Banyak Kenangan di Angkringan KR Jogja

Sebagai pendatang yang sudah delapan tahun hidup di Jogja, banyak tempat yang menurutku meninggalkan kenangan indah. Salah satunya ada di Angkringan KR Jogja. Ya, kami dulu sering berkumpul dengan teman-teman di tempat ini, walau dulu hanya sekedar menikmati Es Tape ataupun Tape Susu Panas. Malam ini kembali aku mengunjungi Angkringan KR bersama teman-teman blogger. Tujuan kami hanyalah menikmati suasana Angkringan selepas merasakan pedasnya Ongseng-ongseng Mercon Bu Narti.

Ide ini muncul ketika teman-teman blogger macam Duo Insan Wisata, Kidsay, dan Om Cumi sedang menikmati malam dan menginginkan untuk sekedar menikmati Angkringan. Kami pun dalam satu mobil menuju Angkringan Batas Kota yang ada di Monjali, namun sampai di sana suasana sudah ramai. Akhirnya kami memutuskan untuk berbalik arah, terlebih di sana parkir mobil agak susah mencarinya. Sampai akhirnya kami memutuskan untuk berhenti di Angkringan KR yang notabene-nya ada tempat parkir. Manusia-manusia di dalam mobil pun turun, dan sejurus kemudian sudah terlarut dengan memilih menu makanan masing-masing.
Angkringan KR Yogyakarta
Angkringan KR Yogyakarta
Angkringan KR Yogyakarta
Tidak banyak yang ingin kami lahap, perut kami sebenarnya sudah disesaki makanan. Akhirnya kuputuskan untuk mengambil beberapa sate telur, ditambah teman yang lain mengambil gorengan secukupnya.

“Hanya ini saja?” Tanya Om Cumi ke arah kami.

“Cukuplah itu, om. Lagian perut juga masih kekenyangan,” Jawabku.

Tanpa menunggu banyak waktu, kami pun menuju kasir. Di sini, kita mengambil makanan dan memesan minuman terlebih dahulu. Sebelum kita bawa ke tempat makan, kita harus ke kasir dan membayar menu yang sudah kita pesan. Seperti itulah prosesnya; sebuah proses yang tidak penting kali untuk aku ceritakan. Yang paling penting sebenarnya adalah, aku gratis dan tidak membayar sepeser pun. *Itu info yang amat sangat penting.
Mengabadikan menu dan yang membayar :-D
Mengabadikan menu dan yang membayar :-D
Mengabadikan menu dan yang membayar :-D
Sebelum menuju tikar yang terbentang luas di sekitar teras bangunan Kantor Koran Kedaulatan Rakyat, aku mencoba mengabadikan menu yang tersedia di sini. Banyak jenis nasi yang disiapkan, setiap nasi pun ada label menerangkan nasi apa yang ada di dalamnya. Nasi Sambal, Nasi Jamur, Nasi Rames, dan lainnya. Tidak ketinggalan pula menu lauknya. Dimulai dari Sate Kerang, Sate Keong, Telur Tusuk, Baceman, Gorengan, sampai Ceker Ayam pun ada. Jadi kalian bisa memilih menurut selera masing-masing. Tentu yang tidak boleh ketinggalan adalah minumnya, aku sendiri memesan Susu Tape Panas, salah satu minuman yang selalu kupesan jika sedang nongkrong di sini.
Selalu pesan minum Tape Susu
Selalu pesan minum Tape Susu
Seperti pada awal tadi, Angkringan KR adalah salah satu sudut kuliner yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Hampir tengah malam ini, sudah banyak orang yang duduk santai seraya menikmati makanannya. Tikar-tikar yang digelar pun sudah penuh dengan para penghuni, mereka berbaur menjadi satu membentuk kelompok kecil. Suara tawa terdengar beriringan dengan nyanyian para pengamen jalanan. Tidak ketinggalan pula orang yang berlalu-lalang seraya mengharapkan koin diberikan kepadanya.
Para pengunjung duduk lesehan
Para pengunjung duduk lesehan
Para pengunjung duduk lesehan
Seperti inilah salah satu sudut Kota Jogja, keramaian Angkringan KR selaras dengan ramainya para pengunjung yang menikmati akhir pekan di Jogja. Mereka menikmati waktu selama singgah di Jogja. Dan Angkringan KR ini pun menjadi salah satu tempat yang tidak pernah sepi. Tempat yang selalu dikunjungi para wisatawan ataupun mahasiswa yang ingin menikmati kuliner khas Angkringan. Belum pas rasanya jika sudah sampai di Jogja, tapi belum pernah mencicipi makanan khas Angkringannya.
Baca juga kuliner lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

24 komentar :

  1. hadeuh.. sate ususnya menggoda sekali kakaak :D dan itu mantap bener, pilihan menunya seabrek abrek. ternyata angkringan yg ada di tempat kelahirannya seperti itu ya, kalo yg di sekitar bogor mah udah versi lite kayaknya hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk ke sini hahahhahha. Ramai banget loh :-D

      Delete
  2. Replies
    1. Udah pernah nikmatin makan di Angkringan belum? :-D

      Delete
  3. Yang membuat selalu kangen dengan Jawa tuh ya angkringannya, suasnanya itu yang ga ada di tempat lain, apali lauk yang di sajikannya unik engan rasa jempol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angkringan emang bikin kita melekat dengan kata Jogja, kang :-)

      Delete
  4. Bikin laper aja nih, jam segini liat makanan

    itu semua dagangan'a suka habis semua mas?

    ReplyDelete
  5. Angkringan adalah pariwisata terbaik kedua di jogja,, tentunya setelah kos-kosan,, haha
    Saya sbg anak kos jogja sangat hobi ngangkring,,
    Angkringan memang memberi banyak kenangan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa, kita sama-sama kos di Jogja, mas. Dan tentunya sudah tahu bagaimana nikmatnya angkringan di Jogja :-D

      Delete
  6. Jaman masih di Jogjakarta sering sekali nih ke sini, jadi ketemu banyak teman-teman komunitas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mas. Angkringan KR selalu menjadi tempat kopdarnya teman-teman komunitas, apapun itu komunitasnya :-)

      Delete
  7. Di Bali juga ada angkringan yang selalu ramai. Makanannya murah tp begitu bayar habis banyak jg karena ambil-ambil muluh ga kerasa jadi banyak, hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa itu efek kelamaan dan keasyikan ngobrol, jadi nggak sadar udah nyikat banyak banget :-D

      Delete
  8. Wah mantab euy,,, masuk list kunjung,,, angkringan di jogja menjamur, tapi angkringan ini dan Lik Man tetep spesial

    ReplyDelete
  9. wah tempat ini mang banyak kenangan selain harganya yg juga berkenang hehe

    ReplyDelete
  10. aaaaaaaaah :( pengen kangen jogja juga ah makananya ah semuanya mas delivery ke tangerang ya mas wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode buat main ke Jogja lagi kalau begitu hehhehehehhe

      Delete
  11. enaknya angkringan itu harganya murah meriah enak lg

    ReplyDelete