Predator Karimunjawa itu “Edor “

Karimunjawa tidak hanya terkenal dengan pantainya ataupun budayanya yang bercampur menjadi satu. Tapi saat kita menyebut karimunjawa apalagi mengatakan hewan khas Karimunjawa, tentu pikiran kita langsung tertuju pada salah satu jenis hewan melata. Benar apa yang ada dipikiranmu, hewan tersebut adalah ular.
Ular edor
Ini ular edor yang ada dibelakang rumah
Ular memang ada banyak jenis, mulai dari yang sangat berbisa ataupun yang tidak berbisa sekalipun. Dan di Karimunjawa ular tersebut adalah salah satu jenis ular yang berbisa. Ular Edor begitulah namanya yang dikenal oleh masyarakat setempat, atau kalau orang Bugis mengatakan dengan nama “kaleleng.
Warnanya ada yang beda (Source: FB mas Bagus)
Saya mengecek di Wikipedia, ular Edor ini termasuk pada golongan ular tanah. Ular tanah (Calloselasma rhodostoma) adalah sejenis ular bandotan yang amat berbisa. Termasuk ke dalam anak suku Crotalinae (bandotan berdekik), ular tanah menyebar di Asia Tenggara dan Jawa. Ular ini juga dikenal dengan nama-nama lokal seperti oray lemah, oray gibug (Sd.), ular edor (Karimunjawa), dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Malayan pit viper (Wikipedia).
Ular Edor sedang terdiam (source: wikipedia)
Di Karimunjawa sendiri ular ini mempunyai cerita tersendiri, disalah satu versi dari berbagai sumber diceritakan saat Syeh Amir Hasan sampai di daratan Karimunjawa, ia mulai mencari tempat yang cocok untuk menyebarluaskan agama Islam. Tiba-tiba seekor ular menghadangnya. Ular itu bertubuh pendek, berwarna hitam dan sangat berbisa. Ular itu berusaha menggigit Amir Hasan tetapi tidak mempan. Kemudian beliau mengutuk ular tersebut menjadi buta. Sampai sekarang jenis ular yang dikenal dengan nama 'Ular Edor' ini, matanya buta dan umumnya tidak dapat mencari mangsa disiang hari.

Sedangkan diversi lain ada yang mengatakan bahwa ular tersebut adalah jelmaan dari seseorang yang mencuri padi di Karimunjawa, pada saat tersebut Syeh Amir Hasan mendengar ada suara “kresek-kresek” jerami yang terinjak kemudian beliau berkata “ Suara itu mirip suara ular” dan saat itu pula langsung orang tersebut menjadi ular.

Ini memang sejarah (sebuah dongeng) yang tidak dapat dibuktikan dengan nyata. Namun setidaknya dongen tersebut mempunyai makna yang tersirat dan selalu abadi untuk diceritakan kepada setiap generasi yang akan mendatang. Kita pasti akan selalu mendengar cerita itu sampai kapanpun.

Oya, ular edor ini kalau sedang marah ekornya pasti bergetar dan berbunyi agak keras. Kalau kalian tidak percaya silakan datang kerumahku dan lihat saja kalau ular tersebut sedang marah. Dan perlu kalian ketahui, untuk mengetahui ular tersebut berbisa atau tidak, cara yang gampang adalah kita melihat bentuk kepalanya. Kalau kepalanya tersebut berbentuk segitiga, sudah dipastikan hewan tersebut berbisa. Tambahan lagi, jenis ular edor ini tidak terlalu aktif loh gerakannya, hanya saat terusik saja dia mengamuk.

Gigitan ular edor kecil sudah mampu membuat kita lumpuh sementara, saya pernah merasakan digigit ular tersebut walau ular yang menggigit hanya sebesar jari telunjuk saya. Rasanya berdenyut-denyut dan membuat saraf kaki ini menjadi sangat sakit dan mendadak lumpuh.

Jadi kalau kamu berkunjung ke Karimunjawa, jangan sampai sembarangan untuk masuk kehutan tanpa memakai alas kaki. Yang penting jaga kewaspadaan, memang tidak setiap orang dapat menemukan ular ini, namun kewaspadaan tetap harus kita jaga. 
Baca juga postingan yang lain 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. P3K tergigit ularnya gimana mas daeng, rumah sakit atau bisa diatasi sendiri ? Kebanyakan ular edor ini hidup di pulau mana ? Thanks artikel diatas sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama pastinya langsung ikat bagian atas yang tergigi. Misalnya digigit kaki, mohon bagian bawah betis kaki diikat. Setelah itu langsung rujuk ke RS dan minta anti biotiknya.

      Delete