Naik Travel Rimba Raya Fabulous Class Yogyakarta – Jepara - Nasirullah Sitam

Naik Travel Rimba Raya Fabulous Class Yogyakarta – Jepara

Share This
Rimba Raya Fabulous Class
Rimba Raya Fabulous Class
Rimba Raya menjadi salah satu travel yang sering aku naiki. Baik rute Jogja-Jepara ataupun Jogja-Semarang. Armada yang digunakan adalah mobil Hiace Premio, sehingga tempat duduknya luas. Di tahun 2024, Rimba Raya berinovasi dengan tambahan armada armada Fabulous Class.

Bus medium dengan kursi 16 penumpang ini menjadi terobosan yang menarik bagi pecinta travel, khususnya untuk rute Jogja-Jepara. Sejak awal tahun 2024 dibuka, aku memang sudah mempunyai rencana ingin menjajalnya. Tentu rute yang pesan Jogja-Semarang.

Empat hari sebelum keberangkatan, aku menyempatkan mampir di pool Rimba Raya Jogja. Lokasinya di seberang parkiran THR. Bagi generasi sekarang, mungkin lebih kenal di daerah dekat Jogjatronik. Aku mengayuh sepeda menuju lokasi dari Angkringan Memet Malioboro.

“Jadwalnya setiap kamis-senin, pak. Selasa-rabu tidak beroperasi,” terang admin di Rimba Raya.

Namun, admin tersebut menginformasikan bahwa untuk hari rabu ini jalan. Karena kamis sampai minggu libur panjang. Aku langsung memesan satu kursi untuk mengamankan. Setelah kubayar melalui fitur pindai kode batang, aku balik ke kosan.
Rimba Raya Fabulous Class rute Jogja Jepara
Rimba Raya Fabulous Class rute Jogja Jepara
Jam keberangkatan dari Jogja sesuai dengan waktuku pulang kerja. Awalnya, aku ingin menunggu di terminal Jombor, namun akhirnya aku sengaja menuju pool-nya. Terpikirkan untuk membuat semacam konten vlog naik bus medium Rimba Raya, pun dengan konten blog.

“Keberangkatan nanti pukul 17.30 WIB, pak,” terang pegawai di pool.

“Aku boleh motret bus-nya, mbak?” tanyaku memastikan.

Beruntung, aku diperbolehkan untuk mengambil konten foto dan video sebelum bus berjalan. Pukul 16.50 WIB, aku sudah di pool, dan diizinkan masuk sopir travel. Aku ditinggal sendirian di dalam bus. Dibebaskan mengambil konten, mumpung cahaya masih terang.

Fabulous Class Rimba Raya dengan rute Jogja – Jepara merupakan bus medium dengan kursi penumpang sebanyak 16 penumpang. Satu kursi di sisi kiri dan dua kursi di sisi kanan. Bagian belakang terdapat empat kursi yang berjejeran.

Tentu saja tempat duduknya lebih luas. Bahkan kita bisa sedikit rebahan untuk tidur di sepanjang perjalanan. Bagiku, armada bus Fabulous Class ini jauh lebih menyenangkan, karena kaca bagian samping lebar. Sehingga kita bisa menikmati pemandangan saat siang hari.
Tempat duduk Rimba Raya Fabulous Class nyaman dan luas
Tempat duduk Rimba Raya Fabulous Class nyaman dan luas
Sayangnya dari Jogja menjelang petang, pemandangan sepenuhnya gelap. Hanya kelap-kelip lampu. Berbeda halnya jika perjalanan dari Jepara. Kita bisa leluasa melihat pemandangan di setiap ruas jalan. Menarik dicoba saat di Jepara.

Fabulous Class milik Rimba Raya ini konsepnya mirip dengan sleeper bus. Fasilitasnya pun cukup mumpuni untuk rute perjalanan Jogja – Jepara yang dapat ditempuh selama 6 sampai 7 jam. Bagasi untuk barang ada di beberapa tempat.

Fasilitas yang ada di dalam bus sebungkus snack ringan lengkap dengan air mineral. Di dalam bus juga disediakan dispenser yang bisa kita gunakan untuk menyeduh kopi ataupun teh. Setiap kursi terdapat selimut dan bantal kecil. Lengkap sudah untuk menemani perjalanan.

Selain itu, di bagian tengah terdapat semacam pintu. Hanya saja, sewaktu kami jalan, pintu yang digunakan untuk akses keluar masuk hanya bagian depan. Tak ketinggalan satu pramugari bus yang bertugas mengatur penumpang.

Aku memang kurang mengekslpore banyak di bus Fabulous Class Rimba Raya ini, tapi selama lebih 3 jam perjalanan sampai Semarang, rasanya travel rute Jogja - Jepara ini masih paling kurekomendasikan. Meski aku sendiri beberapa kali menaiki travel yang berbeda saat ke Jepara.
Tersedia dispenser untuk membuat kopi ataupun teh panas
Tersedia dispenser untuk membuat kopi ataupun teh panas
Perjalanan lumayan jauh lebih lama, libur panjang menyebabkan kemacetan di semua ruas jalan. Aku tetap santai, yang penting masih terus berkomunikasi dengan orang rumah. Sampai di Ambarawa, bus berhenti di salah satu SPBU. Supir istirahat sejenak sembari mengopi.

Seperti biasa, aku turut turun. Sesekali menyapa sesama penumpang. Bahkan sempat berbincang dengan supir travel Rimba Raya yang menggunakan armada Hiace Commuter. Lebih dari 15 menit, perjalanan kembali dilanjutkan. Armada bus Fabulous Class menyibak keramaian hingga Bawen.

Sesuai dengan harapanku, bus langsung masuk Tol Bawen, rute ini tentu menyingkat perjalanan daripada harus melintas jalan utama hingga Banyumanik. Beruntungnya, bus ini sampai pintu keluar di dekat terminal Terboyo, sehingga pukul 22.00 WIB sudah sampai di Terboyo.

Durasi tempuh dari Jogja ke Terboyo Semarang 4.5 jam, ini menurutku normal karena jalanan libur panjang yang cukup macet di beberapa titik, pun dengan keberangkatan dari Jogja saat jalanan memang padat. Bus berhenti di dekat bus patas rute Semarang – Surabaya.
Menyibak jalanan Jogja menuju Jepara
Menyibak jalanan Jogja menuju Jepara
Travel Rimba Raya mempunyai terobosan yang membuatnya makin banyak pelanggan. Jauh sebelumnya, armada dengan rute Jogja – Jepara didominasi Elf, bahkan ada beberapa travel plat hitam yang beroperasi. Tahu-tahu Rimba Raya dengan armada Hiace Premio.

Salah satu yang membuatku memilih aramada Rimba Raya sebagai pilihan tiap ke Jepara adalah, mereka tidak berganti armada sesampai di Semarang. Jadi armada berhenti sebentar, ambil penumpang, dan langsung melanjutkan perjalanannya.

Fabulous Class Rimba Raya ini menarik untuk kalian coba saat ingin berkunjung ke Jepara. Terlebih jika kalian bersama rombongan yang ingin menyeberang ke Karimunjawa. Waktu keberangkatannya sesuai, dan kalian bisa turun di pantai Kartini.

Armada Fabulous Class bus ini hanya sampai Jepara. Jika ingin ke tempat yang lain, konon Rimba Raya menyediakan kendaraan yang lebih kecil untuk menjangkau. Semacam shuttle di travel tersebut. Buat kalian yang penasaran dengan Fabulous Class Rimba Raya, bisa menjajalnya di lain kesempatan. *Jogja-Semarang; Rabu, 22 Mei 2024.

2 komentar:

  1. Aku malah baru tahu bus ini. Mungkin karena bus baru jalan di awal tahun 2024. Kalau dilihat bus mirip kayak joglosemar. Ukuran bus medium. Tidak banyak kursi penumpang sehingga cocok untuk melibas jalanan daerah jambu-magelang yang terkenal sempit dan berkelok. Waktu tempat jogja-semarang (dan sebaliknya) memang sulit diprediksi. kalau terjadi macet parah bisa lebih lama lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau joglosemar pernah naik tapi ndak seluang sekarang. Ini cuma 16 orang heheheh

      Hapus

Pages