Kafe Tempat Nongkrong di FK-KMK UGM - Nasirullah Sitam

Kafe Tempat Nongkrong di FK-KMK UGM

Share This
Santap siang di Maison Daruma FK-KMK UGM
Santap siang di Maison Daruma FK-KMK UGM
Saat ini, kita bisa melihat banyak kafe yang buka di area kampus UGM. Seperti Zomia di Fakultas Kehutanan, Pinarak Chotea and Eatery, Kopi Lembah UGM, hingga yang lainnya. Di kawasan FK-KMK UGM sendiri, kita bisa mengopi di Maison Daruma, Kedai Roti O, atau membuat kopi di fasilitas JumpStart.

Kafe menjadi salah satu tempat alternatif para mahasiswa untuk mengerjakan tugas kampus. Di FK-KMK UGM, ada beberapa tempat terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul, hanya saja tetap ada yang ingin bersantai sambil mengopi.

Salah satu kafe yang ramai menjadi tempat untuk bersantai sembari mengerjakan tugas adalah Maison Daruma. Kedai kopi ini berada di lantai 1 Gedung Pascasarjana Tahir Foundation saya selatan. Tempatnya nyaman untuk mengerjakan tugas ataupun berdiskusi.

Bahkan acapkali dosen ataupun mahasiswa berdiskusi di kedai kopi ini. Bagi yang ingin lebih privat, kita bisa menyewa tempat yang tertutup. Aku sendiri pernah mengopi di Maison Daruma. Kedai kopi yang buka pada awal pandemi ini menarik untuk disambangi.
Kedai Kopi Maison Daruma FK-KMK UGM
Kedai Kopi Maison Daruma FK-KMK UGM
Maison Daruma hadir dengan tempat yang lebih luas dan strategis. Berbagai menu tersaji, pun dengan minuman yang beragam. Pertama kali masuk Maison Daruma, yang kupesan adalah es daruma. Selain itu, kadang juga pesan latte ataupun minuman manual seduh.

Kafe ini menjadi favorit para mahasiswa manca, karena ada beberapa menu makanan yang sesuai dengan mereka. Pun kalau ada tamu luar negeri, lebih gampang mengarahkan delegasi untuk makan siang di tempat ini.

Untuk mahasiswa, keberadaan Maison Daruma menjadi opsi bagi mereka yang yang ingin mengerjakan tugas tenggat waktu di kafe yang lokasinya di tengah kampus. Segelas minuman kopi dapat memantik mereka mengerjakan tugas hingga tuntas.

Berbagai inovasi untuk kampus terus berlanjut. Selepas pandemi, di tahun 2023 kembali FK-KMK membuat inovasi bekerjasama dengan salah satu outlet roti yang populer di berbagai stasiun kereta api. Roti O membuka cabang di FK-KMK UGM.
Menu di Maison Daruma FK-KMK UGM
Menu di Maison Daruma FK-KMK UGM
Keberadaan kedai Roti O di FK-KMK UGM membuat mahasiswa makin mempunyai opsi dalam menikmati minuman. Gerai Roti O di FK-KMK UGM lokasinya strategis, tepat di selasar depan Perpustakan FK-KMK UGM. Sehingga mudah diakses oleh mahasiswa.

Sejak Roti O buka di FK-KMK UGM, seringkali terlihat mahasiswa asyik bersantai sembari menikmati minuman atau roti dengan harga terjangkau. Meja dan kursi di tempat terbuka tanpa ada atap. Biasanya menjelang siang ataupun sore hari, Roti O ramai pengunjung.

Aku sendiri pernah beberapa kali membeli minuman di Roti O. Biasanya, aku memesan kopi susu gula aren. Minuman yang sama aku pesan tiap menunggu kereta api di stasiun Lempuyangan ataupun menunggu KRL di stasiun Balapan Solo.

Salah satu yang harus diperhatikan dengan adanya Roti O di perpustakaan FK-KMK UGM adalah tempat terbuka untuk pengunjung. Mahasiswa tentu bakal lebih sering berkunjung ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas, dan mereka membutuhak meja serta kursi lebih banyak.

Hal ini bisa jadi sudah diprediksi oleh perpustakaan FK-KMK UGM. Sehingga ke depannya perpustakaan menyediakan akses meja dan kursi lebih banyak. Seperti yang kita tahu, yang mengakses buku tercetak tidak sebanyak tahun-tahun 2000an awal.
Kongkow di Roti O Perpustakaan FK-KMK UGM
Kongkow di Roti O Perpustakaan FK-KMK UGM
Mahasiswa sudah dimudahkan dengan berbagai akses koleksi digital. Di FK-KMK UGM sendiri sudah melanggan berbagai jurnal internasional yang dapat diakses secara gratis melalui EZ Proxy, atau mengakses jurnal yang diterbitkan UGM melalui tautan Jurnal UGM. Serta tidak ketinggalan akses internet yang cepat menggunakan SSO UGM.

Tak berhenti dengan dua kafe saja, FK-KMK bersama fakultas-fakultas lain di UGM juga menyediakan mesin kopi JumpStart. Di FK-KMK UGM terdapat tiga mesin yang diletakkan pada gedung-gedung terpisah. Di Gedung Pascasarjana Tahir Foundation, di Gedung Grha Wiyata, serta di Gedung Radioputro.

Berbeda dengan kedua kafe yang harus ada tempatnya. JumpStart Coffee ini adalah mesin kopi yang menyediakan berbagai minuman dengan layanan mandiri. Kita bisa memesan minuman seperti kopi susu atau minuman lainnya dengan cukup menekan layar sentuh.

Dua mesin kopi hanya melayani minuman panas, sementara mesin kopi di Grha Wiyata bisa melayani opsi minuman dingin. Tentu saja, dengan keberadaan mesin kopi ini menjadi pilihan alternatif para sivitas akademika ketika ingin menikmati kopi di kampus.
Mesin Kopi Jump Start di FK-KMK UGM
Mesin Kopi Jump Start di FK-KMK UGM
Aku sendiri sudah beberapa kali membeli kopi di JumpStart. Pembayarannya dengan pindai kode batang yang sudah disediakan. Harganya pu lebih terjangkau. Tentu kita dapat menikmati kopi dengan harga sekitar 10.000 rupiah.

Adanya mesin kopi JumpStart harus diimbangi dengan kepekaan kita menjaga kebersihan. Gelas sekali pakai dari JumpStart harus kita buang pada tempatnya. Jangan sampai meninggalkan bekas gelas di sudut-sudut bangunan, sehingga malah mengotori lingkungan kampus.

Terlepas dari tiga tempat mengopi ini, di FK-KMK UGM juga menyediakan beberapa kantin yang bisa dijadikan opsi menikmati santap siang sembari mengerjakan tugas. Ada juga tempat terbuka untuk mahasiswa pascasarjana di lantai 4 Gedung Tahir Foundation, dan beberapa spot terbuka untuk seluruh sivitas akademika.

Selain itu, patut kita tunggu inovasi-inovasi yang lainnya di FK-KMK UGM untuk menunjang pembelajaran di kampus. Salah satu yang menarik untuk ditunggu tentunya pembangunan gedung Paleoantropologi. Karena konsepnya bakal ada museum Paleoantropologi dan museum Anatomi. Harapannya tentu banyak spot area terbuka untuk mahasiswa. *FK-KMK UGM; Januari 2024.

2 komentar:

  1. kok keren yaa!! Coffee shop mulai masuk ke area kamp sehingga punya pilihan mau ngopi di dalam kampus. Ga perlu keluar area kampus. Tetap bisa nugas dan diskusi sambil ngopi.
    Mesin kopi jump start mengingatkan pada kopi yummy indomaret. Harga murah meriah untuk ngopi enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang di UGM banyak banget kedai kopinya, hehehehhe

      Hapus

Pages