Menggapai Asa Pendidikan Unggul di UNISA Yogyakarta - Nasirullah Sitam

Menggapai Asa Pendidikan Unggul di UNISA Yogyakarta

Share This
Kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Dokumentasi Pribadi)
Sudut-sudut ruangan terlihat sepi. Aktivitas mahasiswa belum sepenuhnya ramai seperti masa kuliah. Menjelang akhir pekan, kampus UNISA Yogyakarta tetap melayani mahasiswa sepeti biasa. Terlebih bagi mahasiswa yang hendak menuju perpustakaan.

Ruangan perpustakaan UNISA Yogyakarta berada di lantai tiga. Konsep bangunan lebih banyak area terbuka untuk sivitas akademika bersantai. Mereka bisa dengan nyaman saat mengerjakan tugas kuliah, membaca berbagai koleksi tercetak, atapun mengakses berbagai literatur digital.

Setiap kampus pasti memiliki berbagai fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran dengan baik. Perpustakaan, laboratorium, ruangan kuliah, atau apapun itu. Semuanya dibangun secara bertahap dengan baik agar mahasiswa dapat dengan nyaman menggunakan sebagai tempat belajar.

Perpustakaan salah satu fasilitas yang berperan penting bagi perjalanan mahasiswa dalam menuntut ilmu di kampus yang unggul dan bernilai Islam ini. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta paham betul, keberadaan perpustakaan berperan penting dalam Tridharma Universitas. Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Sudut Perpustakaan UNISA Yogyakarta
Sudut Perpustakaan UNISA Yogyakarta (Dokumentasi Pribadi)
Suasana yang nyaman, fasilitas lengkap, koleksi beragam, serta berbagai teknologi informasi yang disediakan ini menjadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat favorit mahasiswa UNISA Yogyakarta dalam mendapatkan ilmu dari berbagai sumber.

Mengenal lebih dekat dengan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Sebuah institusi pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam kontribusi untuk bangsa melalui lulusan-lulusan yang baik. UNISA pun mempunyai komitmen yang kuat dalam mencerdaskan bangsa dengan meluluskan mahasiswa yang unggul.

Lebih dari 30 tahun, UNISA Yogyakarta mempunyai progres yang baik dalam bertransformasi menjadi sebuah institusi pendidikan yang unggul, berlandaskan spirit Islam, serta mempunyai fokus pada pengembangan di bidang ilmu kesehatan.

Sebagai kampus yang berlandaskan spirit Islam berkemajuan, UNISA Yogyakarta menerapkan nilai-nilai dasar universitas dengan dengan nilai-nilai Islam. Adapun nilai-nilai dasar universitas mencakup berakhlak mulia, amanah, profesional, kolaboratif, dan unggul.
Bangunan Kampus Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
Bangunan Kampus Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (Dokumentasi Pribadi)
Berdasarkan nilai-nilai dasar universitas dan serta visi-misi, tentunya UNISA Yogyakarta mempunyai tujuan setiap lulusannya dapat memajukan kehidupan bangsa, mempunyai karya ilmiah, menghasilkan karya inovatif, mempunyai moral spiritual dengan pemikiran Islam Berkemajuan, serta pemberdayaan perempuan dengan berlandaskan nilai-nilai Islam Berkemajuan.

Untuk menggapai asa dalam mencerahkan generasi bangsa, Kampus UNISA Yogyakarta sudah melakukan berbagai inovasi khususnya berkaitan dengan Tridharma. Mulai dari pendidikan untuk mahasiswa, penelitian yang dilakukan oleh dosen secara mandiri ataupun bersama mahasiswa, serta pengabdian kepada masyarakat.

Menciptakan Lulusan Unggul Melalui Pendidikan.
Saat ini kampus UNISA Yogyakarta mempunyai tiga fakultas. Adapun fakultasnya adalah Fakultas Ilmu Kesehatan; Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial & Humaniora; serta Fakultas Sains & Teknologi. Dari tiga fakultas tersebut dibagi menjadi beberapa program studi, meliputi Program Vokasi Program Sarjana, Program Pascasarjana, serta Program Profesi.

Pada fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, & Humaniora, Kampus UNISA Yogyakarta memiliki program studi S1 Akutansi, S1 Manajemen, S1 Administrasi Publik, S1 Ilmu Komunikasi, dan S1 Psikologi. Beberapa prodi sudah terakreditasi BAN-PT seperti S1 Ilmu Komunikasi SK BAN-PT Nomor 975/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019. Berlaku hingga tahun 2024.

Selain itu, Program Studi S1 Administarsi Publik, S1 Manajemen, S1 Akutansi, serta S1 Psikologi juga sudah mendapatkan akreditasi BAN-PT. Sehingga di tahun-tahun berikutnya, Kampus UNISA Yogyakarta bisa fokus persiapan reakreditasi kembali.

Di Fakultas Sains & Teknologi mencakup tiga program studi, antara lain; S1 Arsitektur, S1 Bioteknologi, dan S1 Teknologi Informasi. Ketiga program studi di Fakultas Sains & Teknologi ini pun sudah teraklreditasi oleh BAN-PT. Sehingga ke depannya tinggal mempertahankan saat reakreditasi atapun membuat lebih unggul bagi program studi yang nilainya baik.

Fakultas Ilmu Kesehatan mempunyai banyak prodi dengan berbagai pilihan. Program Vokasi sendiri meliputi D3 Kebidanan, D3 Radiologi, D4 Teknologi Laboratorium Medis, dan D4 Keperawatan Anestesiologi. Untuk pilihan S1 di Fakultas Ilmu Kesehatan bisa memilih program studi S1 Pendidikan Profesi Bidan, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Fisioterapi, dan S1 Gizi.
Bangunan Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
Bangunan Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (Dokumentasi Pribadi)
Guna memberikan pendidikan yang unggul, kampus UNISA Yogyakarta juga sudah mempunyai program pascasarjana di bidang kesehatan dengan Program Studi S2 Ilmu Kebidanan, dilengkapi dengan Profesi Ners dan Profesi Fisioterapi.

Jika fakultas yang lain terakreditasi BAN-PT, berbeda halnya dengan Fakultas Ilmu Kesehatan. Di tahun 2019 atau awal 2020, lembaga yang melakukan akreditasi adalah tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Borang akreditasi yang disusun menjadi Sembilan Standar, ada banyak borang akreditasi yang terkait Tridharma Universitas; yakni pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Tentu saja setiap universitas diminta lebih aktif melibatkan mahasiswa dalam sebuah penelitian hingga luarannya artikel di jurnal internasional.

Sebagian besar program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan sudah terakreditasi oleh LAM-PTKes. Seperti Magister Kebidanan mendapatkan Akreditasi Unggul dari LAM-PTKes, ataupun program studi yang lainnya dengan akreditasi yang Baik. Semoga ke depannya, seluruh progam studi terakreditasi unggul oleh LAM-PTKes.

Menilik banyaknya program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan ini sejalan dengan cita-cita bangsa Indonesia yang bisa memberikan pemerataan pelayanan di seluruh negeri. Harapannya, UNISA Yogyakarta bisa meluluskan tenaga medis dengan baik, serta berkontribusi di pelayanan kesehatan di sudut-sudut negeri.

Berinovasi dan Kolaboratif dalam Penelitian
Sebagai institusi pendidikan, setiap dosen pengajar mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan penelitian terkait keilmuannya dengan harapan luarannya adalah artikel yang terpublish di jurnal internasional. Karena hal ini nantinya berguna untuk menaikkan nilai pada saat akreditasi.

Melihat tantangan ini, Kampus UNISA Yogyakarta pun sudah melakukan skema penelitian dan pengabdian masyarakat yang tepat dengan memberikan dana penelitian yang sudah diseleksi dengan baik oleh lembaga internal.

Skema dana penelitian di Kampus UNISA Yogyakarta ini terbagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari penelitian dasar, penelitian kerjasama dalam negeri, penelitian kerjasama luar negeri, ataupun penugasan yang lainnya.

Hasil luaran dari penelitian biasanya berbentuk artikel di jurnal, baik jurnal terakreditasi nasional ataupun internasional. Ditilik dari website Kampus UNISA Yogyakarta, ada banyak luaran artikel yang ditulis oleh dosen pengajar dari ketiga fakultas.
Mahasiswa mengakses skripsi untuk referensi penelitiannya
Mahasiswa mengakses skripsi untuk referensi penelitiannya (Dokumentasi Pribadi)
Publikasi di jurnal internasional seperti ScienceDirect ataupun Biodiversitas Journal of Biological Diversity. Harapannya di tahun 2023 ini, masih banyak luaran hasil penelitian dosen pengajar di jurnal-jurnal bereputasi yang terbit.

Tak hanya dosen pengajar, agar lebih baik penelitian tersebut melibatkan mahasiswa dalam program penelitian payung, sehingga nantinya nilai saat akreditasi lebih baik lagi serta mahasiswa mampu menulis publikasi yang baik.

Bahkan, di Kampus UNISA Yogyakarta sendiri sudah mempunyai wadah khusus jurnal yang diterbitkan oleh kampus. Menilik dari beberapa jurnal yang sudah ada, beberapa sudah terindeks Sinta dan terakreditasi. Tentu ini menjadi nilai tambah untuk bisa mempunyai banyak luaran artikel dari mahasiswa yang lulus.

Selain luaran penelitian seperti publikasi, Kampus UNISA Yogyakarta juga sudah mempunyai luaran produk ataupun apapun itu yang sudah tercatat oleh HKI. Biasanya luaran HKI bisa seperti video pembelajaran, penelitian, atau yang lainnya. Seluruh proses pengajuan HKI di Kampus UNISA Yogyakarta terpusat di Sentra HKI UNISA Yogya.

Berkontribusi dalam Pengabdian kepada Masyarakat
Pendidikan dan penelitian biasanya fokus di internal kampus, sementara untuk bias mempunyai banyak jejaring serta dapat berkontribusi kepada masyarakat, setiap kampus mempunyai program pengabdian kepada masyarakat.

Pun dengan Kampus UNISA Yogyakarta, institusi ini mepunyai banyak program yang mengajak mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat. Menerapkan ilmu yang didapatkan demi kesejahteraan masyarakat lebih baik.

Di tahun anggaran 2022/2023 sendiri, Fakultas Ilmu Kesehatan UNISA Yogyakarta sudah mempunyai 50 pengabdian kepada masyarakat yang dianggarkan hibah internal. Kegiatan ini meliputi pemberdayaan manajemen kesehatan, peningkatan literasi informasi, pencegahan stunting, serta kegiatan lainnya yang berfokus pada kesehatan masyarakat.
Sekumpulan mahasiswa asyik berdiskusi santai di taman UNISA Yogyakarta
Sekumpulan mahasiswa asyik berdiskusi santai di taman UNISA Yogyakarta (Dokumentasi Pribadi)
Pada pengabdian kepada masyarakat seperti ini, dosen koordinator mengajak mahasiswa untuk berdedikasi kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan. Mulai dari monitoring hingga evaluasi. Pengabdian kepada masyarakat seperti ini biasanya berkesinambungan.

Dalam lingkup kecil, pengabdian kepada masyarakat biasanya seputar di satu wilayah. Untuk wilayah lebih luas hingga internasional, biasanya Kampus UNISA Yogyakarta bekerjasama dengan instansi lain di dalam negeri ataupun luar negeri.

Jika ditilik dari website UNISA Yogyakarya, MOU UNISA Yogyakarta dengan beberapa instansi luar negeri seperti Universiti Teknologi MARA Malaysia (UiTM). Artinya, Kampus UNISA Yogyakarta terus bergerak maju agar pengabdian kepada masyarakat bias menjadi lebih luas dan menjangkau internasional.

*****

Negara Indonesia mempunyai wilayah yang luas dengan ribuan pulau. Masyarakatnya tersebar di berbagai pelosok negeri dengan pelayanan kesehatan yang belum bisa merata. Harapannya, lulusan-lulusan dari Kampus UNISA Yogyakarta ini bisa mengabdi untuk negeri.

Mereka dididik di kampus, lantas mengabdi di tempatnya masing-masing dengan tetap menjaga almamater. Memberikan kontribusi yang lebih baik di instansinya masa datang, serta tetap menjalin komunikasi yang baik dengan kampus, bahkan sebagai pemberi informasi adanya Kampus UNISA Yogyakarta di daerahnya.

*Catatan:
· Foto dokumentasi milik pribadi
· Sumber-sumber informasi dari https://www.unisayogya.ac.id/id/

6 komentar:

  1. Jujur baru dengar ttg universitas ini. Selama ini taunya UGM dan UII kalo Jogja ๐Ÿ˜….

    Tapi lumayan komplit jurusannya, dan ada pasca sarjana juga utk program kesehatan ๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada kerabat yang pengen kuliah di Jogja dengan fokus kesehatan, bisa ke sini sebagai opsi mbak heheheheh

      Hapus
  2. wah udah lama juga ya, 30 tahunan lebih.
    semoga makin jaya kampus UNISA ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn, semoga mencetak lulusan-lulusan yang bisa berkontribusi untuk bangsa

      Hapus
  3. Gak sengaja terdampar di blog ini yg keren bgt. Byk informasi yg bs di dpt. Btw lam knl mas... ijin aku follow blognya ya... ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah membaca tulisan di blog saya, salam kenal, sukses untuk kita semua

      Hapus

Pages