Mengapa Kalian Perlu Membuat Blog? Berikut 5 Alasannya - Nasirullah Sitam

Mengapa Kalian Perlu Membuat Blog? Berikut 5 Alasannya

Share This
Lima alasan kalian membuat blog pribadi
Lima alasan kalian membuat blog pribadi/ sumber: Pixabay
Kemajuan teknologi memudahkan manusia dalam banyak hal. Salah satunya adalah memudahkan dalam berbagi informasi. Kita dapat berbagi informasi dengan mudah karena adanya internet. 

Berbagi informasi dapat dilakukan melalui berbagai platform, dari media sosial sampai blog. Pada artikel kali ini, aku sedikit membahas mengenai pentingnya membuat blog buat kita pribadi. Sebelumnya, aku ingin bercerita. Kali pertama membuat blog pada tahun 2008, setelah itu berhenti dan lupa sandi masuk. 

Tahun 2010, aku kembali membuat blog baru. Blog yang kalian baca ini adalah wujudnya. Awalnya, blog ini kubuat hanya untuk menuangkan segala ide yang sempat tersimpan di pikiran. Lambat laun, blog ini menjadi semacam rumah yang harus aku isi setiap waktu. 

Sedikit demi sedikit tulisan di blog beragam. Mulai dari pengalaman sehari-hari, aktivitas kala berlibur, dan lainnya. Ada banyak alasan bagiku untuk membuat blog. Namun, aku kali ini menuliskan lima alasan mendasarnya. Jika menurut kalian kurang, kalian bisa menambahkannya sendiri. 

Berbagi Ilmu dan Informasi
Melalui blog kita bisa berbagi ilmu serta informasi. Keduanya kita tuangkan dalam tulisan. Misalnya, konten blog yang banyak memberikan berbagai macam informasi dari ekonomi, politik, agama, teknologi, kesehatan, sampai asmara. 

Di blogku, kalian bisa mencari informasi seputaran Jogja. Lokasi dan rute asyik untuk bersepeda akhir pekan. Atau jika kalian ingin membaca destinasi yang ada di Karimunjawa. di beberapa artikel, aku mengulas tentang Karimunjawa. 

Meningkatkan Kemampuan Menulis 
Karena konten blog kebanyakan berisi artikel, secara tidak langsung kita mengasah kemampuan menulis. Tulisan tersebut bisa tentang pengalaman pribadi (seperti yang aku tulis di blog), ataupun tulisan lainnya. Ini artinya, kita semacam dipaksa untuk terus menulis. 

Walaupun dengan alasan-alasan seperti ini, kita tetap melakukannya dengan senang hati. Menulis secara mengalir dan dimengerti pembaca. Dari sini, lambat laun tulisan kita semakin lebih baik dari sebelumnya. Dan kita secara tidak langsung sudah belajar meningkatkan kemampuan dalam menulis. 

Jika blog diisi dengan artikel yang ditulis yang semrawut, tentu pembaca akan ragu dengan kita bukan? 

Mengasah Kreativitas 
Aktivitas menulis adalah kegiatan yang menuntut sebuah ide. Kita tidak bisa sembarang menulis. Butuh waktu lama untuk menghasilkan sebuah tulisan dengan topik tertentu. Kita harus kreatif menemukan sudut pandang yang unik dan berbeda dari orang lain agar tulisan kita memiliki nilai lebih. 

Nilai lebih tersebut yang nantinya membuat pembaca mengingat tulisan-tulisan kita. Mereka juga nantinya paham bagaimana gaya penulisan kita. Dan tentunya berharap pada akhirnya mereka menjadi pembaca setia di blog kita. 

Selain menulis artikel pun kita juga bisa membuat konten blog dengan bentuk lain seperti infografis maupun video. Semakin bagus tulisan kita, informatif, tampilan grafisnya, fotonya, serta didukung video, kemungkinan pembaca betah berlama-lama mengunjungi blog tersebut 

Membantu Orang Lain 
Tiap-tiap artikel yang sudah kita tulis, terposting, dan dibaca khalayak umum, bisa jadi membantu orang lain yang membutuhkan. Semisal aku menulis tentang perjalanan dari Jogja ke Karimunjawa. Pada tulisan aku cantumkan transportasinya, rute, dan kisaran harganya. Tentu hal ini dapat membantu bagi mereka yang ingin berlibur ke Karimunjawa

Tulisan kita yang mungkin hanya menceritakan pengalaman kala menyambangi destinasi tersebut bisa jadi referensi orang lain yang ingin menuju ke destinasi yang sama di lain waktu. Mereka sedikit terbantu dengan ulasan-ulasan yang kita tulis di blog tersebut. 

Menghasilkan Uang 
Blog bisa menghasilkan uang? Iya, kita bisa menghasilkan uang dari blog. Tapi tentu saja kita tidak langsung menghasilkan uang dengan cepat setelah membuat blog. Kita perlu membangun blog tersebut dengan konsisten mengunggah konten berkualitas yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. 

Setelah mendatangkan banyak pengunjung, kita bisa mendapatkan uang dari iklan AdSense Google. Selain dari iklan, kita juga bisa mendapatkan uang dari endorse produk. Tinggal kita ingin yang mana. Pada dasarnya keduanya sama. Sama-sama butuh proses yang panjang untuk sampai ditahap ini. 

***** 

Menjadi blogger dapat dilakukan oleh siapa saja, asal memiliki tekad dan kemauan yang kuat. Kamu bisa membuat blog dengan topik travel, fashion, lifestyle, ekonomi, ataupun otomotif. Kini untuk menjadi blogger pun lebih mudah dibandingkan satu dekade lalu. Tersedia banyak platform blog yang memungkinkan orang awam untuk membuat blog seperti Blogspot dan WordPress. 

Hanya saja, ketika sudah semangat membuat blog, kita harus bisa komitmen dari awal. Jangan sampai nantinya blog hanya memposting satu tulisan, dan melupakannya dalam waktu yang panjang. Hingga nantinya kita sampai lupa apa email maupun kata sandinya. 

Jika blog kamu sudah konsisten dalam memposting tulisan. Banyak tulisan informatif, dan mendatangkan banyak visitor, atau banyak tulisan yang viral. Biasanya layanan blog gratis seperti Blogspot dan WordPress tidak mampu menampung trafik, kamu bisa memindahkan hostingnya ke self hosting. 

Penyedia hosting ada banyak, kalian tinggal memilih mana yang menurut kalian bagus. Jika aku disuruh merekomendasikan teman dalam memilih penyedia hosting, aku sarankan kalian menggunakan shared hosting dari Niagahoster. 
Tampilan website Niagahoster
Tampilan website Niagahoster

Niagahoster adalah penyedia hosting Indonesia terbaik yang sudah beroperasi sejak tahun 2013. Selain itu, kalau kamu beli hosting di Niagahoster, kamu juga akan mendapatkan domain gratis selamanya. Jadi kamu bisa punya blog dengan domain sendiri. Menarik bukan?

Mungkin bagi kalian yang sudah mempunyai blog, banyak pengunjung karena tulisan viral tulisannya sehingga mendadak blog tidak bisa diakses. Atau bagi kalian yang bimbang memilih mana penyedia hosting yang mumpuni, silakan coba buka Niagahoster. Siapa tahu kalian tertarik dengan penawaran yang mereka ajukan.

Pages