Menikmati Curahan Air Terjun Sri Gethuk

Yogyakarta memang mempunyai potensi wisata yang cukup banyak. Tidak hanya budaya ataupun pantainya saja. Salah satu yang mungkin sudah mulai terkenal adalah wisata air terjun. Kalau kita kedaerah Gunung Kidul mungkin kita bisa mengunjungi wisata Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Playen. Ini adalah sedikit sketsa yang dibuat temanku sebelum kami menuju kesana beberapa waktu yang lalu.
Sketsa lokasi Air Terjun Sri Gethuk
Sketsa lokasi Air Terjun dari teman
Air Terjun ini sebenarnya baru sekitar tahun 2000an mulai menyeruak namanya dikalangan teman-teman backpacker. Dan aku cukup beruntung bisa kesana bareng dengan teman-teman alumni kampus. Setelah memilih hari, akhirnya kami fix kesana pada hari minggu. Tujuan utama kami adalah hanya untuk bisa berkumpul dan bermain air bareng-bareng.

Melalui jalanan yang bagus sampai yang terjal dan tidak beraspal, akhirnya sampai juga dilokasi. Pada saat aku kesana, jalanan akses kearah Air Terjun sedang dibuat oleh warga setempat. Kami langsung menuju penjualan karcis. Dengan merogoh kocek Rp.7500,-/orang akhirnya kami dapat menikmati air terjun ini. oya untuk menuju air terjun kita harus menaiki semacam sampan/rakit yang dikemudikan oleh warga setempat. Kalau kita nggak mau naik rakit, kita bisa menyusuri jalanan ditepian sungai. Tetap jalanan ini memang agak sedikit memutar.
Tiket masuk Sri Gethuk
Tiket masuk
Rakit yang digunakan untuk menuju air terjun
Rakit yang digunakan untuk menuju air terjun
Grand Canyon ala Sri Gethuk
Mirip Grand Canyon ya?
Sesampai dikawasan air terjun, ternyata sudah banyak pengunjung yang berada disini. Rombongan kami langsung berbaur menjadi satu untuk bermain air. Air terjun ini ketinggiannya sekitar 25 meter lebih. Walau tidak terlalu tinggi tetapi sudah cukup membuat diri ini untuk menikmati.
Curahan air terjun Sri Ghetuk
Air terjun Sri Gethuk
Ini air terjunnya
Yang perlu diingat dan diperhatikan diair terjun ini adalah lokasinya. Untuk menuju tepat dibawah air terjun, kita harus ekstra waspada karena hampir sebagian besar adalah bebatuan. Beberapa bebatuannya licin, jadi kalau tidak hati-hati kita bisa terpeleset. Akhirnya kami bisa menikmati air terjun di Sri Gethuk. Saat merasakan curahan air terjun tepat dibawah lokasi air terjun, rasanya seperti terapi/pijat dengan air.
Sungai di Air terjun Sri Gethuk
Berenang dulu
Selain menikmati air terjun, kita bisa berenang disungainya. Sungai ini kedalamannya ada yang sampai 3 meter. Kalau kalian tidak bisa berenang, kalian bisa menyewa pelampung untuk dipakai berenang. Kawasan air terjun Sri Gethuk ini adalah tujuan wisata alternatif kalau kita sedang berada di Yogyakarta. Kita harapkan wisata Sri Gethuk ini tetap terjaga keasriannya, agar anak-cucu kita bisa menikmati keindahan yang sekarang kita lihat. 
Baca juga postingan sebelumnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar :

  1. mirip kayak green canyon hijaunya, aaak kereen cuaca lagi bagus lagi yaa jd warnanya hijau bgtu dan lebih murah dari green canyon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, pas cerah-cerahnya :)
      Tempatnya asyik kok untuk menghilangkan rasa suntuk :)

      Delete
  2. Tempatnya keren seperti Green Canyon, bening dan hijau warna airnya. Mantap Indonesia memang indah ya Sob.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sepertinya kalau kita sudah bisa mengelilingi Indonesia (setiap sudutnya) maka kita akan susah tergiur main keluar negeri :)

      Delete
  3. Aku pernah ke air terjun sri gethuk tahun 2011, masih sepi banget, sedang dibangun jalannya. Sekarang udah keren gitu? Pengeeeenn!!! :|

    ReplyDelete