Tracking Mangrove Karimunjawa: Keindahan ditengah-tengah kesunyian alam

Tracking hutan mangrove? Ya kemungkinan dari kita sudah ada yang tahu dengan wisata jalan-jalan satu ini. Begitupun aku, hari ini aku bisa menikmati indahnya jalan sore, menikmati mangrove dan yang pasti menunggu sunset.

Tracking mangrove ini salah satunya ada di Karimunjawa. Tepatnya perbatasan antara dua desa (Karimunjawa – Kemujan) dan lokasinya lebih cenderung dekat dengan desa kemujan. Saya yakin bagi para backpacker yang sudah pernah ke Karimunjawa sebagian besar dari kalian sudah pernah datang kesini. Apalagi kalau kalian mengikuti tour darat, saya yakin sudah kesini semuanya.
Pintu masuk kawasan hutan mangrove
Pintu masuk kawasan hutan mangrove
Aku sempat mengunjungi lokasi ini kemarin (10 Mei 2013) karena pulang kampung. Lagian dari rumahku hanya berjarak kurang lebih 6 km. jadi aman-aman saja bisa kesini dengan mudah. Dan yang pasti aku masuk disini gratis. Enak banget bukan masuk tanpa bayar HTM. Ini karena orang pribumi memang digratiskan, sedangkan orang wisata local kena chass (3k) dan untuk wisatawan asing kena (5k). murah banget ya?

Tapi dibalik kemurahan ini kita tidak mendapatkan pemandangan yang murahan loh (kayak apa aja), ini buktinya walau hanya pakai kamera hp butut, setidaknya pemandangan ini bisa sedikit mengobati rasa penasaran kalian untuk melihat pemandangannya (bagi yang belum pernah kesini).
Narsis dulu
Narsis dulu
Sunset, indahkan? sayang pake hp butut
Sunset, indahkan? sayang pake hp butut
Hutan Mangrove Karimunjawa
Hutan Mangrove
Seperti bayangan
Seperti bayangan

Oya, bagi pengunjung. Aku harap kalian tidak merusak tanda tulisan ataupun mencoret-coret papan/kayu yang ada ya. Masalahnya beberapa papan sudah banyak coretan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Lestarikan hutan mangrove, jadikan lokasi wisata ini sebagai ajang kita mempelajari betapa pentingnya keberadaan hutan mangrove bagi biota laut serta dapat mencegah abrasi. Semoga keindahan hutan mangrove ini dapat tetap kita lihat selamanya.
Baca juga postingan sebelumnya 
Gowes Menuju Makam Imogiri
Air Terjun Seribu Batu, Cengkehan, Wukisari, Imogiri
Road To Parang Island: Mempererat Tali Persaudaraan
"Butiran Surga" itu Ada di Pantai Batu Putih, Karimunjawa
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar :

  1. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia2.blogspot.com

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Waah iya, sunsetnya keren banget ya sebenarnya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, ini pake hp butut dokumentasinya mas :-D

      Delete