Bersepeda ke Kampung Hijau Gambiran: Gajah Wong Educational Park

Diantara menjamurnya gedung-gedung tinggi yang dibangun di kota Yogyakarta, ternyata tidak membuat semua masyarakat larut dengan ikut membangun gedung-gedung baru juga. Justru ada beberapa kampung yang mengubah daerahnya menjadi kempung hijau. Kampung yang masih terlihat asri walau berada ditengah-tengah kota.
Teman-teman Bike to UGM, Bike to UNY dan Bike to UAJY
Peta kampung wisata gajah wong
Gajah Wong Education Park
Gajah Wong Educational Park
Salah satu kampung hijau yang berada didekat pusat kota adalah Kampung Hijau Gambiran. Tempatnya berada di Gambiran baru, RW 08, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo. Dekat bukan? Kampung ini cukup mudah kita akses memakai sepeda, dan beberapa bulan yang lalu aku dan teman-temanku sudah mengujungi kampung ini dengan bersepeda.

Kawasan Kampung Hijau Gambiran
Taman Gajah Wong Educational Park
Taman Gajah Wong Educational Park
Masyarakat di Gambiran ini sangat berkomitmen melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan melakukan Pengelolaan Sampah Mandiri, Sanitasi IPAL, Penghijauan, Pembuatan Taman, dan tidak ketinggalan mengelola Sungai Gajahwong yang berbatasan dengan kampung Gambiran tersebut. Tepatnya disebelah timur Kampung Hijau Gambiran.
Taman bermain di Kampung Hijau Gambiran
Fasilitas permainan di Taman Kampung Hijau Gambiran
Fasilitas permainan di Taman Kampung Hijau Gambiran
Kampung Hijau Gambiran ini memiliki taman yang cukup luas untuk tempat bermain, khususnya untuk anak-anak. Disini ada beberapa fasilitas permainan anak-anak yang dapat dipergunakan. Selain itu konsep tamannya pun cukup membuat anak-anak menjadi senang saat berlibur kesini. Disini juga terdapat fasilitas kamar mandi, serta beberapa tempat sampah yang tersedia untuk tempat kita membuang sampah.

Ada juga yang cukup menarik bagi para pesepeda. Di Kampung Hijau Gambiran ini disediakan tempat parkir sepeda yang cukup banyak. Jadi tidak usah khawatir mau parkir dimana sepedanya. Tapi jangan lupa kalau diparkir tetap digembok/dikunci untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.
Parkiran sepeda di kampung Hijau Gambiran
Sepeda terparkir di Kampung Hijau Gambiran
Tempat parkir sepeda tersusun rapi di Kampung Hijau Gambiran
Tempat parkir sepeda tersusun rapi di Kampung Hijau Gambiran
Bagaimana? Tertarik untuk bermain di Kampung Hijau Gambiran? Mungkin ini adalah salah satu tempat alternatif untuk bermain bagi keluarga kita. Khususnya bagi keluarga yang mempunyai anak kecil dan tidak banyak waktu yang luang untuk bermain keluar kota Yogyakarta. Dimanapun kita berlibur, kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan tersebut. Dan kita harapkan disetiap kota di Indonesia akan ada kampung-kampung hijau lainnya yang dibangun, dengan bertujuan untuk membuat tempat kita lebih asri dan nyaman. 
Baca juga postingan yang terkait 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. tumbuh-tumbuhannya kurang tertata, tapi secara keseluruhan sudah baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tapi sudah cukup menyenangkan kalau kita membawa anak-anak kecil buat main disini :-)

      Delete