Kuliner Es Krim Jadul di New Tentrem Solo - Nasirullah Sitam

Kuliner Es Krim Jadul di New Tentrem Solo

Share This
Es krim New Tentrem Solo
Es krim New Tentrem Solo
Pengunjung di Es Krim New Tentrem Solo ramai. Siang ini, kami sengaja ingin menjajal kuliner es krim jadul. Seperti ingin bernostalgia dengan masa kecil yang acapkali menikmati es krim ataupun es potong saat berada di sekolah.

Dari museum Tumurun Privat, kami berdua memutuskan untuk berjalan kaki menuju Es Krim New Tentrem. Jika melihat peta di ponsel pintar, jaraknya tak lebih dari 1.5 kilometer. Melintasi sate Pak Manto, kami terus berjalan. Lantas berbelok melewati gang untuk menyingkat perjalanan.

Beruntungnya di sepanjang jalan banyak pohon rindang yang membuat perjalanan kami lebih nyaman. Pepohonan menjadi peneduh bagi sebagian orang yang memilih berjalan kaki di Solo. Kami melintasi trotoar yang cukup lebar.

“Sepertinya di ujung perempatan itu, dek,” Celetukku sembari melihat titik koordinat di ponsel pintar.

Seorang juru parkir sedang merapikan sepeda motor yang terparkir. Kami memasuki bangunan dengan baluran cat berwarna hijau. Tatkala pintu terbuka, sudah ada pegawai yang menunggu dan menyapa kami. Mereka siap menyambut setiap pengunjung yang masuk.
Sampai di Es Krim New Tentrem Solo
Sampai di Es Krim New Tentrem Solo
“Selamat siang, untuk berapa orang?” Sapa salah satu pegawai sembari mempersilakan kami masuk.

“Dua orang, mbak,” Jawabku.

Mbak-mbak yang bertugas di depan tadi langsung mengarahkan kami ke meja yang dilengkapi sepasang kursi. Beliau mengantarku ke meja nomor satu. Tempat yang menurutku paling nyaman karena berbatasan langsung dengan kaca, serta lokasinya di sudut.

Kami disodorkan buku menu. Kami langsung membuka di bagian es krim. Di Es Krim New Tentrem ada banyak menu. Meski yang paling kondang adalah es krimnya. Di sini mereka juga mempunyai menu nasi langgi, gado-gado, ayam geprek, dan yang lainnya.

Istri sejak awal memang sudah mengagendakan menuju tempat ini. Dia langsung memesan menu es krim yang paling direkomendasikan. Namanya adalah Tutty Fruity. Es krim ini paling banyak disebut ketika pengunjung kulineran di sini.
Daftar menu dan harga di Es Krim New Tentrem Solo
Daftar menu dan harga di Es Krim New Tentrem Solo
“Tutty Fruity dan Sandwich Es Krim,” Ujarku ke pegawai yang mencatat pesanan.

Dua es krim yang kusebutkan tadi memang paling best seller di New Tentrem. Aku sendiri penasaran bagaimana penyajiannya serta rasanya. Siang ini, pengunjung penuh untuk di lantai satu, sementara di lantai dua mungkin keramaiannya pun sama.

Banyak pengunjung es krim New Tentrem ini ingin bernostalgia dengan masa lampau. Hampir sebagian pengunjung yang datang pertama kali ke sini memilih Tutty Fruity sebagai pilihan, memang es krim ini menjadi buruan para pengunjung.

Kami menunggu tidak begitu lama, dua es krim disajikan. Tutty Fruity sendiri dibungkus, sementara Sandwich Es Krim yang kupesan sudah tinggal menyantap. Kedua es krim ini porsinya besar. Benar-benar kurekomendasikan untuk dicoba.

Citarasa es krim ini pun sesuai dengan harapanku. Asyiknya lagi, potongan es krim ini tidak cepat meleleh. Sedikit demi sedikit kami nikmati es krim kala siang. Aku yang biasanya menghindari es krim waktu siang, untuk kali ini rela melahapnya dengan tuntas.
Suasana keramaian kala siang di Es Krim New Tentrem Solo
Suasana keramaian kala siang di Es Krim New Tentrem Solo
Makin siang, pengunjung makin ramai. Jika kalian datang bersama rombongan, mungkin lebih aman datang lebih awal. Jika kalian duduk di area terbuka, sembari menikmati es krim jadul bisa memandang lalu-lalang kendaraan yang melintas di jalan Sriwedari.

Suasana di sini pun menyenangkan. Meski pengunjung ramai yang datang, tetap tidak bising. Kita bisa menikmati es krim sembari bersantai tanpa takut harus berdesakan dengan pengunjung yang lainnya.

Bagi yang sudah beberapa kali ke New Tentrem yang ingin mencoba menu baru, mungkin menu Gelato Ice Cream bisa dicoba, atau menu Happy Day. Harga es krim di New Tentrem berkisar dari 25.000 rupiah hingga lebih dari 40.000 rupiah untuk menu tertentu.

Kami cukup lama menikmati es krim, sesekali mencoba Tutty Fruity milik istri. Kesan yang disampaikan istri kala menikmati es krim tentunya suka dengan rasanya. Aku sendiri percaya dengan dia, karena dia memang pecinta es krim.
Memesan Es Krim yang best seller di Es Krim New Tentrem Solo
Memesan Es Krim yang best seller di Es Krim New Tentrem Solo
Lebih dari pukul 13.00 WIB, kami memutuskan untuk pulang. Tutty Fruity yang menjadi menu andalan harganya 25.000 rupiah, sementara Sandwich Es Krim yang kupesan harganya 29.000 rupiah. Harga yang menurutku sepadan dengan yang disajikan.

“ini kembaliannya, mas, Terima kasih sudah berkunjung,” Ujar mas yang di kasir.

Jika kulihat dari pakaiannya yang menggunakan kaus serta tampilannya santai. Sepertinya beliau ini bukan pegawainya. Kami berbincang sesaat, beliau mengatakan jika minggu depan ada lomba foto di tempat ini. Sayang sekali, datangku tidak di waktu yang tepat.

Tuntas sudah kuliner hari ini. Seluruh yang tertulis di daftar kunjungan selesai disambangi. Buat kalian yang ingin dolan ke Solo. Mungkin, kalian harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Es Krim New Tentrem. Menikmati es krim sambil bernostalgia masa kecil. *Solo, 16 Juli 2023.

8 komentar:

  1. melihat foto foto es krim di buku menunya, terlihat memang sangat jadul ya... Kejadulan inilah yang dicari cari konsumen.
    apalagi sekarang lagi panas panasnya ya... cocok banget dah

    BalasHapus
  2. Kota solo itu sangat nyaman untuk jalan kaki. Terutama di pusat kota yang menyediakan trotoar yang layak.

    Aku pernah makan es krim di sana. Es krimnya snagat enak. Rasa coklatnya sangat terasa di lidah. Setiap sore selalu ramai dengan pengunjung. Jadi yaa mesti sabar untuk antri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas, Solo memang asyik buat jalan kaki pas jalan teduh.

      Hapus
  3. Waktu ke Solo kemarin saya juga menyempatkan berkunjung ke toko es krim ini. Menyenangkan, menikmati malam di keramaian Solo sembari mengobrol dengan pasangan dan menikmati seporsi es krim. Waktu itu saya pun mencoba es krim Tutty Fruity yang legendaris ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama juga ternyata ya, memang es krim new tentrem punya daya tarik bagi wisatawan

      Hapus
  4. Pas ke Solo kemarin, gak sempet ke sini. Tapi udah ngincer kalo ke Solo lagi mau ke sini ah

    BalasHapus

Pages