Rolasan di Masjid Sulthoni di Kepatihan

Malioboro memang sudah dari dulu menjadi tempat tujuan belanja para wisatawan luar kota maupun orang Jogja sendiri. Seperti saat menjelang lebaran, begitu kita beranjak ke Malioboro, tumpah ruah orang berbelanja disetiap sudut perbelanjaan sepanjang Malioboro. Begitu meriah, dan malah terlihat macet.

Jika kita berbelanja sekitar menjelang saat sholat seperti Dhuhur, Asyar, ataupun Magrib. Pastinya para pengunjung yang beragama muslim sibuk mencari tempat sholat. Ada beberapa mall yang meyediakan tempat sholat, tetapi tidak sedikit pula pengunjung yang kebingungan mencari musholla tau masjid terdekat disepanjang Malioboro. Jika kesulitan, pengunjung bisa menuju masjid di Kepatihan.
 Pintu gerbang menuju masjid dari jalan Malioboro
Pintu gerbang dan jalan menuju masjid dari jalan Malioboro
Pintu gerbang dan jalan menuju masjid dari jalan Malioboro
Ya sebuah masih yang bernama “Masjid Sulthoni” berdiri disana. Walau tidak terlalu besar, tetapi begitu nyaman untuk kita gunakan menjalankan ibadah sholat bagi pengunjung muslim. Masjid ini berada dikompleks Kepatihan. Masuk dari jalan malioboro dan menuju ke dalam Kepatihan. Ikuti saja jalanan tersebut, pasti nanti ketemu masjidnya.
Masjid Sulthoni Kepatihan, Malioboro
Masjid Sulthoni Kepatihan, Malioboro
Masjid Sulthoni Kepatihan, Malioboro
Masjid Sulthoni Kepatihan, Malioboro
Sudah beberpa kali aku sengaja sholat dimasjid ini kalau bermain ke Malioboro. Entah aku lebih senang sholat dimasjid ini daripada dimasjid-masjid terdekat lainnya. Mungkin karena tempatnya agak di dalam sehingga tidak terlalu banyak pengunjung yang mengetahui. Atau mereka sudah tahu tapi enggan karena agak jauh jalannya.

Mungkin diantara kalian yang bermain ke malioboro pernah sholat atau sekedar beristirahat dimasjid ini? Mungkin masjid ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi kalian yang masih kebingunang mencari tempat untuk melaksanakan ibadah sholat.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 komentar :

  1. Klo shalat di sini, penitipan sandalnya dijagain dan dimintain uang nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokernya nggak ada yang jaga, waktu aku kesana asal aku taruh dirak :-D

      Delete
  2. oiya, aku pernah liat, tapi belum pernah sholat disana, wong udah malem, hehe

    ReplyDelete
  3. Heeee, kalo malam nunpang isirtahat bentar :-D

    ReplyDelete
  4. Di masjid ini ada atap alumunium buka tutup nya. bisa dibuka saat udara cerah, dan ditutup saat hujan turun. Saya yg mengerjakan proyek ini :) bangga ikut serta dalam program pemugaran masjid ini kala itu.

    ReplyDelete