Ayam Berkokok dan Anjing pun Menyalak

Ayam Jago dan Anjing
Ilustrasi: Ayam Jago dan Anjing (sumber: tralfaz.blogspot.com)
Malam ini aku sedang berbincang santai dengan teman-teman kos. Obrolan ini tidak pernah lengkap tanpa kehadiran Sariman. Kami membahas tentang carut-marutnya negeri tercinta ini, mulai dari kisruh Jakarta, wacana pemberian remisi untuk para pencuri uang rakyat, sampai hal-hal yang berbau mitos. Contohnya Sariman, sebelum Negara kita gempar mengenai “Batu Akik”, dia sudah mempunyai lebih dari tiga Batu Akik. Aku curiga, mungkin fenomena Batu Akik ini karena ulah Sariman. Tapi seperti apapun Sariman, dia tidak mau dikenal dan menjadi trending topic di sosmed seperti sosok yang satu itu.

Cukup lama kami berbincang santai, seraya menikmati segelas kopi panas dan beberapa bungkus rokok. Dari sini kami bisa melihat bagaimana polah Sariman jika dia sedang tidak membawa HP. Kalau dilihat dari jauh, dia itu sudah mirip salah satu vokalis band di Indonesia. Ya, memang kharisma Sariman tidak pernah luntur dikalangan cewek-cewek. Dia tetap menjadi magnet idaman cewek. Tanpa sengaja kami mendengar Ayam jantan/jago berkokok di malam hari.

“Tumben banget jam segini ayam jagonya berkokok,” Celetuk Tambor heran.

“Pukul berapa sekarang, Man?” Tanya Tambor ke Sariman.

“Jam tanganku ini mati kok, bang,” Jawab Sariman dengan polosnya.

Luput koe, Man” Sahut Doni tertawa.

Yah, kami lupa kalau memang jam tangan Sariman itu mati. Bahkan sudah lebih dari tiga bulan jam tangan itu tidak pernah berfungsi. Namun kami semua heran, ada apa dengan Sariman sampai segitu sayangnya dengan jam tangan. Jangan-jangan jimat dia ada pada jam tangan tersebut.

“Kalau di tempatku, ayam jago berkokok malam hari itu sudah biasa, bang,” Kata Sariman serius.

“Oya? Kok bisa begitu, Man?” Sahutku tertarik.

“Fenomena itu namanya, bang. Biasanya kalau malam ayam jago berkokok, rata-rata paginya pasti banyak Anjing yang menyalak.”

Jiahhh, Sariman udah berlagak seperti peneliti. Dipandanginya kami satu persatu. Mirip dosen yang lagi memperhatikan mahasiswanya, kemudian dia menyulut rokok dan mulai bercerita.

“Kalau ditempatku, bang. Tiap malam ayam jago berkokok, dan bisa dipastikan setiap pagi hari banyak suara Anjing menyalak keras,” Kata Sariman.

“Kau mau mendongeng, Man?” Potong Tobing cepat.

“Wah, bang Tobing. Ini aku mau cerita beneran, bang,” Sambar Sariman cepat.

“Ya sudah, lanjutkan, Man,” Tobing pun mengalah.

Disedotnya sebatang rokok dalam-dalam, dan Sariman mulai bercerita. “Tempatku kalau malam warganya banyak yang kursus matematika. Kalau malam mereka kumpul di posko, lalu mencoret-coret angka yang kunci jawabannya belum diketahui.”

“Kalo cerita yang jelas, Man. Ojo ngalor – ngidul,” Cerocosku.

Nganu, bang. Jadi begini,” Kata Sariman menjelaskan.

“Kampungku dulu banyak yang pasang Togel. Jadi kalau malam mereka rembukan mencari kira-kira angka berapa yang keluar, minimal tahu buntut­-nya. Lha kan kalau sudah yakin dengan angkanya, mereka menjago-jagokan angka yang mereka pasang. Mak bedunduk pas pagi yang keluar angkanya beda. Weh ramai bang, itu Anjingnya keluar semua, nggak cuma Anjing, kadang Jangkrik dan Setan pun keluar semua,” Kata Sariman seraya terkekeh menahan tawa.

Ealah!! Ndasmu, Man. Dirungokke tenanan malah ndongeng,” Kataku sedikit dongkol.

“Benar toh, bang. Kalau malam Jago-nya berkokok, paginya Anjingnya menyalak. Lah yang dipasang nggak tembus,” Ujar Sariman pasang muka sok pintar.

“Bodat kau, Man!!” Teriak Tambor dan Tobing berbarengan.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

20 komentar :

  1. kalau di kampung asalku, bang #mitosFakta blm ada penelitian, klu ayam berkokok malam tandanya ada perempuan yg hamil *maaf diluar nikah hihihi coba tanyakeun ke sariman benar apa enggaknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, aku juga pernah dengar seperti itu :-D

      Delete
  2. hahaha semua penghuni kebun binatang keluar semua :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin penghuni kebun binatang jenuh di dalam mbak :-D

      Delete
  3. hahahahahahahaha. begitu toh ceritanya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau daftar jadi murid spiritualnya Sariman? :-D

      Delete
    2. takut nanti ulangan matematika nilainya kebun binatang,wkwkwkwkw

      Delete
    3. Lumayan toh, nanti dapat bebek (2), ular (1). Lebih seru dapat telur, bisa didadar :-D

      Delete
    4. dapat telur batu akik ya. hehehe

      Delete
    5. Malah senang kalu itu, yang Bacan ya haaaa

      Delete
  4. oooo, jadi fenomena batu akik itu gara-gara Sariman ya, hahahha... Aku suka judulnya mas.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi mbak, dia pakai akik juga loh mbak. :-D

      Delete
  5. hahaha iya nih dimana-mana lagi demam batu akik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending demam akik daripada demam berdarah :-D

      Delete
  6. Wah Sariman ama Salman beda tipis yak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tetap Sariman tak tergantikan, mas :-D

      Delete