Hian Thian Siang Tee, Kelenteng Tertua di Indonesia

Jum’at pagi, tetapnya tanggal 31 Januari 2014 aku pulang ke Jepara. Kali ini tujuanku tidak untuk pulang kerumah di Karimunjawa, hanya saja aku ingin bermain-main mengelilingi Kota Jepara saat long weekend. Setelah naik bis dari Jogja – Kartosuro – Semarang – Jepara, akhirnya aku sampai di Jepara. Tujuan pertama yang aku kunjungi adalah Kelenteng Hian Thian Siang Tee yang terletak di Welahan, Jepara.
Berfoto dulu didepan Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Welahan, Jepara
Kelenteng tertua di Indonesia, Hian Thian Siang Tee, Jepara
Kelenteng tertua di Indonesia, Hian Thian Siang Tee, Jepara
Bagian depan Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Welahan, Jepara
Kelenteng Hian Thian Siang Tee merupakan kelenteng tertua di Indonesia. Hal ini dapat diruntut dari sejarahnya di Wikipedia. Sampai di Welahan (pasca banjir) aku menyusuri jalanan Pasar Welahan untuk menuju kelenteng. Walau aku orang Jepara, tapi baru kali ini aku mengunjungi kelenteng Hian Thian Siang Tee tersebut. Sempat beberapa kali tanya orang setempat akhirnya aku sampai juga di kelenteng Hian Thian Siang Tee.
Salah satu patung didepan Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Welahan
Salah satu lukisan didepan Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Welahan
Didepan pelataran Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Welahan
Didepan pelataran Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Welahan
Kelenteng ini ternyata sepi, walau hari Imlek tapi tidak begitu ramai. Setelah aku bertanya ke beberapa orang di dalam kelenteng ternyata acaranya Imleknya sudah berlangsung malamnya. Aku meminta ijin untuk sekedar mengabadikan beberapa sudut kelenteng tertua di Indonesia ini. Aroma dupa masih begitu terasa saat aku memasuki kelenteng ini, sayang aku hanya diperbolehkan mengambil gambar bagian luarnya saja. Sedangkan bagian dalam yang tertutup oleh tirai tidak diperkenankan karena privasi.

Begitu aku keluar dari Kelenteng Hian Thian Siang Tee, ternyata aku diberi tahu beberapa orang kalau didekat sana juga ada kelenteng. Aku langsung tertarik dan mengunjunginya. Ternyata memang ada bangunan yang mirip dengan kelenteng Hian Thian SiangTee. Hanya saja, ini lebih kecil dan berbentuk seperti pendopo. Didepan gapura masuk ada tulisannya “Gerbang Damai Sejahtera”. Aku mulai bertanya kepada penjaganya, ternyata bangunan yang pertama kali dibangun bukanlah kelenteng Hian Thian Siang Tee, melainkan sebuah bangunan kecil di depan tempat ini.
Bangunan seperti pendopo di komplek Kelenteng Welahan, Jepara
Gerbang Damai dan Sejahtera di Welahan, Jepara
Bangunan tertua sebelum Kelenteng Welahan
Bangunan tertua sebelum Kelenteng Welahan
Bangunan kecil ini awalnya dibangun untuk ritual ibadah orang-orang Tinghoa, dan sampai sekarang pun masih dipakai. Komplek bangunan kelenteng ini tidaklah berjauhan, antara kelenteng Hian Thian Siang Tee dengan banguan satu hanya berjarak sekitar 100 meter saja. Dan lokasinya tepat berada ditengah-tengah pasar Desa Welahan, Jepara. Jadi cukup bisa diakses dengan berjalan kaki dari jalan raya.

Bagaimana tertarik untuk mengujungi kelenteng Hian Thian SiangTee? Atau mau sekedar berakhir pekan bermain ke kelenteng ini? Ya mungkin kelenteng ini kalah pamor dengan kelenteng Ceng Ho di Semarang atau kelenteng-kelenteng lain di Indonesia. Tetapi kelenteng Hian Thian Siang Tee ini adalah yang tertua di Negeri kita. Tetap saja ada keunikan dan cerita tersendiri kalau kita bisa mengunjungi kelenteng ini.
Baca juga postingan lainnya
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. Wah kecamatan d desasaya itu Mas
    Keren kalau baca tulisannya malah...

    ReplyDelete