Sepatu Lokal Indonesia itu Bernama Kanky - Nasirullah Sitam

Sepatu Lokal Indonesia itu Bernama Kanky

Share This
Sepatu Lokal Kanky Story Sensu
Sepatu Lokal Kanky Story Sensu
Setiap tahun ada saja sepatu lokal yang menarik perhatian. Mereka berinovasi agar mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Salah satu jenama sepatu yang mencuat di awal tahun 2024 adalah Kanky. Sepatu lokal yang tumbuh di Bandung, Jawa Barat, dan menurut informasi pabrik pembuatannya di Surabaya.

Aku mendapatkan informasi tentang jenama sepatu Kanky dari seorang pemengaruh (influencer) sekaligus dokter di media sosial Twitter. Unggahan beliau menggunakan sepatu Kanky menarik perhatian. Terlebih saat itu aku memang sedang ingin menambah satu sepatu lagi untuk berolahraga.

Berbagai cuitannya kubaca dengan saksama. Bahkan sempat kucari di lokapasar terkait sepatu tersebut. Beruntunglah, di awal tahun pemengaruh tersebut menginformasikan adanya tipe sepatu yang bakal dijual melalui lokapasar Tokopedia. Jenis sepatu yang terbit adalah tipe Story Sensu.

Tanpa menunggu waktu yang lama, informasi pembelian sepatu sudah dibuka. Aku langsung membeli satu pasang sepatu Kanky x Tirta Story Sensu Army/Beige. Sesuai dengan namanya, sepatu Kanky ini memang berkolaborasi dengan Tirta (pemengaruh & dokter).
Sepatu Kanky Story Sensu berwarna Army
Sepatu Kanky Story Sensu berwarna Army
Sepemahamanku, dr. Tirta memang gencar membagikan aktivitas sehari-hari beliau yang berkaitan dengan olahraga. Mulai dari gym, bersepeda, hingga berlari. Aku sendiri pernah berpapasan dengan beliau saat bersepeda di sekitaran Plaza Ambarukmo di tahun 2023.

Sepatu Kanky yang Memikat Hati
Kanky merupakan salah satu jenama sepatu lokal Indonesia yang sukses dan terus berkembang. Jenama ini telah membuktikan bahwa sepatu lokal Indonesia dapat bersaing dengan merek-merek sepatu internasional yang sudah lebih jauh dikenal.

Berdiri sejak tahun 2019, sepatu Kanky yang didirikan oleh Alvonsus Ivan mengusung konsep athleisure, yaitu sepatu yang nyaman untuk digunakan sehari-hari. Baik untuk berolahraga maupun aktvitas lainnya. Sehingga sepatu ini banyak digandrungi pecinta sepatu lokal di Indonesia.

Sepatu Kanky memproduksi berbagai macam jenis sepatu yang bisa dipilih. Adapun jenis sepatunya adalah Sportstyle, Story Series, Hiro Series, Yuga Series, dan Kishi Series. Meski mempunyai banyak jenis sepatu, semuanya bisa digunakan untuk berolahraga ataupun sehari-hari.

Salah satu jenis sepatu yang paling populer adalah Yuga Series. Sepatu ini mempunyai desain yang simpel dan elegan. Bagi yang ingin menggunakan sepatu untuk berolaraga seperti lari, dan lainnya, mungkin seri Hiro ataupun Story yang bisa menjadi opsi.
Corak bagian belakang sepatu lokal Kanky Story Sensu
Corak bagian belakang sepatu lokal Kanky Story Sensu
Aku sendiri memilih seri Story Sensu sebagai pilihan. Hal ini dikarenakan warna sepatu yang menurutku bagus, serta bentuknya sesuai dengan seleraku. Terlebih, warna sepatu Story Sensu Army/Beige belum kupunyai. Sedari dulu, semua sepatu yang kugunakan merupakan sepatu lokal.

Sepatu lokal yang mulai digandrungi oleh masyarakat biasanya dikarenakan beberapa faktor. Mulai dari harganya terjangkau, desainnya menarik, nyaman saat digunakan, hingga kualitas sepatu yang sudah teruji. Hal ini pula yang dilakukan oleh sepatu Kanky.

Dari beberapa informasi yang kudapatkan, sepatu lokal Kanky mempunyai beberapa keunggulan yang menarik untuk diketahui. Sepatu lokal Kanky menggunakan bahan dengan kualitas tinggi. Bahan kulit yang digunakan asli agar awet digunakan.

Selain itu, sepatu lokal Kanky juga memprioritaskan teknologi terkini dalam pembuatan sepatu. Sehingga setiap pengguna merasakan kenyamanan pada kaki. Perlu diketahui, kenyamanan dalam penggunaan sepatu menjadi hal yang harus dipenuhi.

Sejauh ini, aku antusias dengan sepatu lokal Kanky. Warna yang kubeli sesuai dengan harapan, serta ukurannya pas. Sepatu ini pun ringan, lem pada sepatu tampak rapi. Model sepatu Kanky ini sesuai dengan bentuk kakiku yang agak panjang.
Gambar naga ini merupakan kolaborasi Kanky dengan dr. Tirta
Gambar naga ini merupakan kolaborasi Kanky dengan dr. Tirta
Untuk penggunaan sehari-hari, tampaknya tak ada masalah. Seminggu ini aku gunakan sepatu lokal Kanky untuk beraktivitas sehari-hari ke tempat kerja. Serta sengaja kugunakan untuk berjalan kaki dengan sedikit berlari dengan jarak tempuh sekitar 6 kilometer dengan nyaman.

Aku sengaja mencoba sepatu Kanky di beberapa pempat dengan kontur tanah yang agak berbeda. Awal menjajal sepatu, aku sengaja melintasi jalan yang didominasi aspal rata. Lantas menjajal di rute jalur taman Wisdom Park UGM, serta mencoba dengan jalanan mengelilingi Embung Tambakboyo.

Tujuanku membeli sepatu lokal Kanky Story Sensu ini memang untuk aktivitas di luar ruangan. Pada dasarnya untuk kembali menggiatkan jogging tiap akhir pekan tanpa memikirkan berapa lama kutempuh. Aku hanya penggembira yang tidak memikirkan statistik di aplikasi.

Menurutku, sepatu lokal Kanky Story Sensu sudah sesuai dengan ekspektasiku yang lebih sering jalan kaki dengan selingan berlari kecil. Sepatu ini nyaman, alas kaki sepatu empuk, sehingga membuat kaki lebih nyaman saat menginjak tanah.
Menjajal sepatu Kanky Story Sensu untuk jogging
Menjajal sepatu Kanky Story Sensu untuk jogging
Terlepas dari ini semua, sedari dulu aku memang senang membeli produk lokal. Mulai dari tas hingga sepatu. Kanky Story Sensu merupakan jenama sepatu lokal keenam yang kumiliki. Setiap sepatu kugunakan untuk kegiatan yang berbeda, dan adanya Kanky ini menjadikanku makin memiliki opsi sepatu untuk olahraga ataupun kegiatan formal lainnya.

Hadirnya sepatu lokal Kanky membuat pecinta sepatu lokal makin diberi banyak opsi memilih sesuai dengan selera masing-masing. Harga yang terjangkau, kualitas bagus, desain menarik, serta ketersediaan barang mudah didapati menjadi pilihan.

Harapanku, sepatu lokal di Indonesia makin banyak yang melejit bahkan di internasional. Sehingga, di masa mendatang kita bisa melihat berbagai jenis sepatu lokal yang dipakai oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia. *Jogja; 25 Januari 2024.
Link sepatu Kanky: Sepatu Lokal Kanky

5 komentar:

  1. Setuju bahwa produk lokal punya kualitas yang bagus dan layak dipakai. Apalagi sepatu yang sudah bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Entah untuk aktivitas sehari-hari, atau olahraga. Selain itu, harganya lebih terjangkau dan modelnya sesuai dengan perkembangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang lebih nyaman beli sepatu lokal, mas.
      Selain harga murah, kualitas bagus, dan juga bentuk serta coraknya juga beragam

      Hapus
  2. Kualitas produk lokal tidak kalah menarik dari impor. Cuman perspektif kebanyakan orang yang merasa bangga menggunakan impor.

    Sepatu Lokal Kanky ini keren juga yah. Dan sepertinya cocok untuk digunakan beraktivitas apa saja dan dimana saja. Jadi penasaran untuk membelinya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang beberapa tahun terakhir, sepatu lokal lebih banyak varian dan kualitasnya bagus. Saya sendiri pengen mengoleksi lagi sepatu Kanky

      Hapus
  3. aku diberikan kado berupa sepatu running kanky dan masih awet sampe sekarang :D

    BalasHapus

Pages