ini letaknya sangat strategis di tengah kota. Kita bisa jalan kaki menuju Kota Lama Semarang, ataupun menuju Pasar Johar. Sementara jika ingin ke destinasi seperti Lawang Sewu ataupun Simpang Lima pun cukup terjangkau menggunakan transportasi.

Di seberang hotel merupakan Alun-alun Masjid Agung Kota Semarang. Sedari semalam, alun-alun ini ramai pengunjung. Puluhan stand kuliner berderetan menawarkan makanan. Keramaian kuliner di sini sampai pukul 23.00 WIB. Bagi pengunjung hotel yang ingin kulineran, mereka bisa menyambangi Alun-alun Masjid Agung Kota Semarang.
Bangunan Metro Park View Hotel Semarang
Bangunan Metro Park View Hotel Semarang
Sejak masuk hotel, pandanganku tertuju pada deretan mesin ketik yang terpajang di sudut ruangan. Lokasinya tepat di dekat tangga naik lantai dua. Ada sekitar lima buah mesin ketik kuno yang tertata rapi, bahkan tersemat kertas di bagian atasnya.

Sepertinya spot ini dijadikan sebagai museum oleh pihak hotel. Tulisan besar ‘Museum Metro Tempoe Doeloe’ terpasang di dinding. Bisa jadi berbagai mesin ketik ini merupakan koleksi bangunan Metro Park View Hotel sewaktu belum direnovasi.

Kulihat sekilas lembaran kertas yang terpasang pada salah satu mesin ketik, tulisannya memang tentang bangunan Metro Park View Hotel. Berbagai literatur yang berkaitan dengan bangunan hotel ini dijadikan satu dengan mesin ketik agar bisa dibaca tamu hotel.
Berbagai koleksi di Metro Park View Hotel Semarang
Berbagai koleksi di Metro Park View Hotel Semarang
Pagi menyapa, aku bergegas keluar dari kamar hotel. Agenda pagi ini hanya ingin mengelilingi hotel. Aku sempat berbincang dengan salah satu pegawai hotel di dekat area masuk restoran. Kami menyeduh kopi yang disediakan hotel dengan konsep angkringan.

Cukup lama kami berbincang, aku meminta izin untuk jalan santai di sekitar hotel. Pagi ini lumayan mendung, ketika hendak lari pagi, hujan mengguyur Semarang, aku berlari balik ke hotel. Di sini, kumanfaatkan menjelajah sudut-sudut lain Metro Park View Hotel.

Bangunan sisi lift tertutup, seperti yang sudah diinformasikan pegawai hotel, Metro Park View Hotel Kota Lama ini memang masih merenovasi beberapa spot agar tampil lebih bagus. Terobosan-terobosan di tahun 2023 ini harapannya menjadikan Metro Park View Hotel Kota Lama makin digandrungi pelancong yang berlibur ke Semarang.

Kujelajahi sudut hotel yang di lantai satu, menyusuri restoran menuju kolam renang. Ukuran kolam renang di Metro Park View Hotel Kota Lama ini tidak panjang. Tak kuketahui kedalaman kolam, karena aku tidak mendekat karena hujan.
Kolam renang Metro Park View Hotel Semarang tidak terlalu luas
Kolam renang Metro Park View Hotel Semarang tidak terlalu luas
Terlihat dua orang selesai berenang, serta anak-anak kecil bermain pada kolam mainan yang ada di dekat kolam utama. Meski kolam kecil, setidaknya bagi orang yang ingin berenang sudah ada fasilitasnya. Tempatnya juga lumayan tersembunyi.

Sebenarnya di Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang tersedia fasilitas fitness. Hanya saja aku tidak menyambangi tempat tersebut. Bagi tamu hotel yang suka berolahraga di dalam ruangan, tentu adanya fasilitas fitnes ini menyenangkan.

Selama menginap di Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang ini, yang paling tak bisa dilupakan adalah makanannya. Menu sarapan di hotel cukup beragam, berbagai buah potong atapun yang lainnya sudah tersedia lengkap.

Air minum memang tidak banyak variasi, tetap untuk menu makannya patut diapresiasi. Menurutku, makanan di Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang ini salah salah satu yang enak dari sekian banyak hotel yang pernah aku inapi dan sarapan.
Menikmati sarapan di Metro Park View Hotel Semarang
Menikmati sarapan di Metro Park View Hotel Semarang
Nyatanya bukan hanya aku yang mempunyai kesan seperti itu. Istri pun setuju kalau masakan di Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang memang enak. Pun dengan beberapa kawan blogger yang pernah menginap di sini. Mereka berkomentar di media sosialku kalau makanannya enak.

Sebelum sarapan, aku sempat kesulitan mencari meja kosong karena banyaknya tamu yang sarapan bersamaan. Beruntung petugas hotel mencarikan kami tempat untuk sarapan berdua. Bahkan ketika tempatku hendak diduduki tamu yang lain, petugas hotel langsung menginformasikan meja tersebut untuk kami.

Setiap hotel mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, pun dengan Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang. Namun, bagiku pengalaman menginap di sini pasti bakal terkenang. Terlebih kami dilayani dengan baik dan diberikan kamar lebih bagus.

Untuk kalian yang sedang berlibur di kota Semarang dan ingin mencari hotel dengan lokasi strategis, aku rasa Metro Park View Hotel Kota Lama Semarang layak dipertimbangkan. Jika ingin harga lebih murah, kalian bisa langsung memesan kamar hotel melalui websitenya langsung. *Semarang, 24 Februari 2023.

14 komentar:

  1. Kalau boleh tahu per malam dipatok di harga berapa dengan breakfast om Stitam, bisa nih jadi rujukan kalau ada penugasan ke Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 600 ribuan, kang. Bisa lah pas di Semarang

      Hapus
  2. Hotel ini memang sempat direnovasi. Dulh tampilannya memang terkesan ketinggalan jaman. Begitu renovasi selesai, tampilannya jadi lebih bagus dan nyaman.

    Lokasinya sangat strategis karena dekat kotalama, pecinan, dan masjid kauman. Pas akhir oekan sering penuh dengan tamu yang menginap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kemarin beliau cerita kalau abis direnovasi, semoga lebih ramai lagi

      Hapus
  3. Hotelnya keren banget
    pelayannya juga ok punya
    ramah pula, keren dah
    kapan bisa nginap disana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan pastinya direkomendasikan untuk diinapi heheheh

      Hapus
  4. Eh banyak hotel di Semarang yg direnovasi yaaa.. tapi bagus sih, biar tetep terawat, walopun hotel lama. Soalnya pas nginep di gumaya, itu juga baru selesai renov pas aku datang.

    Ntr kapan2 kalo ke Semarang lagi mau cobain hotel ini juga mas. Dari bangunannya aku suka, vintage tapi kliatan kok baru direnov nya. Hotel begini yg aku suka, tua tapi terawat baik dan terang. Kebanyakan hotel tua itu gelap jadi vibe nya juga spooky 🤣. Makanya kalo tahu udah direnov, lebih tenang aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mbak, hotel kalau sudah direnovasi itu terlihat lebih terang dan elegan. Berbeda dengan sebelum direnovasi. Agendakan mbak

      Hapus
  5. sejauh aku jalan-jalan, belum pernah ngalami yang namanya:
    1. pesen langsung di pihak hotel lebih murah daripada lewat aplikasi
    2. diupgrade kamar e.

    apa aku kurang sedekah kayake ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi untuk beberapa hotel, mengecek website resminya itu juga kurekomendasikan, biasanya hari-hari tertentu lebih murah. Saya membandingkan di aplikasi-aplikasi tersebut di waktu bersamaan.

      Upgrade kamar memang tidak semua mengalami, tapi dari beberapa cerita, kalau kita datang terlambat, ada kemungkinan di upgrade. Tapi ini juga melihat kamarnya masih tersedia atau tidak.

      Hapus
  6. Wah, destinasi wisata terakhirku setelah kemarin ke Bali adalah Kota Lama Semarang :) Tapi ke sana cuma sebentar makan bakso doang dan sedikit foto2. Hotel ini tampak cerah dan menyenangkan. Kolam renangnya walaupun kecil tapi okelah, biasanya anak2 suka main air kan :D Mantap nih makanannya enak2. Kapan2 bolehlah nginap di situ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semarang itu paling asyik di Kota Lama, mbak. Bisa bersantai sambil menikmati waktu malam hari

      Hapus
  7. cantik sungguh hotel ini...memang selesa dan best kalau menginap untuk sehari dua

    BalasHapus

Pages