Romantisme Sunset di Pantai Kartini, Jepara - Nasirullah Sitam

Romantisme Sunset di Pantai Kartini, Jepara

Share This
Romantisme senja di Pantai Kartini Jepara

Aku berkemas dari Jogja senin malam. Selasa dinihari sudah di Jepara. Berharap bisa menyeberang ke Karimunjawa, namun ternyata cuaca memburuk. Semua penyeberangan tidak berjalan, Syahbandar mengumumkan setiap pukul 15.00 WIB kalau besok kapal juga tidak berlayar.

Aku dan ratusan pemudik tertahan di Jepara selama dua hari (saat aku menulis tulisan ini). Seperti inilah nasib anak pulau kalau mau mudik, harus menggantungkan diri dengan cuaca. Selama di Jepara, aku menyempatkan untuk keliling tidak jelas. 

Menjajal angkot Jepara, main ke Alun-alun, atau malah asal jalan kaki tanpa tujuan. Beruntungnya, aku membawa helm dan jersei sepeda. Sore ini aku putuskan untuk berburu sunset di Pantai Kartini, Jepara. Pukul 17.00 WIB, aku mengayuh sepeda menuju Pantai Kartini.

Jarak rumah tante dengan pantai tidak jauh, sekitar 500 meter. Rasanya sangat cepat sudah sampai pantai. Aku menyusuri pintu gerbang tanpa membayar uang masuk. Lalu duduk santai di kursi permanen dekat landmark Pantai Kartini menanti senja. Sementara di ufuk barat, sang mentari sudah mulai ingin tenggelam.
Landmark tulisan Pantai Kartini
Landmark tulisan Pantai Kartini
Suasana Pantai Kartini sore ini cukup ramai, ternyata banyak yang ngabuburit di Pantai Kartini. Sengaja berkumpul dengan teman, bareng saudara, keluarga, atau dengan orang-orang spesial. Aku fokus dengan menunggu sunset, sehingga keriuhan para pengunjung tidak kuhiraukan. 

Bermodalkan kamera saku, aku mulai mengabadikan beberapa moment. Percaya atau tidak, lebih banyak cewek yang menunggu sunset daripada cowok. Dan seperti biasa, sayangnya aku lebih asyik menunggu senja daripada memperhatikan cewek yang berseliweran di hadapanku.

Sang mentari mulai menenggelamkan diri. Aku berusaha membidik dari kejauhan dengan tambahan objek gazebo dan bangunan Kura-kura Raksasa di Pantai Kartini. Bangunan Gazebo & Kura-kura Raksasa ini dikelilingi jembatan kecil. Ramai orang yang menunggu sunset di sana. 

Aku masih berusaha mengabadikan dari kejauhan tanpa aku zoom. Sayangnya tidak terlihat dengan baik karena batas kemampuan kamera, jauh lebih indah dilihat langsung. Kuposting di media sosial, katanya tempat sunset-nya romantis.
Sunset di pantai Kartini Jepara
Sunset di pantai Kartini Jepara
Kakiku pun gatal rasanya ingin menapaki jembatan kecil yang mengelilingi Kura-kura Raksasa. Aku mengayuh pedal sepeda, lalu memarkirkan di dekat jalanan tanpa aku gembok. Kembali aku berjalan menyusuri jembatan kecil dan bisa melihat sunset lebih jelas. 

Kali ini aku mencoba zoom agar terlihat lebih jelas. Hampir separoh mentari sudah hilang, aku pun mengabadikan lebih cepat. Lihat sendiri bagaimana sunset di sini, indah bukan? Tidak hanya aku, pengunjung lain yang ada di depan pun menikmati pemandangan ini. 

Ya, benar banget kalau sebenarnya Pantai Kartini itu lebih romantis kalo dilihat saat berbarengan dengan sunset. Pantas saja dari dulu sampai sekarang, banyak orang-orang yang menikmati sunset di sini.
Mentari hendak tenggelam di ufuk barat pantai kartini
Mentari hendak tenggelam di ufuk barat pantai kartini
Seperti lazimnya tradisiku untuk mengabadikan diri di pantai bareng sepeda. Sebuah kelakuan yang dibilang salah satu orang kalau itu salah satu tanda dari *Traveller Pemula di salah satu tulisan beberapa waktu lampau yang sempat ngehits dibaca banyak orang. 

Aku dengan sigap mengatur setelan kamera dengan 10 detik + 3 jepretan. Oya, aku mengabadikan ini sebelum menyusuri jempatan kecilnya, jadi seraya menunggu sunset. Sudah terealisasikan juga bersepeda di sini kala senja.
Bersepeda ke pantai kartini
Bersepeda ke pantai kartini
Pantai Kartini, di antara keriuhan para pengunjung yang biasanya hilir-mudik untuk menaiki kapal dan menyeberang ke Karimunjawa mempunyai pemandangan indah saat sore hari. Sunset di manapun itu memang indah. Termasuk di Pantai Kartini ini.

Senja dengan pemandangan laut yang warna langit kuning kemerahan, yang membuat mata tak bosan memandang disertai ungkapan rasa takjub dengan ciptaan Allah. Aku pun ikut menikmati pemandangan ini, pemandangan yang sempat melupakan kegalauan hati karena belum bisa menyeberang ke Karimunjawa.

“Hai Pantai Kartini, tempatmu memang sangat romantis kalau sore hari seperti ini, biarkan aku terlelap dalam suasana penuh kekaguman pada keindahan sunset-mu.”
*Pantai Kartini Jepara; Rabu, 15 Juli 2015

Baca juga tulisan yang lainnya 

31 komentar:

  1. Ternyata Kota Jepara tidak hanya terkenal karena ukirand an Mebelnya ya. Matahari terbenam di Pantai Kartini ini memang indah. Saya suka sekali dengan foto foto SUNSET. Apalagi jika ada siluetnya wowwwwwwwwwwwww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, daerah dekat pantai memang menggoda sunsetnya :-D

      Hapus
    2. cewek-ceweknya emang tidak menggoda mas ? :)

      Hapus
    3. Menggoda, tapi sengaja tidak memperhatikan, mas haaaa

      Hapus
  2. baru tau kalo kursor pc diarahin ke gambar, gambarnya berubah jadi hitam putih :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaa, iseng-iseng aja itu, mas :-D

      Hapus
    2. itu seninya mas nasirullah sitam ini mas.karna beliau suka desain template..

      Hapus
  3. memang indah juga mas dan pastinya romantis mas,heuehu
    jadi pingin liburan kesana nih,kali aja dapet jodoh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mau berlama-lama di sana haaaaa

      Hapus
    2. hmmm sudah kuduga
      bukan cuma ngincer sunset,pasti ada sesuatunya ya mas?,,,,cie cie cie :D

      Hapus
    3. Haaaa, sambil menyelam minum air laut *eh

      Hapus
  4. indah juga yamas pantai kartini ini, saya juga mau deh ajakin istri saya kesana deh.heuheu

    BalasHapus
  5. ih keren yah, jadi pengen ke sana...
    Nabung dulu ah... :D

    BalasHapus
  6. Indah banget, aku blum pernah liat langsung sunset di pantai.

    Namanya juga pantai Kartini, jadi pengunjungnya banyak ceweknya..

    BalasHapus
  7. uuuuuuuuuuu mantap memang kang, saya mau kesanalah

    BalasHapus
  8. waahh keren ya kalau pas sore hari.. pemandangannya bagus banget..

    BalasHapus
  9. pemandangan eksotik di pantai kartini, btw kalo ke pulau karimun kapal fery nya ada jadwalnya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti setiap senin, rabu dan sabtu ke Karimunjawa pukul 7 pagi :-D

      Hapus
  10. Pantai Kartininya kurang sore kang, di sana ada tempa yang enak untuk mojok kayanya tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, kang. Oya kok jarang posting minggu ini kang?

      Hapus
  11. Waaa jatuh cinta sama pemandangannya :D Kerennya sunset di pantai itu emang gak ada yang bisa ngalahin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaa, ternyata banyak yang jatuh cinta dengan sunset :-D

      Hapus
  12. Permisi saya mau tanya. Saya niatan mau gowes dari kudus ke jepara naik city bike, 7 speed. Kira kira aman gak ya? Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam mas. Untuk naik City Bike dengan jalur yang cenderung datar dari Kudus ke Jepara aman mas. Intinya tetap hati-hati dan atur tenaga. Kalau bisa tetap bawa toolkit dan cadangan ban dalam sepeda.

      Hapus

Pages