Nikmatnya Wedang Asem Panas

Aku sempat menulis tentang Buah Asam di blog ini bulan lalu. Banyak banget yang berkomentar, rata-rata mereka mengingat masa kecil ketika sedang mengambil/memakan Buah Asam. Sampai ketika di acara bersepeda, aku mendapatkan informasi kalau di lokasi tujuan bersepeda nantinya ada wedang yang spesial. Yakni Wedang Asam, aku pun bersemangat mengikuti acara bersepedanya. Sesampai di warung tersebut, aku langsung mengincar Wedang Asem + Gula Jawa. Gula Jawa ini adalah Gula Merah yang terbuat dari Aren, aku pernah mengulas tentang Gula Jawa waktu berkunjung ke Purworejo.

Di dalam warung sudah banyak yang antri untuk menikmati Wedang Asam-nya. Aku ikut mengantri di belakang. Kusempatkan untuk mengabadikan bahan baku yang akan digunakan untuk membuat Wedang. Gula Jawa yang sudah dipotong tipis-tipis terletak berdampingan dengan segumpal Buah Asam yang sudah dikupas.
Gula Merah dan Asam Jawa
Gula Merah dan Asam Jawa
Gula Merah dan Asam Jawa
“Yang pesan Teh di sana, di sini yang pesan Wedang Asam,” Kata seorang pemuda yang dikerumuni pemesan minuman.

Seorang pelayan warung terlihat sibuk merancik wedang tersebut. Diambilnya beberapa sendok Gula Jawa, kemudian sedikit Buah Asam dan dimasukkan ke dalam gelas. Kemudian diberi air putih panas. Warna air pun berubah menjadi seperti warna Teh.
Mas-nya sibuk banget dikerubuti membeli Wedang Asem
Mas-nya sibuk banget dikerubuti membeli Wedang Asem
“Mas, Asamnya nggak ditambah lagi? Biar lebih banyak,” Celetuk salah satu pemesan Wedang Asam.

“Jangan banyak-banyak, mas. Takutnya perut njenengan malah sakit,” Jawab pemuda yang merancik wedang.

Setelah menunggu sedikit lebih lama, akhirnya Wedang Asam pun aku dapatkan. Kulangkahkan kaki ke deretan kursi dan meja yang kosong untuk menikmati wedang ini. Air panas membuat Asam di dalam sedikit demi sedikit terlarur. Sengaja kuaduk biar Asamnya terkikis, sehingga tinggal semacam kulit yang menempel dibiji Asam. Sensasi Asam dan manis menyatu dalam lidah. Wedang Asam panas ini cukup segar dan membuatku agak hangat.
Menikmati segelas Wedang Asem panas pagi hari
Menikmati segelas Wedang Asem panas pagi hari
Menikmati segelas Wedang Asem panas pagi hari
Ya, sudah tentu kita sedikit susah untuk mendapatkan wedang Asam seperti ini. selain tempat yang jual susah, untuk mendapatkan Asam pun tidaklah mudah. Jika di kampung-kampung dengan mudah kita mendapatkan dan bisa membuat sendiri, tapi di beberapa sudut kota; tentu berbeda. Wedang Asam ini sangat cocok dinikmati kala pagi/malam hari.
Baca juga kuliner lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

21 komentar :

  1. wedang asem bila di campur sama gula aren jadi minuman favorit saya kang, eunak tenan...... ketagihan deh.... pagi-pagi bikin ngiler nih si akang. ha,, ha,, ha,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, kalau nggak biasa bisa bikin perut rada mules, kang. Tapi nikmatnya emang banget :-D

      Delete
  2. wah enak tuh mas, dulu deket rumah ada pohon asem jawa, suka nungguin jatuhnya asem yang tua jatuh

    ReplyDelete
  3. Biasa bikin wedang asem tapi gak pake gula merah. pake gula nol kalori hehehe... buat diet minumnya siang hari tapi di kasih es batu,, enake poolll

    ReplyDelete
  4. wah mantap ms rullah kayaknya saya ajdi haus nih hehe

    ReplyDelete
  5. Gak suka saya mas wedang -_-
    mending minum teh manis aja deh

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. salju g perlu ditemenin...kalau saya perlu :D

      Delete
    2. Bawain salju ke Indonesia hahahhahah

      Delete
  7. Wedang asam diminum pas hujan hujan, segarnya

    ReplyDelete