Ngobrol Bareng Sun Life indonesia tentang Mengatur Keuangan Liburan

Keempat Pembicara pada acara Sun Life di Ambarukmo Plaza
Keempat Pembicara pada acara Sun Life di Ambarukmo Plaza
Setiap ada acara yang mengundang blogger di Jogja, hampir semuanya kuikuti jika waktunya tidak berbenturan dengan kegiatan lain. Seperti halnya akhir pekan kemarin. Sun Life mengundang para Media dan Blogger memperkenalkan portal Bright Advisor. Bright Advisor ini adalah media tempat bertanya (mencari informasi) seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan.

Seminar dan Exhibition Roadshow ini berlangsung pada hari sabtu, 24 September 2016 bertempat di House of Balcony, Ambarukmo Plaza lantai 1. Pada kesempatan ini dua perwakilan dari pihak dari Sun Life memaparkan hal seputar asuransi. Berikut beberapa kutipan yang sempat aku catat ketika acara berlangsung.
Pemaparan mengenai Bright Advisor dari pihak Sun Life
Pemaparan mengenai Bright Advisor dari pihak Sun Life
“Asuransi itu buka produk, tapi sebuah perencanaan. Kita bisa merencanakannya sesuka hati.”

“Orang Indonesia bukan tidak mau berasuransi. Tapi mereka tidak tahu banyak informasi mengenai asuransi tersebut. Mereka takut dibuat ribet oleh pihak tertentu ketika bertanya-tanya mengenai asuransi.”

Informasi yang membuatku terkejut mengenai asuransi adalah; Asuransi itu sendiri tidak hanya untuk kesehatan (seperti yang kebayakan kita ketahui), bisa juga untuk pendidikan ke depan, bahkan untuk berlibur. Dalam konteks ini, berlibur artinya merencanakan pengaturan keuangan.

Jelas saja, pemaparan dari kedua pihak Sun Life membuat aku agak lebih paham mengenai asuransi. Setidaknya, jika nanti aku ingin melakukan hal tersebut, kau bisa bertanya-tanya langsung di Bright Advisor. Untuk kerahasiaan data pengguna, pihak Sun Life menjamin tetap aman. Jika ingin tahu lebih jelas mengenai seputar asuransi, kalian bisa membuka portal Bright Advisor dan bertanya pada pihak sana.

Usai pemaparan menganai Sun Life, sesi selanjutnya adalah berbicara mengenai perencanaan liburan. Dua pembicara ini sudah tiadk asing bagiku. Mbak Donna Imelda, seorang Travel Blogger sekaligus co-founder Indonesia Corners. Pertama kali bertemu dengan beliau bulan Agustus di Jogja. Sementara pembicara satunya adalah mbak Atanasia Rian, Travel Blogger yang sudah familiar dengan saya. Kami bertemu kali pertama tahun 2013 pada saat ada acara dari Komunitas Blogger Jogja.

Kedua Travel Blogger ini sudah mempunyai banyak pengalaman dalam mengatur keuangan untuk berlibur. Aku sendiri sudah lama mengikuti pengalaman cerita mereka di blognya. Di sini mereka berdua memberikan tips bagaimana mengatur keuangan untuk liburan, dan persiapan yang harus dilakukan ketika akan berlibur.

Pada dasarnya tips kedua pemateri ini hampir sama, aku rasa satu dan lainnya saling melengkapi. Hal yang harus dilakukan ketika berlibur menurut mereka adalah; Perencanaan yang matang. Perencanaan ini antara lain (tujuan destinasi, gaya liburan, solo/famtrip, jadwal, dan dana).
Mbak Donna Imelda berbagi cerita mengenai pengaturan keuangan untuk berlibur
Mbak Donna Imelda berbagi cerita mengenai pengaturan keuangan untuk berlibur
Sangat ditekankan untuk mengatur benar keuangan dengan rinci. Anggaran pengeluaran pun terbagi menjadi banyak; dana untuk transportasi, penginapan, konsumsi, belanja, dan dana tidak terduga.

“Saya tidak mau mengambil dana dapur untuk liburan. Jika saya gunakan dana tersebut, nanti ke depannya orang rumah mau makan pakai uang apa. Intinya jangan pernah memaksakan dana liburan dengan mengambil porsi uang lain. Itu sangat tidak diperbolehkan,” – Ujar Donna Imelda.

“Jika danamu kurang. Jangan memaksakan pergi jauh. Pergi dekat-dekat saja tidak masalah. Intinya kan bikin kita liburan dan bahagia,” Tambah beliau.

Selaras dengan tips yang dibagikan mbak Donna Imelda, mbak Atanasia Rian menambahkan beberapa poin.
Berbagi tips liburan ala mbak Atanasia Rian
Berbagi tips liburan ala mbak Atanasia Rian
“Sebisa mungkin kalian merencanakan liburan itu sehatun ke depan. Ketika sudah mempunyai kalender tahun depan, langsung saja agendakan pada saat ini. Biasanya kalau memesan tket jauh-jauh sebelum hari keberangkatan, kita bisa mendapatkan dengan harga yang murah.”

“Oh iya, usahakan kalian men-scann setiap kartu identitas dan menyimpannya di email. Ini untuk antisipasi jika sewaktu-waktu indentitas kita dibutuhkan dan kita lupa menaruhnya. Dan sebisa mungkin kalian menaruh uang tidak pada satu tempat. Ini juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.”

Tidak hanya ngobrolin tentang asuransi, perencaan keuangan untuk liburan, tapi disela-sela acara ada hiburannya. Seorang Komika Ananta Rizki pun manggung. Namanya juga Komika, setiap ucapannya yang ceplas-ceplos mengundang gelak tawa para blogger dan media. Di sini dia tidak sendirian, Ananta Rizki ditemani bang Hifdzi Khoir.
Foto bareng dua Komika yang datang di acara tersebut
Foto bareng dua Komika yang datang di acara tersebut
Selama acara berlangsung, pihak dari Sun Life mengadakan Lomba Tweet mengenai acara ini. Diambil tiga pemenang di akhir acara. Beruntungnya aku menjadi salah satu pemenang tweet tersebut. Terima kasih Sun Life sudah memberi bingkisan tas buat ke kantor.
Pemenang lomba Live Tweet selama acara (aku yang tengah pakai kaos merah)
Pemenang lomba Live Tweet selama acara (aku yang tengah pakai kaos merah)/ dok. twitter @SunLife_ID
Keseluruhan acara berlangsung dengan baik. Blogger yang penasaran mengenai asuransi sedikit tercerahkan. Bahkan terlihat antusias para peserta pada saat sesi Tanya-jawab. Aku sendiri menjadi sedikt lebih paham. Selain itu, tips-tips perencanaan liburan dari kedua pemateri mencerahkan kami, khususnya aku yang orangnya jarang liburan.
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

30 komentar :

  1. Cieh dapet hadiah. Lumayan. Hehe. Jarang liburan ya? Sama, aku juga. Yuk, liburan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada yang baca ini dan mengajak kita main bareng ahahahhaha

      Delete
  2. Wah selamat mas dapet hadiah nih :)
    Bisa narsis pula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Narsis itu sifatnya wajib kalau pas ada acara hahahahahha

      Delete
  3. Wuihh acaranya keren nih, next year masnya dong yg jadi pemateri hehe

    ReplyDelete
  4. Selamat Mas sudah dapat hadiah, keren banget, hehe. Iya, namanya liburan memang perlu perencanaan matang. Selain untuk mengumpulkan dana, juga rencana mau ke mana saja di tempat liburan nanti. Bahkan kendati tujuan liburan cuma buat eksplorasi (yang artinya tidak ada tujuannya), namanya anggaran tetep kudu siap. Nggak asyik banget kalau tiba-tiba (amit-amit sih) ada masalah keuangan ketika jauh dari rumah, duh. Makanya perencanaan penting banget. Menurut saya demikian, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mas. Kita memang harus menganggarkan, ke manapun nantinya kita berwisata :-)

      Delete
  5. acara itu nyenengiinnn...soalnya aku bisa kopdar dengan Mas Nasirullah Sitam...hahaha...malah pas shalat zuhur juga diimamiii...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih buk. Bertemuan yang mengesankan bisa sholat jamaah dengan jenengan buk :-)

      Delete
  6. Acaranya bermamfaat ne, mengelola keuangan saat liburan, keren mas
    Selamat atas hadiahnya, 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu ikut acara seperti ini biar paham bagaimana mengatur keuangan :-D

      Delete
  7. "...khususnya aku yang orangnya jarang liburan."

    Fitnah bgt kui :p
    Jangan lupa selain rencanain matang liburan juga mulai rencanakan secara matang yang lain-lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nyulik saya buat diajak liburan? Mau banget ahahhaha

      Delete
  8. Setuju dengan pendapat Mbak Donna untuk jangan menggunakan dana dapur. Jangan sampe abis senang-senang trus pusing mau makan apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa-bisa, senang duluan susah belakangan ahhahahha

      Delete
  9. Replies
    1. Pilih yang sesuai dengan informasi kamu. Bisa tanya-tanya dengan sun life :-D

      Delete
  10. Cieee yg dpt tas. Pengin ih... Hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengen dapat smartphonenya hahahhahah

      Delete
  11. Waaahhh.... ada Hifdzi Khoir juga. Asiiikkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Dia nemani komika yang lagi perform :-D

      Delete
  12. asuransi memang penting ya .. cuman mindset kita memang belum seperti orang di negara2 maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu benar banget kang. Informasi yang kurang kita dapatkan, jadi kita sediri masih gamang

      Delete
  13. wao. mas sitam hits banget ya selalu dapat oleh2.
    ini pas aku ke mana yaa. tak cancel ikutan acaranya. lupaa

    ReplyDelete
  14. selamat ya Mas Nasirullah atas hadiahnya ...bagi - bagi dong

    ReplyDelete