Jadwal Pesawat Terbang ke Karimunjawa - Nasirullah Sitam

Jadwal Pesawat Terbang ke Karimunjawa

Share This
Landasan pacu Bandara Dewadaru
Landasan pacu Bandara Dewadaru/Screen captture video Intagram @bandaradewadaru
Sejak bandara Dewadaru Karimunjawa laik fungsi, sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang pernah mempunyai rute penerbangan ke Karimunjawa dari kota besar di Indonesia. Kota besar tersebut adalah Semarang dan Surabaya. 

Deraya menjadi pesawat pertama yang mempunyai rute khusus ke Karimunjawa. Kala itu rutenya adalah Semarang – Karimunjawa – Balikpapan. Sekitar tahun 1997, pesawat Deraya tidak lagi membuka rute tersebut. 

Bandara Dewadaru juga menjadi tempat pendaratan pesawat Cesna milik Kura-Kura Resort. Hingga akhirnya tahun 2015 Susi Air membuka rute Semarang – Karimunjawa. Berlanjut Airfast yang mengikuti. 

Sayangnya dari beberapa maskapai dan rute yang ada, sekarang yang masih bertahan adalah pesawat Airfast. Jadwal penerbangan pesawat ini dari Surabaya. Dulunya dari Semarang sempat ada, namun sekarang sudah tidak beroperasi. 

Pesawat Airfast tidak setiap hari terbang ke Karimunjawa maupun sebaliknya ke Surabaya. Satu minggu, hanya ada dua kali penerbangan dengan hari yang berbeda. Berikut infografis maupun narahubung pesawat Airfast.
Jadwal pesawat Airfast Surabaya - Karimunjawa
Jadwal pesawat Airfast Surabaya - Karimunjawa
Tahun 2018 ini ada pesawat yang ke Karimunjawa. Maskapai domestik yang beroperasi adalah Wings Air. Rute yang dituju adalah Karimunjawa – Semarang. Dilanjut penerbangan ke beberapa kota besar di Indonesia seperti Pangkalanbun, Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, Banjarmasin, Bandung, Surabaya, dan lainnya. 

Wings Air diproyeksikan menjadi transportasi alternatif menuju Karimunjawa. Jadwal penerbangan setiap hari. Tercantum pada jadwal keberangkatan dari Semarang pukul 11.20 WIB, dan dari Karimunjawa pukul 12.10 WIB. Waktu yang ditempuh kurang lebih 30 menit.
Jadwal pesawat Wings Air Semarang - Karimunjawa
Jadwal pesawat Wings Air Semarang - Karimunjawa/ Sumber Instagram Bandara Dewadaru
Sebelum Wings Air, pertengahan tahun 2018 sempat ada maskapai penerbangan NAM AIR dengan rute Semarang – Karimunjawa. Sayangnya, rute ini tidak bertahan lama. Pada bulan September 2018, maskapai tersebut sudah tidak lagi ke Karimunjawa. Sepengetahuanku, NAM AIR sistemnya Bandara Charter Flight (BCF). 

Daftar Pesawat yang pernah mempunyai rute ke Karimunjawa 
Bagi kalian yang penasaran dengan Bandara Karimunjawa. Sedikit informasi yang bisa aku infokan. Bandara ini pertama kali dibangun pada tahun 1991. Proses meratakan tanah pada lahan yang berada di Dusun Jelamun, Kemujan, Karimunjawa ini tahun 1992. 

Pada tahun 1994, bandara ini layak untuk penerbanga walau panjang landasan pacu termasuk pendek. Tahun 2018, landas pacu masih dalam proses perpanjangan. Penamaan Dewadaru sendiri diambil dari nama salah satu pohon yang ada di Karimunjawa. 

Berikut infografis pesawat yang pernah mempunyai rute penerbangan ke Karimunjawa.

Maskapai yang pernah mempunyai rute penerbangan ke Karimunjawa
Maskapai yang pernah mempunyai rute penerbangan ke Karimunjawa

***** 

Perjalanan Panjang berkaitan dengan bandara Dewadaru Karimunjawa. Pesawat silih berganti datang, berharap adanya rute tetap dan bertahan lama. Semoga geliat pariwisata di Karimunjawa makin maju, dan pelaku pariwisatanya jauh lebih baik. 

Jadi pesawat yang masih melayani penerbangan ke Karimunjawa adalah AIRFAST (dari Surabaya) dan WINGS AIR (dari Semarang).

36 komentar:

  1. Jadi ada ya mas pesawat yg ke karimun jawa itu. Selama ini aku taunya naik kapal aja :). Kemarin temen baru bakik dr karimun jawa, dan dia cerita naik kapal juga. Tapi jujur aja sih yaaaa, aku kalo pilihannya naik kapal, ato naik pesawat kecil baling2 , rasanya lbh milih kapal :p. Agak seram naik pesawat kecil, apalagi guncangannya suka berasa banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pesawat sekarang ada Wings Air, jadi enak mbak. Bisalah main-main bareng keluarga ke sini.

      Hapus
  2. Heran ya, mengapa pesawat terbang ke Karimunjawa bertumbangan satu persatu. Perasaan dari tahun ke tahun semakin banyak wisatawan yang datang ke sini? Apa alasannya hanya jauh lebih murah naik kapal? Atau penduduk Karimunjawa sendiri jarang menggunakan sebagai alat lintas laut saat mereka keluar dari pulau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warga setempat jauh memilih kapal laut karena tiap ke Jepara itu membeli sembako.
      Sementara pesawat sebelumnya jadwal tidak tetap, jadi kadang sulit mau ke sana

      Hapus
  3. Wah saya baru tahu ada pesawat yang ke karimunjawa. Pas banget sih pengen ke sana, dan mungkin bisa nyoabain naik kapal laut dan pesawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mas, semoga bisa menjejakkan kaki di Karimunjawa

      Hapus
  4. beneran, aku baru tahu kalau ada bandara di karimunjawa..
    kirain cuma bisa naik kapal aja
    heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh, sudah ada sejak lama mas. Hanya saja ya baru tahun-tahun ini mulai dikenal, terlebih tahun ini masih ada perpanjangan

      Hapus
  5. Kalau Ada pesawat ke karimun jawa lebih enak lagi nih jadi gak terlalu jauh jarak tempuh via darat, saya belum pernah soalnya ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau langsung nyicipi ke sana mbak? :-D

      Hapus
  6. Yang mau ke karimun bisa kami bantu atau lokasi wisata yang lain
    By.Clarista.tour..0970517428

    BalasHapus
  7. berharap ada juga dari Yogyakarta ke Karimun Langsung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok kui mas. Semoga terealisasikan

      Hapus
  8. Kalau soal harga gimana Mas Sitam? Apa Karena harga mahal, penumpang berkurang jadi Tutup? Padahal Karimunjawa jadi salah satu destinasi idola di Jawa Tengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya sesuai sih mas. 400an itu menurutku wajar :-)

      Hapus
  9. Ingin rasanya berkeliling indonesia, tapi dakuw lg sibuk sama fashion week hikss. Sekrang udah ada ya dari Yogyakarta ke Karimun Langsung jadi happy nih buat traveling hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya Semarang - Karimunjawa dan Surabaya - Karimunjawa :-)

      Hapus
  10. Wah, wings sudah buka penerbangan ke Karimun Jawa ya. Berita bagus ini mengingat ombak dari dan ke Karimun Jawa yg kerap tak pasti yg membuat beberapa pengunjung kadang terjebak di Semarang atau Karimun Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu, bagi yang alasan waktu dan lainnya bisa lah nyicip naik pesawat :-D

      Hapus
  11. Semoga wings air ini bertahan ya dan semakin banyak turis asing dan turis lokal berkunjung ke Karimunjawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang butuh perjuangan, semoga benar adanya mbak

      Hapus
  12. Dulu waktu di semarang gagal dua kali ke Karimun Jawa sekarang dah di jakarta jadi jauh heuheu

    BalasHapus
  13. Walaupun ngkgak banyak, minimal adalah moda pesawat terbang ke pulau ini. Jadi tidak hanya mengandalkan perahu yang tergantung banget sama cuaca. Karena tingkat ketidakpastiannya tinggi itulah maka sampe sekarang belum kesampaian sampai sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, transportasi udara menjadi opsi kala ombak tidak menentu

      Hapus
  14. Meskipun tidak banyak dan tidak setiap hari setidaknya Airfast dan Wingsair masih melayani rute ke Karimunjawa jadi bisa ke sana dalam tempo yang lebih cepat dari kapal laut/boat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan tentunya bisa pulang lebih cepat ahahahha

      Hapus
  15. cucok untuk yang bosenan selama perjalanan...

    BalasHapus
  16. Wings ini masih satu korporasi sama Lion ya?

    BalasHapus
  17. hmm .. saya baru tahu kalau ke karimun jawa bisa naik pesawat terbang . kupeer banget ya ..
    untung ada blog anak karimun jawa ini . haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhe, biarpun sempat mati suri, akhirnya ada penerbangannya

      Hapus
  18. asik nih kalau sudah ada penerbangan reguler lagi ke Karimun Jawa
    orang jadi bisa lebih mudah ke sana, apalagi harganya tergolong murah 400rb
    dibanding rute yang hampir sama di Papua yang harganya bisa sampai 1,5jt sekali terbang hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar daeng, hahahahha.
      Kalau di Papua sudah begitu kalau naikm pesawat mesti timbang badang dan barang juga ahahhahaha

      Hapus

Pages