Jadah Tempe Khas Kaliurang - Nasirullah Sitam

Jadah Tempe Khas Kaliurang

Share This
Pernah makan Jadah Tempe? Ya, salah satu makanan yang berada di Jogja ini mungkin harus kalian cicipi jika sedang berkunjung ke Jogja. Untuk mendapatkan Jadah Tempe memang sedikit perlu perjuangan. Jika kalian sedang berkunjung ke Jogja, khususnya berwisata ke Kaliurang. Maka dengan sangat mudah kalian akan mendapatkan makanan tersebut.
Jadah Tempe khas Kaliurang
Jadah Tempe khas Kaliurang
Bentuk dari Jadah Tempe ini cukup sederhana sekali. Jadah merupakan olahan Ketan putih yang sudah siap dikonsumsi. Untuk melengkapi kenikmatannya, maka disatukan dengan memakan Tempe Bacem. Tahu kan Tempe Bacem? Ya, tempe yang diolah menggunakan Gula Jawa, sehingga rasanya cenderung manis. Jadi Jadah Tempe adalah nama dua makanan yang disatukan saat dihidangkan. Jika menyelusuri literatur tentang Jadah Tempe di Jogja, maka kita tentu akan mendapatkan beberapa tulisan mengenai awal adanya Jadah Tempe tidak lepas dari sejarah Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang mencicipi hidangan tersebut. Sampai akhirnya beliau menyukainya dan menjadikan salah satu makanan kesukaan beliau.

Jika tertarik dengan makanan Jadah Tempe, aku anjurkan bagi kalian yang sedang berkunjung ke Jogja untuk membeli di sekitaran wisata Kaliurang. Di sana akan ada banyak orang yang berjualan Jadah Tempe. Salah satu jadah Tempe yang kondang adalah Jadah Tempe Mbah Carik Kaliurang. Untuk mendapatkan Jadah Tempe, kita hanya mengeluarkan uang yang cukup terjangkau.  Tentunya tidak akan membuat kalian mengambil lebih dalam uang saku. Bagaimana minat? Silakan menikmati makanan khas Kaliurang jika sedang berkunjung ke Jogja.
Baca juga postingan yang lainnya 

28 komentar:

  1. Ga bisa Delivery mas? hehehe :D

    BalasHapus
  2. Walaaah ada jadah tempe juga toh, tak kira jogja terkenalnya cuman gudeg hehe. Nanti dah kalau ane ke jogja lagi, tapi ini biasanya ada ga sih dijual di kafe-kafe atau tempat yg agak modern?
    Salam kenal mas, pengunjung baru nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mas,
      Jarang mas. Paling mudah nyarinya di Kaliurang :-)

      Hapus
  3. hmm pengen nyoba gimana rasanya , g kebayang deh hehe

    BalasHapus
  4. ngeliat makanan jam segini, jadi laper nih perut ;D

    BalasHapus
  5. Wah jarang jarang ke Kaliurang heiheiheie. Taunnya cuma TUGU dan Malioboro aja. Sama Geblek. Whahahaha keren keren. Sepertinya Yummy juga nih jadah Tempe. Hmmmmmmmm

    BalasHapus
  6. Kalo tempenya sih sering saya makan kalo jadahnya jarang heheh :D

    BalasHapus
  7. udah kebayang nih pasti enak banget bikin ketagihan

    BalasHapus
  8. Wihh jadah. salah satu makanan favorit saya :D

    BalasHapus
  9. wah ajdi lapar mas hehehe....

    BalasHapus
  10. Aku ngak begitu doyan kak ... seretttt kalo ngak ada kuah nya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digrojokin teh panas biar nggak seret, om :-D

      Hapus
  11. WAAHHHHH, INI MAKANAN FAVORITKUUUU!!!
    Tampe Bacem di sini emang rasanya beda, gulanya beda, enak banget manisnya. Sayang, udah lama gak menikmati sini lagi nih. Entah kapan lah ke Jogja lagiii. Entaaaahh... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo ke Jogja, mbak. Biar bisa kulineran :-D

      Hapus
  12. Kalau lagi mai ke kaliurang say suka makan tempe ini, enak banget rasanya , apalgi kalu pas hangat-hangat dengn sambal rugi kalau cuman sedikit nih. Sisain saya mang.

    BalasHapus
  13. Untuk sementara, cukup menikmati jadah tempe dari tulisan mas ini saja dulu..

    Dan rasanya seperti apa sudah terbayangkan oleh saya, saya belum ada waktu dan kesempatan ke jogja, juga belum kepikiran untuk pergi kesana. Tapi kalau ada rejeki, pasti nanti tidak akan saya lewatkan menikmati penganan murah meriah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo ke Jogja, nanti aku bantu jadi guidenya :-D

      Hapus
  14. oh jadi jadah tempe itu nama dari 2 makanan toh mas..

    BalasHapus

Pages