Masjid Agung dan Menara Tinggi di Jawa Tengah

Jika kamu suka berwisata religi dan sedang mengunjungi kota Semarang, ada baiknya kamu mencoba untuk mengunjungi Masid Agung Jawa Tengah. Masjid ini berada dijalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Semarang. Luas area masjid ini sekitar 10 hektar. Jadi sangat luas sekali masjid ini. Oya dari beberapa sumber yang aku dapatkan ternyata pembangunan masjid ini arsitekturnya itu perpaduan antara Jawa Tegah dan Yunani. Wah bisa dilihat hasilnya seperti apa indahnya masjidnya.
Masjid Agung Jawa Tengah, tampak dari parkiran
Masjid Agung Jawa Tengah, tampak dari parkiran
Beberapa waktu yang lalu aku sempat mengunjungi masjid ini untuk yang kedua kali, karena yang pertama itu sekitar awal tahun 2010 aku kesini tapi tidak punya dokumentasi gambar.  Masjid ini mempunyai pelataran luas, jadi nggak usah khawatir kalau nanti masuk area masjid ini bersesakan. Berhubung aku kesini pukul 13.30 dan sudah sholat dhuhur diperjalanan, kamu dan teman-teman hanya mengunjungi dan berfoto-foto diluar saja. Kami menuju kesini karena semua temanku belum pernah berkunjung ke masjid tersebut.
Pelataran depan Masjid
Pelataran depan Masjid
Kami berfoto bersama disekitar masjid, sayang sekali payung-payung raksasa yang ada dimasjid ini tidak terbuka. Biasanya kalau hari Jum’at waktu orang sholat jum’at payung-payung tersebut dibuka. Selain itu disini kiri (jika kita masuk kemasjid) ada sebuah Menara menjulang tinggi. Menara ini ada 19 lantai, dan salah satu lantai yang kerap dikunjungi orang adalah tempat untuk memandang kawasan Semarang dari atas dengan memakai teropong.
Duduk dipelataran masjid
Payung-payungnya nggak terbuka
Payung-payungnya nggak terbuka
Kalau waktu tahun 2010 sih untuk masuk dan naik menara ini aku membayar 5K. Tapi untuk sekarang aku tidak tahu berapa bayarnya. Aku dan teman-teman sebenarnya tertarik untuk menaiki menara tersebut, tapi karena masih keletihan habis dari Karimunjawa. Jadi dengan berat hati kami hanya menikmati pelataran masjid saja.
Menara yang bisa untuk melihat kawasan Semarang
Menara yang bisa untuk melihat kawasan Semarang
Kalau nantinya kamu mengunjungi masjid ini, saranku kamu harus menaiki menara itu, masuk kedalam masjid, dan yang pasti kalau waktu kamu masih luang banyak silakan menunggu untuk sholat disana (bagi yang muslim). Jangan sampai kamu kayak teman-temanku ini yang agak menyesal karena nggak sempat naik menara dan nggak sempat juga masuk ke masjid. 
Baca juga postingan yang terkait 
Patung Cheng Ho Ada di Klenteng Sam Poo Kong
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :