Candi Mungil itu ternyata Candi Sambisari

Pagi ini tepat pukul 05.30 wib aku mengayunkan langkah pedal sepeda menuju Grapari telkomsel untuk ikutan gowes bareng “Bike2Breakfast” dengan semboyan “Apapun sepedanya, yang penting sarapannya”. Acara gowes bareng ini yang jadi sponsornya adalah SIMPATI, jadi kita kumpul absen dan mulai start dari sini. Rutenya menuju candi Sambisari, untuk lokasi candi tersebut ada di Dusun Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Sekitar kurang lebih dari 10km dari kota Yogyakarta.
Persiapan gowes di depan Grapari Telkomsel
Persiapan gowes di depan Grapari Telkomsel
menunggu sepeda lain
Berdoa bersama sebelum gowes
Berdoa bersama sebelum gowes
Setelah kumpul dan berdoa, kami kayuh sepeda melewati selokan mataram. Rute yang biasa aku lewati untuk gowes. Tapi kali ini kami menyusuri sepanjang selokan mataram sampai akhirnya belok kiri ketika sudah memasuki area jalan Sambisari.
Jalanan sekitar selokan Mataran
Jalanan sekitar selokan Mataran
Menyeberang Ring Road
Menyeberang Ring Road
Kira-kira 1 jam perjalalan akhirnya kami sampai tujuan istirahat pertama. Singgah disebuah candi, namanya candi Sambisari. Keren banget candinya, walau mungil tapi bikin mata ini tak bosan-bosan untuk memandanginya.
Tujuan gowes, candi Sambisari
Tujuan gowes, candi Sambisari
Tujuan gowes, candi Sambisari
 Numpang foto dulu diarea candi
 Numpang foto dulu diarea candi
Keren kan? Pemandangan yang indah, tata taman candi yang desainnya unik, dan yang pasti bangunan candinya yang membuat kita tetap ternganga. Walau hanya sebagai tempat transit selama 30 menitan, kami tetap bisa memasuki area candi dengan gratis. Dibayari sama panitia hehehe.

Mungkin ini bisa jadi opsi lain lagi bagi para pecinta gowes untuk mencari rute baru, atau candi ini bisa menjadi alternatif bagi pecinta piknik diakhir pekan bersama keluarga. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi candi ini, selain daerahnya begitu asri biaya masuknya pun nggak mahal.

Setelah dari sini kami lanjut perjalanan menuju tempat finishnya, ternyata areanya ada di Condong Catur. Tepatnya di basecamp Radio Pamityang2an, untuk menuju kesini kami melewati area stadion maguwo. Tapi walau capek, tetap saja hari ini begitu terasa spesial, dapat kenalan baru, dapat gowes bareng, dan dapat apa lagi ya? Hehhehe
Menu sarapan pagi ini
Menu sarapan pagi ini
Dan sesuai dengan semboyan " Apapun sepedanya, yang penting sarapannya” kali ini menu yang disajikan adalah Sop plus Ayam goreng. Terlhat sangat lahap untuk menikmatinya setelah perjalanan yang lumayan menguras tenaga. Dan 2 minggu lagi, siap-siap untuk ikut dengan rute yang baru lagi.
Baca juga postingan yang terkait
Candi Banyunibo: Candi Mungil dan Eksotik di Bokoharjo
Candi Abang: Gowes Menuju Bukit atau Candi?
Gowes Menuju Makam Imogiri
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment