Melihat Pemandangan Indah dari Watu Amben

Jika ada teman yang berkata “Aku ingin melihat kota Jogja dari atas” terbesit dalam benak kita adalah Bukit Bintang, di Patuk, Gunungkidul. Ya salah satu tempat yang sangat strategis untuk melihat keramaian kota Jogja dimalam hari. Selain itu, faktor lokasi yang hanya ditepian jalan menjadi nilai plus tersendiri, sangat mudah diakses dengan mudah. Tinggal naik ke Patuk, sampai juga kita di Bukit Bintang. Namun, tidak hanya ada satu tempat yang bisa kita datangi, ada tempat lain lagi yang tidak kalah menarik untuk melihat Jogja dari atas. Namanya Watu Amben.

Watu Amben ada di desa Pandeyan, lokasinya memang agak masuk ke dalam. Namun tidaklah sulit untuk kita datangi. Rute yang paling gampang tentunya dari Jogja; Jogja – Patuk – Perempatan GCD FM (belok kanan). Sekitar 1,5 km nanti sampai di lokasinya. Pada saat-saat tertentu, tempat ini berkabut dan lumayan membuat jarak pandang kita menjadi terbatas. Jadi harus tetap waspada. Aku pernah melewati Watu Amben saat bersepeda pulang dari Sri Tanjung, Dlingo, selain itu kali ini sepulang dari Curug Lepo, Dlingo; aku menyempatkan untuk singgah terlebih dahulu.
Watu Amben, Yogyakarta
Watu Amben, Yogyakarta
Watu Amben, Yogyakarta
Ditemani kabut yang lumayan tebal dan sedikit menutupi jarak pandang, kami (aku dan Charis) mengikuti jalanan dari arah Perempatan Terong. Sempat melewati salah satu sisi Hutan Pinus, akhirnya sampai juga di Watu Amben. Aku tidak tahu diambil dari istilah apa Watu Amben ini, aku rasa tetap ada hubungannya dengan dua bongkahan batu besar yang kami injak saat melihat Jogja dari ketinggian. Dari ketinggian sore berkabut dan mendung ini, aku dapat melihat keindahan di bawah. Pandangan ini paling jelas adalah melihat petakan sawah terbentang diantara rumah-rumah yang diapit bukit. Sementara dibalik bukit sana, terlihat rumah-rumah yang sangat padat. Tentu pemandangan ini akan lebih indah jika kita nikmati saat malam hari. Kami berdiri memandang ini pada saat pukul 15:00 wib.
Pemandangan dari Watu Amben
Pemandangan dari Watu Amben
Pemandangan dari Watu Amben
Sore ini memang tidak banyak orang yang berdiri di atas bongkahan batu dan memandang lepas ke bawah. Tapi bukan berarti hanya aku dan temanku saja, ada beberapa orang yang juga berdiri memandang kabut berarak-arak menyelimuti bagian bukit. Kami dan pengunjung lainnya pun terlarut untuk mengabadikan momen tersebut. Kabut ini bukan menjadi suatu penghalang keindahan, tapi malah menambah keindahan. Seakan-akan kami sedang disalah satu puncak tertinggi, padahal kami tidak jauh dari Bukit Bintang. Mengesankan bukan?
Singgah sejenak dan menikmati pemandangan alam
Singgah sejenak dan menikmati pemandangan alam
Ya, sejenak mata ini disuguhi pemandangan alam yang indah dari atas. Sebelumnya, masih terekam keindahan Blue Lagoon & Curug Lepo, Dlingo. Kali ini kembali kami bisa menikmati keindahan alam di antara arak-arakan kabut. Di manapun tempatnya, tetap saja keindahan itu selalu ada. Watu Amben memang belum terkenal layaknya Bukit Bintang, dan tempatnya pun agak di dalam. Tapi tidak ada salahnya untuk kalian yang sudah terbiasa dengan keindahan Bukit Bintang untuk melihat dari Watu Amben. Jaraknya tidak terlalu jauh dan cukup mudah diakses. Selamat mencoba menikmati pemandangan dari Watu Amben.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

14 komentar :

  1. Subhanallah. Pemandangan yang sejuk dan luar biasa terpampang jelas di sini. Benar benar mengagumkan, Sungguh besar ENGKAU ya ALLAH SWT. Subhanallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak sudut Jogja yang asri seperti ini, pak. Namun semuanya di pinggiran :-)

      Delete
  2. pemandangannya bener2 bagus deh :)

    ReplyDelete
  3. Pemandangan indah + udara yang sejuk bikin betah aja

    ReplyDelete
  4. Ini blog memang bikin aku takjub deh, kalau mampir kesini pasti pemandangan terus :) Pecinta alam yaa mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, terima kasih :-D
      Saya belum pernah jadi anggota pecinta alam, mbak haaa. Hanya seringnya nggak sengaja mampir ke tempat seperti ini :-D

      Delete
  5. waaah, seru juga nih. ala-ala Tebing Keraton di Bandung! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, di Jogja lagi musimnya mbak yang ramai itu tempat macam ini. Mungkin karena awalnya dari Kalibiru yang udah mulai tenar, sekarang banyak yang membuat konsep serupa :-D

      Delete
  6. Liat kabut nya pasti dingin banget
    Beberapa kali aku ke bukit bintang, nongkrong sambil ngopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo di sini lebih sepi, om. Bisa santai-santai banget haaa

      Delete
  7. kalo pas maen ke Watu Amben ( WA ),,monggo silahkan mampir di Warung Una,,paling utara bawah tower,,,fasilitas lengkap,,,view lebih luas & jelas,,,,,,( marketing mode on )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, siapa tahu nanti kalo lewat bisa singgah dan menikmati hidangan dari sana :-D

      Delete
  8. pemandangannya sangat indah dan tempatnya juga sejuk, nyaman sekali kalau pergi kesana untuk sekedar istirahat ya..

    ReplyDelete