Daftar Travel dan Bus Jurusan Jogja – Jepara - Nasirullah Sitam

Daftar Travel dan Bus Jurusan Jogja – Jepara

Share This
Bus Semarang - Jepara kala siang hari
Bus Semarang - Jepara kala siang hari


Sewaktu pulang kemarin ke Jepara, terbesit pikiranku untuk menulis daftar travel atau bus jurusan Jogja ke Jepara. Niat awal hanya ingin menulis daftar travel saja, karena bus tidak ada yang langsung ke Jepara. Setiap bus berhenti di Semarang, kemudian kita pindah bus lain jurusan Semarang – Jepara.

Alasan lain aku ingin menulis ini karena di salah satu WAG yang aku ada di dalamnya. Tidak sedikit teman-teman Jepara bertanya tentang travel Jogja - Jepara maupun sebaliknya. Bahkan topik tersebut pernah ramai dan membuat WAG menjadi agak sentimen jika ada kata “Travel Jogja – Jepara”. Lucu memang, tapi dari sanalah aku mendapatkan ide menuangkan ditulisan.

Kurun waktu beberapa tahun terakhir, travel Jogja – Jepara mulai ramai. Hal ini tidak terlepas dari dikenalnya Karimunjawa sebagai salah satu tempat destinasi liburan. Aku sendiri pernah bertanya pada sopir travel, dia mengatakan seluruh penumpangnya adalah wisatawan yang ingin menyeberang ke Karimunjawa. Karena itulah mereka berangkat dari Jogja tengah malam.

Berikut Daftar Travel Jogja – Jepara

Daytrans Travel
Daytrans adalah salah satu travel Jogja – Jepara yang banyak digunakan para wisatawan. Umumnya mereka berangkat tengah malam dari Jogja dan sampai di Jepara dinihari. Di Jogja, kalian yang ingi menaiki travel ini harus menuju shuttle-nya yang ada di sekitaran Mantrijeron. Bagi yang kejauhan, bisa menunggu di sekitaran Terminal Jombor.

Aku sendiri belum pernah naik travel ini. Saudaraku yang yang di Karimunjawa menuju Jogja pun sebaliknya sudah pernah ikut. Kendaraan yang digunakan adalah Elf. Keberangkatan dari Jogja biasanya pukul 23.00WIB, dan dari Jepara menyesuaikan kapal penyeberangan Jepara – Karimunjawa tiba. Tiket travel berkisar antara Rp.130ribu. Kontak telepon yang bisa dihubungi: Jogja: 081576473342 - Jepara: 085101325686

Bejeu Travel
Akhir bulan Maret 2018, aku pulang ke Jepara dan ingin menyeberang ke Karimunjawa. Kali ini aku sengaja memilih travel yang berangkat sore agar sampai di Jepara malam hari. Akhirnya aku memilih Bejeu, setahuku Bejeu di Jepara lokasinya di Pengkol; tepat di pusat kota Jepara.

Tempat Bejeu di Jogja tidak kuketahui. Aku hanya memesan melalui telepon dan menunggu di Terminal Jombor. Sesuai jadwal, travel ini berangkat dari Jogja ke Jepara pukul 18.00WIB. Lebih baik kita menungguinya setengah jam sebelumnya. Jadwal dari Jepara sendiri pukul 06.00 WIB dan 08.00WIB.

Elf yang digunakan bagus, tiap baris hanya diisi dengan dua kursi. Bagian tengah dijadikan Lorong untuk penumpang yang menuju bagian belakang. Kursi di belakang untuk tiga orang. penumpang yang ke Jepara akan diturunkan sesuai lokasi jika searah dengan rutenya. Untuk Jepara sekitaran Mlonggo, Bangsri, dan sekitarnya; nanti diantar sampai lokasi. Sementara aku pun diantar sampai Pelabuhan Kartini. Tiket travel sebesar Rp.120.000. Kontak telepon yang bisa dihubungi: Jogja: 085338133299 - Jepara: 085290501977

Kartika Travel
Sama halnya dengan travel yang pertama, aku belum pernah menaiki Kartika Travel. Bedanya, teman-teman yang kukenali juga belum ada yang menaikinya. Bagi yang ingin naik Kartika Travel, kalian bisa menghubunginya melalui telepon. Berikut nomor teleponnya; 085103808000 (Jogja), 081325092500 (Jepara). Kisaran harga mungkin tidak jauh beda dengan travel lainnya. Jadwal keberangkatannya pun kalian bisa tanyakan langsung melalui telepon.

Alloy Travel
Beberapa teman di WAG pernah ikut di travel ini. Aku sendiri belum pernah menaikinya. Namun aku pernah melihat secara langsung travel ini sewaktu di Terminal Jombor kala menunggu travel lain. Berikut aku sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi jika ingin menggunakan Alloy Travel. Nomor teleponnya 08112766111 (Jogja) dan 08112767111 (Jepara). Untuk harga dan lokasi jemputan bisa hubungi langsung nomor terkait.

Citra Travel
Dari sekian banyak travel yang rutenya Jogja – Jepara atau sebaliknya. Citra Travel menjadi travel yang paling sering aku naiki. Saking seringnya, sopir yang menjemput sudah hapal denganku. Citra Travel ini berangkat dari Jogja tengah malam dan balik ke Jogja pukul 15.00WIB. Beliau menargetkan wisatawan yang pulang/pergi ke Karimunjawa dari Jogja.

Aku pernah menaiki tiga armada yang berbeda; Mobil Avanza, Elf, dan Hiace. Bagi yang alamatnya di dalam ringroad, travel ini mau menjemput kita langsung di alamat tersebut. Hanya saja tujuan di Jepara hanya sampai di Pelabuhan Pantai Kartini. Karena tempat mereka ada di sana. Adapun tarifnya adalah Rp.130.000. Nomor yang bisa dihubungi: 085369300789 (Jogja).

Rama Sakti Travel
Beberapa waktu lalu tertulis pada komentar blog adanya travel lain yang juga melayani perjalanan Jepara - Jogja PP. Namanya Rama Sakti Travel. Bagi yang berada di Jogja, kalian bisa memesan tiket langsung ke Jalan Pangeran Diponegoro No 73. Atau menghubungi nomor 0274-514794 maupun 081905986422 (WA). Sementara di Jepara, travel ini beralamatkan di Jalan MT Haryono No 5 (Sebelah barat terminal), Jepara , Nomor telepon yang bisa di hubungi 0823 2388 5279

Harga tiket Rp 115.000 (bulan Agustun 2018). Menariknya kita bisa melakukan pembelian juga bisa dilakukan secara daring di webnya Rama Sakti maupun aplikasi Traveloka. Tentu fasilitas ini membuat para calon penumpang menjadi lebih mudah dan praktis saat ingin membeli tiket travel.

*Catatan; tarif travel akan berubah-ubah. Termasuk menjelang lebaran dan pacsa lebaran (H-7 sampai H+7) biasanya menjadi 150.000 rupiah.

*****

Di atas sudah aku tulis daftar travel yang bisa dipilih kala ingin berkunjung ke Jepara dari Jogja. Mungkin untuk menambah informasi transportasi lain, aku sertakan juga rute bus yang bisa dinaiki untuk sampai Jepara. 

Rute naik bus juga ada dua opsi, lewat terminal Jombor via Magelang, atau melalui Terminal Giwangan via Kartosuro/Solo. Tergantung jam berapa kalian akan berangkat. Kedua rute ini sudah pernah aku lewati semua.

Jogja – Semarang – Jepara
Jika kalian melakukan berjalanan pagi/siang hari, aku rekomendasikan untuk menaiki yang melewati Magelang. Selain bus ekonomi, ada juga bus patas. Bus tersebut adalah Ramayana & Nusantara. Kedua bus ini saling bergantian tiap 30 menit dari terminal Jombor. Tarifnya Rp.45.000 sampai Semarang.

Sampai di Semarang turun di pertigaan Terminal Terboyo (bagian luar). Setelah itu pindah bus Semarang – Jepara. Bus terakhir dari Semarang biasanya di atas pukul 16.00WIB. Jadi kalian harus bisa memastikan bus tersebut masih ada. Harga bus Semarang – Jepara Rp.20.000 kecuali pukul 04.00WIB dinihari, harga bus naik Rp.5000 menjadi Rp.25.000

Jogja – Kartosuro/Solo – Semarang – Jepara
Bagi kalian yang suka perjalanan tengah malam. Rute menuju Jepara dari Jogja pun bisa dilalui. Bedanya kali ini harus lewat Kartosuro atau Solo. Dari Jogja kalian bisa naik bus arah Surabaya dan turun di Kartosuro atau sampai di Terminal Solo. Sampai di sana pilih bus arah Semarang.

Jika turun di Kartosuro, kalian menunggu bus di pertigaan Kartosuro, menunggu bus Taruna atau lainnya yang menuju Semarang. Di Semarang kembali turun di pertigaan terminal Terboyo, lalu berganti bus Semarang – Jepara. Perlu dicatat, bus Semarang – Jepara paling pertama berangkat pukul 04.00WIB, nantinya bakal sesak-sesakan dengan tarif agak malah sedikit.

Pada dasarnya tinggal kalian ingin memilih transportasi yang mana. Mungkin sedikit informasi ini dapat membantu kalian yang ingin liburan di Jepara. Oya, destinasi di Jepara itu ada banyak; tidak hanya Karimunjawa semata. Ada banyak pantai berjejer di sana, kulineran, dan tentunya wisata heritage yang bisa dikunjungi. *Jepara; 30 Maret 2018.

Pemutakhiran Informasi Rute Bus Jogja - Jepara
Bagi kalian yang naik bus dari Jogja ke Jepara, sudah ada perubahan rute karena Terminal Terboyo sekarang berfungsi sebagai penyimpanan barang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Perubahan mendasar adalah tujuan Terminal. Terminal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) turunnya di Terminal Mangkang, sedangkan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) tujuannya ke Terminal Penggaron.

Untuk ke Jepara dari Jogja, kalian nanti turun di Terminal Sukun. Lalu melanjutkan naik Trans Semarang menuju Terminal Penggaron. Dari Terminal Penggaron baru naik bus ke arah Jepara. Rute ini mulai aktif bulan September 2018, dan informasi berkaitan rute ke Jepara dari Jogja saya dapatkan dari Dinas Perhubungan Jawa Tengah.

24 komentar:

  1. Mas Sitam, kira-kira sampai di Jepara nya dini hari jam berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam 4an, langsung turun ke Pelabuhan; di sana sudah ramai kok

      Hapus
  2. Balasan
    1. Kali aja pengen main ke Jepara :-D

      Hapus
  3. wah banyak pilihannya ya ... mau naik travel ... ada banyak .. mau yang lebih ekonomis bisa naik bus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kang, naik bis lebih irit ahhahahaha

      Hapus
  4. Kang kalo naik bus dr jogja ke jepara ada jadwal jam berapa ya? Apakah ada yang bus malam hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang tertulis di atas mbak. Dari Jogja harus lewat Semarang dulu, baru ganti bus ke Jepara. Untuk jurusan Semarang - Jepara tidak ada yang jalan malam hari.

      Hapus
    2. Halo Kak, Sebelumya kami permisi dulu kak Nasirullah Sitam apabila berkenan boleh di update informasinya, Kami menyediakan perjalanan dari Jogja ke Jepara (PP),

      untuk informasi bisa menghubungi ke 0274 - 514794 atau Whatsapp ke 081905986422

      Kantor kami untuk pemesanan tiket dan keberangkatan ada di Jalan Pangeran Diponegoro No 73, Yogyakarta

      Untuk yang dijepara alamatnya di
      Jalan MT Haryono No 5 (Sebelah barat terminal), Jepara , Nomor telepon yang bisa di hubungi 0823 2388 5279

      Hapus
    3. Terima kasih sudah menambahkan di kolom komentar. Informasinya sudah saya sertakan di artikel ya mas/mbak. Salam

      Hapus
    4. Terimakasih bayak kak Nasirullah Sitam, ini jika berkenan untuk di update lagi : Harga tiket Rp 115.000 , pembelian juga bisa dilakukan secara online lewat website kami di www.ramasakti.com (*apabila berkenan boleh di kasih hyperlink langsung ke website kami*) maupun aplikasi Traveloka

      Terimakasih banyak sudah diposting :)

      Hapus
    5. Baik mas, saya sertakan. Untuk hiperlink sepertinya belum nggeh. Mohon maaf nggeh mas :-)

      Sepertinya besok-besok kalau pulang bisa naik Rama Sakti hahahhhahah

      Hapus
  5. Untuk yang citra travel jadwalnya apakah hanya tengah malam? Klo yg sktr jam 3sore dari jogja ada ndak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada. Hanya tengah malam; akalu yang lain seperti Daytrans kemungkinan ada.

      Hapus
  6. Ka apakah untuk bus jurusan semarang-jepara langsung ke pelabuhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai terminal toh, nggak mungkin sampai pelabuhan. Tinggal ngojek atau becak

      Hapus
  7. Oh iya ka, semarang-jepara berapa jam ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik bus antara 2 jam sampai 2.5 jam

      Hapus
  8. Keren infonya. Membantu sekali.

    BalasHapus
  9. Kebetulan saya mau menggunakan bis ke Jepara, terimakasih informasinya lengkap sekali sampai ada nomor telepon segala he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, silakan dihubungi salah satu dari travel di atas

      Hapus

Pages