Outbond di Bumi Perkemahan Wonogondang, Sleman

Melakukan acara outbond bareng komunitas adalah suatu keharusan pada saat kita sedang makrab. Begitupun dengan aku, beberapa bulan lalu sedang mengikuti outbond di bumi perkemahan wonogondang, yang terletak di Sleman, Jogjakarta, dan berjarak sekitar 8 km dari puncak gunung merapi. Jadi bisa dipastikan hawanya akan lebih dingin dibanding saat kita berada dikota Jogja.

Kawasan ini memang sudah dirancang untuk kegiatan outbond. Disini sudah lumayan lengkap fasilitasnya. Jadi saat kami datang kesini, kami menyewa beberapa pondok (rumah kecil) dan sebuah pendopo untuk kegiatan lainnya. Alhasil acara demi acara berjalan lancar, dan bisa tidur nyenyak untuk menyambut outbond dihari berikutnya.

Begitu pagi, kami semua dibangunkan. Walau aku salah satu diantara senior, tapi nggak luput juga dari terjangan panitia untuk membangunkan. Akhirnya kami berhasil dipaksa untuk mengikuti senam pagi dan berlanjut mengikuti games yang sudah dipersiapkan. Kayaknya para panitia sengaja mengatur kami yang senior-senior menjadi satu kelompok. Hasilnya dapat dipastikan acak-acakan, permainan pertama adalah bermain dengan sebatang bambu. Tujuannya meletakkan bambu bersama-sama tapi tidak boleh miring. Duh susahnya Ya ALLAH. Ada-ada saja permainannya.
Bekerjasama dalam tim untuk sebuah permainan
Menyeimbangkan sebuah bambu.
Menyeimbangkan sebuah bambu. Susahnya! (dok. ALUS IPI JOGJA)
Fasilitas permainan outbond lainnya yang tersedia disini salah satunya adalah “Lompat Tarzan” katanya. Jadi kami semua diwajibkan melompati kubangan yang berisi air. Dan kamipun nurut saja dengan apa yang mereka perintahkan. Selanjutnya permainan mengisi pipa bocor sampai penuh. Tujuannya untuk mengeluarkan dua bola kecil, gila deh permainan ini, serasa jadi anak TK lagi. Kami berbasah-basahan dan yang pasti permainan ini failed karena kami tidak bisa membuat pipa penuh airnya.
Jumping!!!
Ini bukan Tarzan loh. (dok. ALUS IPI JOGJA)
Permainan mengisi pipa bocor
Isi terus pipanya sampai penuh
Permainan mengisi pipa bocor. Kapan penuhnya? (dok. ALUS IPI JOGJA)
Setelah itu permainan outbond dilanjutkan dengan game-game lain yang tidak kalah serunya. Dan yang terakhir adalah permainan meniti sebatang bambu. Permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dengan disertai keseimbangan badan yang cukup, hasilnya kelompokku kembali gagal total. Yang pasti outbond disini sangatlah menyenangkan.
Kayak tentara melewati rintangan tembok
Meniti sebuah bambu dan melewati kubangan
Meniti sebuah bambu dan melewati kubangan (dok. ALUS IPI JOGJA)
Mungkin jika kalian ingin merasakan outbond disini, kalian bisa mengajak siswa kalian (yang guru), teman kalian, atau siapa saja deh. Enggak ada salahnya untuk mengunjungi dan mengikuti outbond dikawasan bumi perkemahan ini. Karena disini kita bisa menyatu dengan alam. 
Baca juga postingan yang terkait

Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment