Romantisme Sunset di Pantai Kartini, Jepara

Mudik, ya edisi kali ini adalah mudik ke Karimunjawa. Aku berkemas dari Jogja senin malam (13 Juli 2015), akhirnya selasa dinihari sudah di Jepara. Berharap bisa menyeberang ke Karimunjawa, namun ternyata cuaca memburuk. Semua penyeberangan tidak berjalan, Syahbandar mengumumkan setiap pukul 15.00 wib kalau besok pun (Rabu, 15 Juli 2015) kapal juga tidak berlayar. Aku dan ratusan pemudik tertahan di Jepara selama dua hari (saat aku menulis tulisan ini). Seperti inilah nasib anak pulau kalau mau mudik, harus menggantungkan diri dengan cuaca.

Selama di Jepara, aku menyempatkan untuk keliling tidak jelas. Menaiki angkot Jepara, main ke Alun-alun, jalan kaki nggak jelas mau ke mana. Ahhh, sengaja beraktifitas daripada suntuk di kamar rumah tante. Beruntungnya, aku membawa helm sepeda + jersey saat mudik. Sore ini aku putuskan untuk berburu sunset di Pantai Kartini, Jepara. Pukul 17:00 wib, aku mengayuh sepeda (punya adek sepupu) menuju Pantai Kartini, berhubung jarak hanya 500 meter, jadi sangat cepat sudah sampai pantai. Aku menyusuri pintu gerbang tanpa membayar uang masuk. Lalu duduk santai di kursi permanen dekat landmark Pantai Kartini menanti senja. Sementara di ufuk barat, sang mentari sudah mulai ingin tenggelam.
Landmark Pantai Kartini, Jepara
Landmark Pantai Kartini, Jepara
Landmark Pantai Kartini, Jepara
Suasana Pantai Kartini sore ini cukup ramai, ternyata banyak yang ngabuburit di Pantai Kartini. Sengaja berkumpul dengan teman, bareng saudara, keluarga, bahkan pasangan *ahhh aku pun tidak ketinggalan dengan sepeda *nasib. Aku hanya fokus dengan menunggu sunset, sehingga keriuhan para pengunjung tidak aku hiraukan. Bermodalkan kamera pocket, aku mulai mengabadikan beberapa momen. Percaya atau tidak, lebih banyak cewek-cewek di sini yang menunggu sunset daripada cowok. Dan seperti biasa, sayangnya aku lebih asyik menunggu senja daripada harus melihat-lihat cewek yang berseliweran dihadapanku *nggaya dikit.
Beberapa pengunjung di Pantai Kartini
Beberapa pengunjung di Pantai Kartini
Waktunya tiba, iya sang mentari mulai menenggelamkan diri. Aku coba membidik dari kejauhan dengan tambahan objek gazebo dan bangunan Kura-kura Raksasa di Pantai Kartini. Bangunan Gazebo & Kura-kura Raksasa ini dikelilingi jembatan kecil. Sangat ramai orang yang menunggu sunset di sana. Tapi aku belum ada niat meniti jembatan kecilnya, aku masih berusaha mengabadikan dari kejauhan tanpa aku zoom. Ya, namanya juga kamera pocket; sunset kali ini indah sekali. Sayangnya tidak terlihat dengan baik karena batas kemampuan kamera pocket, jauh lebih indah dilihat dengan mata telanjang. Aku posting di medsos, katanya tempat sunsetnya romantis. Arrggghh, tetap saja romantis bagi yang berpasangan.
Sunset di pantai Kartini Jepara
Sunset di pantai Kartini Jepara
Sunset di pantai Kartini Jepara
Kakiku pun gatal rasanya ingin menapaki jembatan kecil yang mengelilingi Kura-kura Raksasa. Aku mengayuh pedal sepeda, lalu memarkirkan di dekat jalanan tanpa aku gembok. Kembali aku berjalan menyusuri jembatan kecil dan bisa melihat sunset lebih jelas lagi. Kali ini aku coba zoom biar terlihat lebih jelas. Hampir separoh mentari sudah hilang, aku pun mengabadikan lebih cepat. Lihat sendiri bagaimana sunset di sini, indah bukan? Tidak hanya aku, pengunjung lain yang ada di depan pun menikmati pemandangan ini. Ya, benar banget kalau sebenarnya Pantai Kartini itu lebih romantis kalo dilihat saat berbarengan dengan sunset. Pantas saja dari dulu sampai sekarang, banyak orang-orang yang menikmati sunset di sini.
Sunset di pantai Kartini Jepara
Sunset di pantai Kartini Jepara
Sunset di pantai Kartini Jepara
Seperti lazimnya tradisiku untuk mengabadikan diri di pantai bareng sepeda. Sebuah kelakuan yang dibilang salah satu orang kalau itu salah satu tanda dari *Traveller Pemula di salah satu tulisan beberapa waktu lampau yang sempat ngehit dibaca banyak orang. Aku dengan sigap mengatur setelan kamera dengan 10 detik + 3 jepretan. Oya, aku mengabadikan ini sebelum menyusuri jempatan kecilnya, jadi seraya menunggu sunset, aku mengabadikan diri terlebih dulu di landmark Pantai Kartini.
Berfoto di Pantai Kartini, Jepara
Berfoto di Pantai Kartini, Jepara
Pantai Kartini, di antara keriuhan para pengunjung yang biasanya hilir-mudik untuk menaiki kapal dan menyeberang ke Karimunjawa mempunyai pemandangan indah saat sore hari. Ya, sunset di manapun itu memang indah. Termasuk di Pantai Kartini ini, sunset khas pemandangan laut dengan warna langit kuning kemerahan, yang membuat mata tak bosan memandang disertai ungkapan rasa takjub dengan ciptaan Allah. Aku pun ikut menikmati pemandangan ini, pemadangan yang sempat melupakan kegalauan hati karena belum bisa menyeberang ke Karimunjawa.

“Hai Pantai Kartini, tempatmu memang sangat romantis kalau sore hari seperti ini, biarkan aku terlelap dalam suasana penuh kekaguman pada keindahan sunsetmu.”
Baca juga tulisan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

29 komentar :

  1. Ternyata Kota Jepara tidak hanya terkenal karena ukirand an Mebelnya ya. Matahari terbenam di Pantai Kartini ini memang indah. Saya suka sekali dengan foto foto SUNSET. Apalagi jika ada siluetnya wowwwwwwwwwwwww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, daerah dekat pantai memang menggoda sunsetnya :-D

      Delete
    2. cewek-ceweknya emang tidak menggoda mas ? :)

      Delete
    3. Menggoda, tapi sengaja tidak memperhatikan, mas haaaa

      Delete
  2. baru tau kalo kursor pc diarahin ke gambar, gambarnya berubah jadi hitam putih :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, iseng-iseng aja itu, mas :-D

      Delete
    2. itu seninya mas nasirullah sitam ini mas.karna beliau suka desain template..

      Delete
  3. memang indah juga mas dan pastinya romantis mas,heuehu
    jadi pingin liburan kesana nih,kali aja dapet jodoh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mau berlama-lama di sana haaaaa

      Delete
    2. hmmm sudah kuduga
      bukan cuma ngincer sunset,pasti ada sesuatunya ya mas?,,,,cie cie cie :D

      Delete
    3. Haaaa, sambil menyelam minum air laut *eh

      Delete
  4. indah juga yamas pantai kartini ini, saya juga mau deh ajakin istri saya kesana deh.heuheu

    ReplyDelete
  5. ih keren yah, jadi pengen ke sana...
    Nabung dulu ah... :D

    ReplyDelete
  6. Indah banget, aku blum pernah liat langsung sunset di pantai.

    Namanya juga pantai Kartini, jadi pengunjungnya banyak ceweknya..

    ReplyDelete
  7. uuuuuuuuuuu mantap memang kang, saya mau kesanalah

    ReplyDelete
  8. waahh keren ya kalau pas sore hari.. pemandangannya bagus banget..

    ReplyDelete
  9. pemandangan eksotik di pantai kartini, btw kalo ke pulau karimun kapal fery nya ada jadwalnya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti setiap senin, rabu dan sabtu ke Karimunjawa pukul 7 pagi :-D

      Delete
  10. Pantai Kartininya kurang sore kang, di sana ada tempa yang enak untuk mojok kayanya tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, kang. Oya kok jarang posting minggu ini kang?

      Delete
  11. Waaa jatuh cinta sama pemandangannya :D Kerennya sunset di pantai itu emang gak ada yang bisa ngalahin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, ternyata banyak yang jatuh cinta dengan sunset :-D

      Delete