Menelisik Goa Jepang di Jogotirto, Berbah

Misi terakhir dalam gowes/bersepeda hari ini sebenarnya menelisik Goa Jepang di Jogotirto, Berbah ini. Karena setelah ini aku kembali pulang ke kos dan mencoba menulis apa-apa saja yang tadi sempat aku lihat, serta mempostingnya diblogku agar menambah postingan di minggu ini. Gowes ini juga sebagai penuntasan rasa penasaran atas ketiga tempat yang memang ingin aku kunjungi beberapa waktu yang lalu.
Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Bagian depan Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Situs Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Situs Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Goa Jepang yang aku sebut ini adalah goa yang letaknya ada di Dusun Sentonorejo, Jogotirto, Berbah, Sleman Yogyakarta. Kawasannya masih berdekatan dengan Goa Sentono yang tadi aku kunjungi, dan Candi Abang yang beberapa waktu lampau aku kunjungi juga. Jadi tidak begitu susah untuk mencari letak keberadaan goa ini. Rutenya, dari Goa Sentono nanti ke atas, arah Candi Abang. Pertigaan menuju Candi Abang tetap saja lurus sampai kebawah. Kemudian ikuti jalan setapak dari semen, dan tepat disamping pertigaan (kanan jalan) adalah letak Goa Jepang.

Goa Jepang di Berbah ini letaknya begitu dekat dengan rumah warga. Jadi tidak terlihat kesan angker sebenarnya, ini dikarenakan warga setempat ada yang bertugas membersihkan. Terdapat 4 goa yang berjejeran disini, kalau di Goa Sentono 3 goa yang tidak dalam, disini rata-rata dalam. Mungkin lebih dari 10 meter dalam setiap goanya. Dan aku tidak berani memasuki goa ini lantaran tidak membaca penerangan (senter) dan takut karena sendirian (baru pertama kali kesini).
Goa pertama di Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Goa kedua di Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Goa ketiga di Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Goa keempat di Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Keempat Goa Jepang, Jogotirto. Berbah, Sleman
Aku merangkum beberapa informasi dari berbagai blog yang sudah mengulas tentang goa ini. Menurut informasi Goa ini adalah salah satu peninggalan dari para tentara Jepang, dan Goa Jepang ini telah dibangun sebelum tahun 1945 (sumber). Untuk kegunaan goa ini sendiri aku masih belum tahu, entah sebagai tempat persembunyian, atau tempat pengumpulan senjata/makanan. Karena tidak banyak yang mengulas secara detail tentang fungsi goa ini dibangun.
Goa Jepang terlihat dari kejauhan


Aku sempat memasuki salah satu goa yang kedua, karena menurutku goa tersebut paling pendek, setelah aku kumpulkan sedikit keberanian, aku masuk sebentar. Cukup gelap ternyata di dalamnya. Jadi aku putuskan untuk keluar lagi, maklum karena baru pertama kali kesini, jadi tidak mau ambil resiko. Yang jelas, aku melihat diujung dalam goa ada lorong-lorong yang menyambungkan keempat goa ini.

Seperti tempat-tempat yang aku kunjungi hari ini, untuk memasuki Goa Jepang ini, kita tidak dipungut biaya sedikitpun. Jadi tidak ada alasan kita untuk tidak mengunjunginya, dan pastinya kita tetap diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian tempat wisata ini. tertarik untuk menyusuri goa-goa ini? Mungkin kalian bisa mengunjunginya pada akhir pekan. Selain tidak jauh dari kota, terjangkau naik sepeda, tempatnya pun cukup bersih.
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar :

  1. Biasanya goa jepang terkenal angker karena dulunya jadi tempat penyiksaan gitu. Tapi kalau dirawat dengan baik dan ada penerangan yang cukup seperti malah jadi tempat keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tempatnya didepan halaman warga mas, jadi malah terlihat bersih dan terawat

      Delete
  2. Jadi penasaran mas rullah.. Wong asli sleman malah belum pernah kesana.. Hee..hee..

    ReplyDelete
  3. yup agak ngeri kalau masuk goa sendirian
    kondisi lembab sering ada ularnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, goanya tidak dalam kok. Jadi aman :-D

      Delete
  4. DO Anda membutuhkan pinjaman untuk xmas atau Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan Anda melawan informasi lebih oke (homekredit@hotmail.com)

    ReplyDelete
  5. DO you need a loan for xmas or do you need a loan to pay out your bills counter more information okay (homekredit@hotmail.com)

    ReplyDelete