Taman Kanal Jepara, Tempat Santai Alternatif di Jepara

Jepara mempunyai banyak tempat indah untuk berwisata. Hampir sebagian besar adalah wisata alam (pantai). Selain itu, Jepara juga dikenal dengan hasil ukirannya yang sudah tidak diragukan lagi. Tiga bulan lalu (13 September 2014), ketika aku bersepeda ke beberapa pantai di Jepara, aku menyempatkan untuk melihat ruang publik lain yang berpotensi sebagai tempat bersantai warga sekitar Jepara. Aku singgah sejenak adalah Taman Kanal Jepara. Sebuah taman kota yang akan dikonsep menjadi salah satu tempat untuk wisata alternatif bagi warga setempat.

Sebenarnya ada beberapa taman yang bisa dijadikan tempat tongkrongan santai di Jepara. Bisa di Taman Kerang, Pengkol (sayang waktu kemarin nggak terdokumentasikan), Taman dekat pintu masuk pantai Kartini, Taman Alun-alun Kota Jepara, Taman Kanal, dan banyak lagi lainnya. Taman Kanal ini berada dialiran sungai Kanal dan terletak didesa Potroyudan, Jepara. Banyak bangku-bangku permanen yang dibuat oleh pemerintah setempat dikawasan ini. Saat aku bersepeda kesini agak sepi, karena memang pukul 12:00 wib. Ada disudut lain beberapa siswa sedang nongkrong. Disini ada jembatan kecil yang dinamakan Jembatan Merah, ini adalah jembatan yang sering dilewati oleh warga untuk menuju Panggang, ataupun ke Potroyudan dari arah Senenan.
Jembatan Merah di sungai Kanal, Jepara
Jembatan Merah di sungai Kanal, Jepara
Taman Kanal ini relatif masih baru. Waktu aku santai seraya menikmati es dawet buatan PKL disini, ada beberapa orang pekerja sedang memperbaiki trotoar dan kursi-kursi permanen. Disekeliling taman ini belum begitu rimbun karena pepohonan masih baru. Semoga kawasan ini bisa menjadi kawasan hijau pada nantinya. Sehingga akan membuat Jepara lebih sejuk disudut bantaran sungai Kanal. Sangat indah jika nantinya sudah rimbun dan jadi, sekitar jalan trotoar sangat luas dan ditepian jalan banyak pepohonan yang tumbuh, jika nantinya besar tentu bakalan rindang.
Tempat duduk permanen disepanjang Kanal
Tempat duduk permanen disepanjang Kanal
Tempat duduk permanen disepanjang Kanal
Tempat duduk permanen disepanjang Kanal
Selain banyak kursi pernamen dengan berbagai bentuk, tidak lupa juga disediakan beberapa tempat sampah. Tempah sampah ini ada dibeberapa titik dekat dengan kursi permanen dan ditepian jalan. Cukup jelas tersirat kalau konsepnya sudah bagus, dengan menyediakan tempat sampah  seperti ini, kita dituntut untuk membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan sekitar tetap bersih. Jika sampah-sampah itu hanyalah dedauan yang rontok, tentu tidak berdampak signifikan. Tapi apabila yang tersebar adalah sampah plastik, tentu ceritanya lain. Semoag kita bisa sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.
Tempat sampah yang disediakan di Taman Kanal, Jepara
Tempat sampah yang disediakan di Taman Kanal, Jepara
Harapan terbesar bagiku adalah semakin banyak taman kota dengan konsep penghijauan seperti ini. Sebuah kota akan dikatakan indah selain karena masyarakatnya ramah, jalannya nyaman dan luas, tapi juga dengan memperhatikan fasilitas umum dengan memberikan tempat bermain untk warganya. Setiap tahun aku pasti akan memalui tempat ini kalau pulang ke Jepara naik bis, semoga tahun 2015 nanti tempat ini sudah seperti yang aku bayangkan. Indah, asri, hijau, dan bersih.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar :

  1. Sepertinya tamannya masih terasa panas yaa?

    ReplyDelete
  2. wah bener banget mas semakin banyak taman maka kota akan semakin hijau indah berseri hayeehh segerr pasti ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, ini juga baru membangun :-D
      Semoga bisa sesuai rencana dan hijau

      Delete
  3. Jepara akan menyusul Bandung nih, yg akan semakin banyak taman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi konsep taman Bandung benar-benar keren mas :-)

      Delete
  4. Taman Kanal fasilitasnya lengkap ya. Kursinya banyak dan tempat sampahnya ada. Sayangnya kok pohonnya belum rindang. Trus kok masih sepi ya. Mungkin datengnya siang-siang. Kalau sore kayaknya rame nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangunannya masih baru mas, Waktu aku kesini masih ada beberapa spot yang dikerjakan. Terus pohonnya juga masih kecil, sepertinya ertengahan tahun 2015 bakalan hijau dan rimbun

      Delete
  5. taman kanal belum cukup perawatan, jadi belum ada banyak pohon yang rindang.
    andai aja jepara banyak pohon-pohon besar pasti sejuk sekali yaa .. hehe
    thakns infonya, keep share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :-)
      Semoga kedepannya Taman seperti ini banyak di Jepara dan kota-kota lain

      Delete