Servis Sepeda Lipat di Dopilas Garage Jogja - Nasirullah Sitam

Servis Sepeda Lipat di Dopilas Garage Jogja

Share This
Servis sepeda di Dopilas Garage
Servis sepeda di Dopilas Garage
Selama beberapa tahun di Jogja, aku sudah mendatangi banyak bengkel ataupun tempat servis sepeda yang cocok. Awalnya, aku sering servis sepeda di Rodalink Janti, lantas mencoba di beberapa tempat toko sepeda sepanjang jalan Solo.

Hingga suatu ketika, kawan Bike to Work Jogja merekomendasikan salah satu bengkel yang lokasinya di dekat UNY, namanya Dopilas Garage. Sampai sekarang, tempat bengkel sepeda tersebut yang sering menjadi langganannku untuk servis sepeda.

Dopilas Garage berlokasi di gang Endra, Mrican, Caturtunggal. Tempat ini memang masuk gang, dari jalan Affandi, bisa masuk gang setelah hotel Yellow Star Gejayan misalkan dari selatan. Nantinya, ketemu bengkel ditandai dengan spanduk bertuliskan “Dopilas Garage”.

Kali ini kau hendak servis sepeda lipat. Lebih dari satu tahun, sepeda lipatku tak pernah diservis. Pun jarang kupakai. Lebih sering terlipat dan kumasukkan dalam kardus bawaan. Sepeda ini hanya kupakai jika istri di Jogja. Itupun gowes dengan jarak kurang dari 5 kilometer dari kosan.

Beberapa hari sebelumnya, aku menghubungi pemilik bengkel Dopilas Garage melalui WA. Kutanyakan apakah hari sabtu buka atau tutup. Beliau merespon dengan cepat, bahkan menawarkan untuk mengambil sepeda sendiri ke kosan.
Lokasi bengkel Dopilas Garage Jogja
Lokasi bengkel Dopilas Garage Jogja
“Sekalian main mas. Paling pukul 10.00 WIB aku datang,” tulisku di WA.

Aku memesan ojek daring untuk ke lokasi. Kemarin, sepeda lipat yang kubawa ke tempat kerja bocor. Alhasil, pulangnya harus kunaikkan ojek daring. Kusempatkan mengabari beliau sebelum berangkat ke bengkel. Jarak bengkel dengan kosan tak sampai 3 kilometer.

Ojek daring yang kupesan sudah jalan. Kuberitahu gang yang dilewati. Benar saja, sesampai di bengkel, pemilik bengkel sudah siap menyambut. Sepeda lipat yang kubawa langsung diservis. Aku juga meminta untuk mengganti ban dalamnya.

Datang pagi, sepedaku langsung dicek sebelum diservis. Aku sendiri lebih asyik melihat berbagai peralatan yang terpajang di tembok. Alat-alat untuk mendukung rakit sepeda sudah lebih lengkap dan baru. Beliau mengatakan kalau memang membeli beberapa tambahan alat untuk pendukung rakit sepeda.

“Kalau mau rakit sepeda sudah lengkap alatnya, mas,” terang pemilik bengkel.

Seingatku, beberapa tahun yang lalu, kawan blogerku juga sempat merakit sepedanya di sini. Waktu itu masih di tempat bengkel yang lama. Pun dengan beberapa kawan sepeda lainnya. Bahkan, program Pitulung Sepeda pun beberapa kali merakit di sini.
Peralatan yang ada di bengkel Dopilas Garage
Peralatan yang ada di bengkel Dopilas Garage
Tempat bengkel lebih luas, berbagai perlengkapan sepeda banyak yang dipajang. Kita bisa melihat banyak bagian sepeda yang mungkin dibutuhkan. Misalkan butuh bagian sepeda yang tidak ada di sini, kalian juga dapat memesan untuk dicarikan.

Beberapa tahun yang lalu, perjalanan pulang dari Bike Camp di Jurang Jero Magelang, velg sepedaku terbentur batu dan penyok. Aku langsung menghubungi pemilik bengkel Dopilas Garage untuk dicarikan sepasang velg dan ruji.

Kami hanya berkomunikasi melalui WA, lantas aku cukup menunggu waktu barang datang. Kemudian tinggal memasang keduanya sekaligus diservis. Saat itu, sepeda yang kuservis adalah MTB. Sepeda kesayangan untuk berkendara ke tempat kerja.

Pagi ini memang belum ada sepeda tambahan yang hendak diservis. Beliau sibuk mengganti ban dalam sepeda, lantas memeriksa tiap bagian yang ada di sepeda. Aku cukup memperhatikan sembari mengambil beberapa gambar. Untuk sepeda harian, bagian pengereman dan rantai menjadi bagian terpenting untuk diperiksa.

Seingatku, sepeda lipat yang kubeli secara daring melalui aplikasi ini memang jarang kuservis. Hanya beberapa kali, itupun sewaktu awal datang. Setelahnya, lebih banyak tergeletak di dalam kamar kos. Di tahun 2024 ini, aku mulai rutin menggunakan sepeda tersebut sebagai sarana transportasi.
Sibuk servis sepeda
Sibuk servis sepeda
“Kuambil besok saja ya mas. Mau pulang dulu,” ujarku sembari berpamitan.

“Nanti sore sudah jadi kok mas. Nanti kukabari kalau sudah selesai,” balasnya.

“Santai saja, mas.”

Sewaktu aku hendak pulang, datang satu pelanggan lagi yang menaruh sepeda jenis city bike untuk diservis. Sepertinya, banyak pesepeda yang rata-rata mahasiswa datang memperbaiki sepedanya di sini. Pun dengan teman-teman komunitas sepeda di Jogja.

Dopilas Garage merupakan salah satu bengkel sepeda yang berlokasi strategis dengan beberapa kampus di Jogja. UGM, UNY, Atma Jaya, dan Sanata Dharma pun dekat. Sehingga bisa menjadi opsi bagi mahasiswa yang ingin servis sepedanya.

Di Jogja, aku mempunyai beberapa kawan ataupun sejawat yang mempunyai usaha bengkel sepeda. Di Bantul misalnya, ada kawan yang membuka bengkel di Jalan Imogiri, pun dengan bengkel Pak Sofyan yang kondang di Jogja.
Sepeda lipatku sedang diservis
Sepeda lipatku sedang diservis
Sementara itu, di sekitaran barat mungkin ada bengkel sepeda pak Harry Flash. Atau sekitaran Pakuncen ada kenalan mas Gege. Di Jogja, bahkan ada kawan yang bisa diminta untuk servis ke rumah. Menarik memang. Terkadang, setiap event sepeda pun kita merangkul sejawat untuk menjadi tim mengatasi permasalahan sepeda.

Salah satu hal yang menyenangkan mempunyai bengkel langganan tentunya kita bisa berkonsultasi lebih terkait sepeda. Sore harinya, aku dikabari jika sepeda sudah selesai diservis. Aku membayar melalui QRIS yang ada di meja bengkel.

Waktunya kembali menggunakan sepeda lipat ke tempat kerja. Sebelum pulang, aku ingat kalau rantai sepeda MTB sudah waktunya untuk diganti. Aku kembali menghubungi pemilik bengkel untuk mencarikan rantai sepeda tersebut. Jika sudah ada, tinggal kutaruh sepeda sekaligus diservis.

Jika kalian ingin berdiskusi atau tertarik untuk mencari bengkel sepeda di sekitaran dekat kampus UNY maupun UGM. Aku merekomendasikan bengkel sepeda Dopilas Garage sebagai opsi yang tepat. Bilang saja tahu bengkel dari tulisan Sitam. Eh!! *Dopilas Garage; Jumat, 23 Februari 2024.

4 komentar:

  1. Dopilas Garage ini keren ya. Peralatan servis sepeda cukup lengkap dan rapi penyimpanannya. Terutama keramahan dan kebaikan melayani customer sampai menawarkan untuk ambil sepeda mas Siiam di kosan. Hasilnya pun oke. Bisa jadi langganan nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe, benar mbak. Terlebih kenal sama beliau

      Hapus
  2. itu kalau servis sepeda lipat harganya mulai dari brapa ya mas?
    jadi pengen masukin tempat servis
    ini sepeda lipatq joknya sampai lepas, gegara kepanasan
    enggak pernah kepake lagi
    tapi saya tinggal di gresik
    kayaknya enggak ada bengkel sepeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau total sekitar 150an, tergantung tempatnya mas.

      Hapus

Pages