Pernah Dengar Nama Pulau Gili Labak?

Suatu ketika salah satu temanku mengirimkan enam buah foto ke WA, di salah satu foto bertuliskan “Selamat Datang di Wisata Gili Labak”. Sebuah papan putih bertuliskan biru terpapang di salah satu pantai. Aku langsung tertarik untuk mengetahui di mana lokasi pantai tersebut. Sampai akhirnya, dari obrolan di WA, aku baru tahu kalau Gili Labak tersebut ada di Madura; tepatnya di Kecamatan Talang, Sumenep, Madura. Padahal awalnya aku mengira tempat ini bukan di Madura, hemmm ternyata pengetahuanku tentang pantai masih jauh dari kata “berwasasan luas”.
Plang Selamat Datang di Gili Labak
Plang Selamat Datang di Gili Labak
“Cutilah 3 hari, di sini kamu bakalan punya banyak bahan untuk nulis blog,” Dia menulis seperti itu.

Obrolan via WA berlanjut semacam mewawancarai temanku, dari sini aku paham kalau untuk menuju Gili Labak kita bisa melewati Kalianget. Rute yang dilalui temanku itu adalah Kalianget – menyeberang ke pulau Talango – lalu melewati sisi timur Pulau Talango sekitar satu jam. Kalau dari Kalianget sekitar 3 jam perjalanan. Aku melihat berbagai tulisan mengenai Gili Labak, ternyata memang sudah banyak yang menjadikan pulau ini sebagai tempat wisata. Pantai di sini mendukung banget untuk bersnorkeling, dari informasi temanku, dia harus menyewa alat snorkeling di beberapa tempat yang sudah tersedia. Dia ke sini sendirian dan tidak menggunakan biro. Untuk fasilitas dan akomodasi di pantai ini memang belum terlalu banyak, bahkan menurut teman masih banyak orang-orang yang tidak begitu lancar berbahasa Indonesia.
Sedikit keindahan dari Gili Labak Sumenep, Madura
Sedikit keindahan dari Gili Labak Sumenep, Madura
Sedikit keindahan dari Gili Labak Sumenep, Madura
Selain bagus untuk snorkeling, pantai ini juga mempunyai beberapa titik untuk Diving. Ups, hampir terlupakan; hamparan pasir putih di pantai Gili Labak ini juga membuat pemandangan lebih indah. Jejeran sampan tersandar di tepian pantai menjadikan pantai lebih indah. Jangan lupa keindahan bawah lautnya, terumbu karang yang masih bagus, begitulah kiranya temanku mendeskripsikan tentang pulau Gili Labak. Untuk kesekian kalinya, aku terpaku dan merasa tertarik untuk mengunjungi pulau ini. Bisa jadi ini adalah kode untuk sejenak meninggalkan meja kerja untuk menikmati pantai.
Hamparan pasir putih di Gili Labak, Sumenep, Madura
Hamparan pasir putih di Gili Labak, Sumenep, Madura
Hamparan pasir putih di Gili Labak, Sumenep, Madura
Sebenarnya Sumenep, Madura bukanlah tempat yang asing bagiku, waktu kecil (berumur 5 tahun) aku pernah singgah di sini. Bahkan, waktu kecil aku pernah menyeberang ke pulau Masalembo yang jarak tempuhnya 14 jam dari Kalianget. Pulau tersebut seperti di tengah-tengah antara Madura & Sulawesi, bahkan di pulau Masalembu bahasa yang digunakan adalah Mandar. Selain itu juga ada pulau Keramaian, Raas, Masakambing, dll. Jangan kaget, ibuku asil dari pulau Masalembu, jadi aku sedikit paham.

Aku jadikan pulau Gili Labak ini sebagai salah satu tempat yang kutulis dicatatan untuk dikunjungi jika ada waktu. Ya, Madura memang tidak kalah indahnya dengan pulau-pulau yang ada di sudut Indonesia lainnya. Selain Gili Labak, masih ada Raas, Gili Raja, Kangean, Sapudi, dan lainnya yang akan bersolek dengan keindahannya. *Foto dan data, penulis dapatkan hasil wawancara via WA dengan mas Bagus Prakoso Gunawan (teman yang berkunjung ke Gili Labak) pada tanggal 26 September 2015.
Baca juga tulisan lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

56 komentar :

  1. pemandangannya indah mas :)
    bisa buat tempat refreshing :)

    ReplyDelete
  2. Pulau masalembo serem nggak mas rula, kayak seserem di filmnya tuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak serem kok :-D
      Warganya aja ramah-ramah :-D

      Delete
  3. ala mak, indah kali pemandangannya :)

    ReplyDelete
  4. Nggak nyangka Madura punya banyak pemandangan indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Madura memang punya banyak pantai yang indaha, mbak :-)

      Delete
  5. Mantap pantai'a
    pasir putih lagi
    pengen juga kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita sama-sama ada waktu untuk ke sana

      Delete
  6. Woah bagus banget mas pasir pantainya, jadi kepengen langsung kesana :D

    ReplyDelete
  7. pantai yang indah, belum kesampaian kesana
    temen saya ada yg jadi tourguide khusus ke Gili Labak,
    katanya akhir pekan selalu rame, lagi diminati banget sama wisatawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semoga fasilitasnya semakin baik dan kebersihan tetap terjaga.

      Delete
  8. Salah satu lokasi yg belum ke sana...heeeee

    ReplyDelete
  9. Dan setiap harinya gue makin bangga sama negara ini yang cantiknya nggak kalah dari negara-negara lain.
    *kedip-kedip mata*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia memang kaya akan keindahan alam, tinggal bagaimana kita menghargai dan menjadikan alam yang indah tersebut terus dijaga, bukan dieksploitasi

      Delete
  10. kirain dikarimun java, teryata dimadura, keren ya pemandanganya, indah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, ini edisi dari cerita teman, jadi luar Karimunjawa :-D

      Delete
  11. pantainya putih ya. sepertinya lembut banget.
    saya mas baru tau dengan namanya.
    wawasan saya di mana nih ya. makasih mas udah di kasih tau.

    ReplyDelete
  12. Indonesia ini brarti emnag sangat kaya ya akan tempat wisata.

    ReplyDelete
  13. Indonesia memang banyak memiliki pulau - pulau indah yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya.. dan tentu saja kita sebagai warga indonesia harus senantiasa menjaganya agar keindahan dari pulau2 yang terdapat di Indonesia ini bisa terus tetap terjaga sampai Generasi mendatang...

    ReplyDelete
  14. Pantainya keren banget ...
    Saya juga baru tau pulau gili labak ini dari postingan mas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kita sama, mas. Aku tahu juga dari temanku :-D

      Delete
  15. indah banget ya pasir nya putih dan bersih air laut nya, kalo di daerah saya ada namanya pasir putih yang letaknya di pangandaran persis kaya pulai gili labak, bisa buat menyelam liat karang2, cuma ketinggian setengah meter aja udah keliatan karangnya, cobain deh kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa jadi ada planning untuk ke sana :-D

      Delete
  16. aaaaah semoga saja ada rezekinya bisa kesana

    ReplyDelete
  17. Wauw.. Masya Allah.. Amazing mas :D
    kalau udah ada rejeki siap meluncur kesana... Haha

    ReplyDelete
  18. Pas baca judulnya kirain di Bali :D
    Ternyata di Sumenep indah juga ya pantainya. Indonesia memang amazing dah
    Bersyukur banget jadi warga Indonesia \(^_^)/

    ReplyDelete
  19. Gue kira awalnya malah Lombok mas,
    Kan ada tuh 3 gili di sana, gili terawangan, air sama manuk kalau ga salah
    Rupanya di Madura juga ada Gili ya
    jadi pengen ke sana mas
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, sama dengan apa yang aku pikirkan awal, mas :-D

      Delete
  20. Yang saya tau, Madura itu sekeliling pantainya bagus semua, pasir putih, pernah sekali soalnya ke Madura, ke bagian Sumenep-nya, ujung timur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi Sumenep banyak pulau-pulaunya :-D

      Delete
  21. Jujur baru denger saya mas,,,mungkin kalo di tanya tentang pulau seribu saya tahu,,,karna saya memang orang pulau seribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa, saya malah belum pernah ke Pulau Seribu, mas :-)

      Delete
  22. wha ujung timur sana semoga segera manjamah mas mantap.....

    ReplyDelete
  23. pernah dengar tapi saya belum pernah kesana

    ReplyDelete