Berburu Sunset di Ujung Gelam, Karimunjawa

Berbicara tentang pantai Karimunjawa memang tidak ada habisnya, karena dari 27 pulau ini rasanya kita ingin mengunjunginya satu-persatu. Kalaupun sudah setiap pulau kita kunjungi, kita tentu masih bisa menikmati keindahan pantai yang ada dipulau Karimunjawa-nya saja. Karena disepanjang Karimunjawa masih banyak pantai-pantai yang wajib kita kunjungi.

Salah satu spot yang pasti dikunjungi oleh wisatawan saat berada di Karimunjawa adalah Ujung Gelam. Pantai ini berada di Alang-alang, Karimunjawa. Disepanjang pantai ini hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang terhampar pasir putih dengan air yang jernih. Kita bisa menuju kepantai ini menggunakan kapal atau mengendarai kendaraan melalui jalan darat.
Pantai Ujung Gelam
Pantai Ujung Gelam
Pantai Ujung Gelam, Karimunjawa (dok: Siska)
Pantai Ujung Gelam ini memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat setempat, jadi misalnya kalian sedang sendirian ataupun ingin blusukan mencari pantai ini, cukup gunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk bertanya. Aku jamin, kalian tidak akan menemui kesulitan dan langsung bisa menuju TKP. Kalau masih agak bingung, kalian cukup mengikuti jalanan menuju arah desa Kemujan, nanti sekitar 4 km ada dusun Alang-alang. Paling gampang adalah saat kalian nanti melewati jalanan yang turun agak curam dan samping kanannya adalah SD, maka kalian nanti langsung belok kiri menyusuri jalanan kecil (cukup satu mobil), nanti kalian pasti sampai dilokasinya.
Pantai Ujung Gelam
Pesisir dipantai Ujung Gelam. Karimunjawa
Pesisir dipantai Ujung Gelam. Karimunjawa (dok: Siska)
Biasanya pantai ini akan ramai saat menjelang sore hari, karena disini adalah salah satu spot yang bagus untuk melihat terbenamnya matahari (sunset). Jadi ini siapkan DSLR kalian saat berada disini. Aku pastikan kalian akan dapat menikmati senja seraya berburu sunset dipantai ini. Biasanya disaat cuaca mendukung, sunset akan kelihatan begitu jelas tanpa ada sedikitpun awan yang mengganggu. Dan saat itulah kalian merasakan keindahan pantai ini.
Berburu Sunset dipantai Ujung Gelam, Karimunjawa
Berburu Sunset dipantai Ujung Gelam, Karimunjawa
Berburu Sunset dipantai Ujung Gelam, Karimunjawa (dok: Siska)
Yang terpenting saat mengunjungi pantai manapun adalah kita harus bisa menjadi wisatawan yang bijak, dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kalaupun dilokasi tidak terlihat tempat sampah, maka sudah kewajiban kalian untuk membawa kantong plastik dan membawanya pulang kembali. Keindahan pantai akan bertambah nilainya saat tidak ada sampah yang berceceran. 
Baca juga postingan yang terkait 
Berenang Bareng Hiu? Ngeri Nggak Ya?
Menikmati Pemandangan di Pelabuhan Karimunjawa
Merekam Jejak Sejarah Karimunjawa
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. indah sekali pantainya,,,, semoga bisa menyaksikan senja di karimun jawa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin :-)
      Setiap jengkal tempat di Indonesia itu indah :-)

      Delete