Menikmati Kesunyian di Pantai Pantura, Karimunjawa

Ada banyak pantai di Karimunjawa, ada banyak pemandangan indah yang disuguhkan setiap pantai. Dan ada kesenangan tersendiri kalau kita bisa mengunjungi setiap pantai yang ada di Karimunjawa. Apalagi mengunjungi pantai-pantai yang jarang wisatawan kunjungi. Karena nama pantai dan lokasinya mungkin tidak familiar ditelinga para wisatawan.

Salah satunya adalah pantai Pantura didusun Batulawang, bagi penduduk sekitar pantai ini lebih sering disebut dengan sebutan “tasik barek” (pantai barat; Bugis, tapi bisa diartikan dengan kata Barat Laut). Padahal kalau dilihat letaknya, pantai ini berada di Barat Laut, atau malah sudah kearah Utara.  Entah siapa yang memberikan nama dengan sebutan Pantai Pantura, karena nama pantai tersebut terpampang pada papan petunjuk.
Arah petunjuk ke pantai
Arah petunjuk ke pantai
Setelah melewati jalanan dua tapak selama beberapa menit, maka kamu akan disuguhi pemandangan pantai Pantura. Pantai ini tidaklah panjang, tapi dari sini kita bisa melihat sunset jika pandangan kita arahkan kebarat. Pasir dipantai ini tidak berwarna putih bersih seperti pasir-pasir disebagian besar pantai Karimunjawa, tetapi pasirnya agak kemerahan. Apa yang menarik dengan pantai Pantura ini?
Jalan menuju pantai
Jalan menuju pantai
Pantai Pantura
Pantai Pantura
Bagi warga setempat tempat ini memang tidak begitu menarik, karena sudah telalu sering mengunjungi pantai ini. Tapi kalau bagi orang yang baru pertama kali kesini, tentu pemandangan pantai ini sangat menarik. Kamu bisa mencoba bermain sampan milik nelayan yang tidak dipakai memancing, atau sekedar bermainan air laut dipinggiran pantai. Atau memandangi kapal-kapal nelayan yang silih berganti berlalu-lalang.
Bermain Sampan
Aku bermain sampan nelayan setempat
Pantainya sepi banget
Pantainya sepi banget
Selain pemandangannya yang cukup bagus, kita bisa melihat aktifitas masyarakat setempat (nelayan) yang beraktifitas disini. Pantai ini adalah tempat dimana masyarakat setempat menambatkan kapal (tanpa ada dermaga/pelabuhan). Pantai Pantura ini akan ramai disaat pagi maupun sore (menjelang malam) karena nelayan-nelayan setempat berkumpul disini sambil menjual hasil tangkapannya.

Ada baiknya kalau kalian kesini pada sore hari saja, karena kalau sore kalian bisa menikmati senja dipantai sambil melihat sunset yang begitu jelas. Dan kalau kalian beruntung, kalian bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan sekitar dengan harga cukup terjangkau. Lumayan bisa digunakan untuk makan malam ikannya.
Hasil tangkapan nelayan
Hasil tangkapan nelayan
Saya sendiri saat mengunjungi pantai ini belum mendapatkan sunset karena kesini pukul 16.00 wib. Tapi saya berhasil mendapatkan ikan tongkol dari nelayan setempat yang pulang dari memancing. Dan beruntung bagi saya, karena kepantai ini tepat pada saat musim ikan tongkol. 
Baca juga postingan yang terkait 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar :

  1. langsung tercatat untuk dikunjungi..hehe .. ada tulisan " pantai ini bebas edor " gak mas? hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mas, paling senin saya posting :-)
      Ini sedang gowes ke museum soeharto hee

      Delete