Menikmati Keindahan Candi Plaosan

Setelah mengunjungi candi Sari, aku mengayuhkan sepeda menuju candi yang tak kalah indahnya. Nama candinya adalah Candi Plaosan. Candi ini tidaklah jauh dari kawasan Candi Prambanan. Hanya saja lokasi candi ini sudah masuk kawasan Klaten, Jawa Tengah. Mungkin diantara kalian sudah ada yang pernah menuju candi ini. Tapi aku yakin tidak sedikit pula yang belum mengunjungi candi ini.
Candi Plaosan
Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan Lor
Ini sejarah candi Plaosan yang aku ambil dari Wikipedia. Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara (pendamping/kecil) yang berbentuk stupa menandakan bahwa candi-candi tersebut adalah candi Buddha. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno. Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul (Wikipedia).

Kompleks Candi Plaosan Lor memiliki dua candi utama. Candi yang terletak di sebelah kiri (di sebelah utara) dinamakan Candi Induk Utara dengan relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita, dan candi yang terletak di sebelah kanan (selatan) dinamakan Candi Induk Selatan dengan relief menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Di bagian utara kompleks terdapat masih selasar terbuka dengan beberapa arca buddhis. Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara, juga parit buatan. Pada masing-masing candi induk terdapat 6 patung/arca Dhyani Boddhisatwa. Walaupun candi ini adalah candi Buddha, tetapi gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara agama Buddha dan Hindu.Berbeda dari Candi Plaosan Lor, Candi Plaosan Kidul belum diketahui memiliki candi induk. Pada kompleks ini terdapat beberapa perwara berbentuk candi dan stupa. Sebagian di antara candi perwara telah dipugar (Wikipedia).
Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan Lor
Kawasan Candi Plaosan Lor
Kawasan Candi Plaosan Lor
Setidaknya dua paragraf sejarah yang aku kutip dari Wikipedia bisa menambah informasi kalian tentang candi Plaosan ini. Sebenarnya letak kedua candi ini tidaklah berjauhan, mungkin sekitar 50 meteran saja. Diantara keduanya, Candi Plaosan Lor lah yang lebih indah dan lebih bagus. Selain itu juga bangunan candi induknya ada dua. Kalau bisa dibilang sih seperti candi kembar. Untuk menuju masuk ke candi Plaosan Lor kita dikenai biaya administrasi saja. Dari pihak pengelola tidak mengatakan berapa biaya saat aku masuk. Jadi aku memberikan uang 5k dan menulis nama di buku tamu. Tidak mahal bukan?
Kawasan Candi Plaosan Lor
Kawasan Candi Plaosan Lor
Kawasan Candi Plaosan Kidul
Kawasan Candi Plaosan Kidul
Kawasan Candi Plaosan Lor
Kawasan Candi Plaosan Lor
Bagi kalian yang memang suka gowes, ada baiknya mengunjungi candi ini. Kalau dari Jogja lebih baik melalui rute selokan mataram saja terus sampai dekat kawasan Prambanan. Kalau kalian para photographer aku sarankan kalau kesini saat pagi, kalau bisa subuh-subuh. Karena kalian bisa sekalian mengambil gambar candi dan sunrise secara bersamaan.

Menikmati Keindahan Candi Plaosan
Aku hanya ingin menyampaikan saja ke kalian, ternyata masih banyak candi-candi yang tidak kalah indahnya dengan candi Prambanan ataupun candi Borobudur. Jadi jangan sampai kalian tidak mengunjungi candi-candi lainnya. Oya, doakan juga dua minggu setelah ini aku bisa mengunjungi candi yang sangat indah diatas bukit. Nanti pasti aku posting kalau sudah kesana. Salam gowes…..! 
Baca juga postingan yang berkaitan sebelumnya 
Warung Ijo, Tempat Berkumpulnya Pesepeda Jogja

Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :