Apa Sih Untungnya Ikut Kumpul Reboan?

Beberapa teman ada yang bertanya di akun FB-ku perihal rutinitas kumpul sepeda (reboan) dibunderan UGM. Mungkin bagi mereka rutinitas ini hanya menghabiskan waktu saja, atau malah mereka tertarik ingin mengetahui apa yang kami lakukan. Baiklah, aku terangkan sedikit mengenai keuntungan ikut kumpul reboan. Khususnya mereka yang mempunyai ataupun hobi bersepeda.

Bagi kita tentu keuntungan yang paling mendasar adalah menambah jalinan persaudaraan. Percaya atau tidak, kenyataannya setiap kita berkumpul dan saling ngobrol dengan tema apapun, setiap pekan sekali kumpul tentu jalinan persaudaraan kita semakin kuat. Minimal dari pertama tidak kenal menjadi kenal, dan dari kenal kita bisa lebih akrab. Benar tidak? Itu adalah keuntungan yang paling berharga.
Kumpul reboan tanggal 14 Januari 2015
Kumpul reboan tanggal 14 Januari 2015
Kumpul reboan tanggal 28 Januari 2015
Kumpul reboan tanggal 28 Januari 2015
Keuntungan lainnya adalah kita dapat berkonsultasi mengenai sepeda kita dengan gratis. Dengan berkumpul setiap hari rabu, kita dapat ngobrolin tentang sepeda. Walau tidak selalu topiknya tentang sepeda. Tapi kalau misalnya sepeda kita sedang terasa kurang enak atau ingin mengupgrade sepeda, kita bisa berkonsultasi dengan teman-teman yang lebih paham. Semua masukan bisa kita tampung, lalu kita putuskan apa-apa yang harus kita lakukan.

Selain itu kita juga bisa mencuri ilmu mereka, mencuri cara-cara mereka saat melakukan perjalanan jauh. Bahkan mungkin kita bisa ikut bergabung saat teman-teman ini melakukan perjalanan jauh/touring. Kalaupun misalnya kita ingin berpergian jauh sendirian, kita bisa meminjam peralatan yang mungkin mereka punyai dan tidak sedang dipakai. Lumayan kan, daripada kita beli mending pinjam dulu (yang penting dijaga dan dikembalikan dengan utuh).

Ini keuntungan yang berkaitan dengan sepeda. Keuntungan lain yang tidak ada kaitannya dengan sepeda adalah menenangkan otak. Bayangin saja, setelah seharian kita bekerja atau kuliah maupun aktifitas lain tentu pikiran kita sering kali jenuh dan lelah. Dengan kumpul reboan, kita lupa sejenak tentang kesibukan yang kita lakukan dikerjaan. Bersantai seraya melihat orang yang berlalu-lalang dibunderan sambil ngobrol. Lambat laut otak kita menjadi lebih tenang dan kembali fresh.

Keuntungan lainnya apa ya? Hemmm, pokoknya kalian tidak akan menyesal kalau ikut kumpul reboan. Jika kalian tidak mempunyai sepeda, aku jamin kalian akan tertarik dengan sepeda. Jika kalian mempunyai sepeda, aku yakin kalian ingin lebih lama untuk mengayuh pedal sepeda. Kalau kata teman yang sering kumpul reboan itu seperti ini “Mengayuh pedal sepeda itu untuk menyenangkan pikiran, bukan untuk kebut-kebutan,” Mantap toh? Kalau tertarik, silakan ikut kumpul reboan diawal bulan Februari mendatang. 
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

18 komentar :

  1. Keuntungan yang menarik di sini bagi saya adalah ketentraman batin dan juga OTAK seperti yang sudah disebutkan dalam artikel ini,. Penat juga rasanya 1 mingguan berkutat dengan rutinitas, Ingin rasanya FRESH dan pikiran yang segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang penting pak, biar nggak terasa jenuh terlalu lama :-)

      Delete
  2. itu enaknya klo punya komunitas, bisa share dan dapet info gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar heee, Turut berduka atas blognya mas. Tapi aku sudah follow blog yang baru kok.
      Tetap semangat menulis :-)

      Delete
  3. wah kayak komunitas blogger jogja, juga kumpul di hari rabu, namanya raul (rabu kumpul). malam hari biasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, komunitas backpaker Jogja juga rabu malam, sampai sekarang belum pernah bisa ikut KBJ :-(

      Delete
  4. Yang jelas untuk menjalin tali pertemanan bahkan persaudaraan..

    ReplyDelete
  5. kalau ngumpul seperti reboan bagi pecinta sepeda itu tidak ada ruginya, bisa belajar banyak dari anggota lainnya dan hal yang perlu dilakukan dalam dunia persepedaan....banyak juga akhirnya ya gan...ok deh menarik dan patut dicontoh pada beberapa komunitas sepeda di beberapa daerah...karena sekarang udah mulai layu dan jatuh berguguran satu persatu. ok happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya reboan ini yang menggagas adalah B2W Jogja, terus kami para UGM Bersepeda ikut nimbrung. Lumayan, awalnya mati suri terus hidup lagi berkat tmn2 b2w jogja, fedjo dll :-)

      Delete
  6. enak juga ya ga bisa kumpul bareng, bersepeda selain menyehatkan dan bisa saling sharing juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ....dan yang paling menyenangkan itu ternyata sesama pesepeda tingkat solidaritas persaudaraannya tinggi banget :-)

      Delete
  7. Kalau ada acara kumpul seperti ini, rasanya jadi bisa berbagi dan lepas dari rutinitas yang padat ya Kang. :D
    Apalagi sesama pecinta sepeda yang satu hobi, kayanya akan ada saja ide cemerlang yang lahir di sana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, jadi bisa mengagendakan kegiatan-kegiatan untuk akhir pekan

      Delete
  8. Reboan = kopdar = menambah manfaat = bisa referensi calon suami/istri bagi yg msh jomblo = jempol.

    @nuzululpunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu yang terakhir kayaknya susah, lha rata-rata yang kumpul cowok :-)

      Delete
  9. Nggak ada reboan buat wanita di sana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya itu terbuka untuk siapa saja, tapi biasanya yang cewek segan karena memang dominan cowok yang kumpul. Pernah sih beberaapa kali ada ceweknya

      Delete