Menyusuri Pantai Pungkruk Jepara dengan Bersepeda

Selepas dari pantai Bandengan, perjalanan aku lanjutkan menuju pantai Pungkruk. Pantai ini berjarak sekitar 2km dari pantai Bandengan. Kalau dari pusat kota Jepara mungkin sekitar 7km. Aku kayuh sepeda ini  melalu jalanan yang cukup sepi dan lumayan bagus. Sebelum sampai dipantai Pungkruk, aku harus melewati sebuah jembatan kecil dan jalanan yang agak berlubang. Pantai Pungkruk ini tidaklah seperti pantai Bandengan yang terdapat hamparan pasir putih luas.
Jembatan kecil sebelum masuk pantai Pungkruk, Jepara
Jembatan kecil sebelum masuk pantai Pungkruk, Jepara
Jembatan kecil sebelum masuk pantai Pungkruk, Jepara
Pantai Pungkruk terlihat lebih banyak karang, terdapat sebuah bangunan taman yang belum selesai pengerjaannya. Akan tetapi pantai ini cukup bagus untuk kita memandang lautan lepas. Dari jalanan yang telah dibangun beberapa puluh meter, aku dapat melihat gulungan ombak yang pecak terhantam karang. Sepertinya konsep pantai ini rencananya untuk kawasan kuliner dan bermain keluarga. Dikawasan pantai Pungkruk terdapat beberapa fasilitas dan ruang permainan anak-anak, namum belum dapat dipergunakan secara maksimal.
Pemandangan dipantai Pungkruk, Jepara
Karang-karang kecil dipantai Pungkruk, Jepara
Fasilitas yang belum bisa dipakai dengan maksimal di Pantai Pungkruk
Fasilitas yang belum bisa dipakai dengan maksimal di Pantai Pungkruk
            Aku mencoba mengelilingi pantai ini dengan bersepeda, dan beberapa kali sempat mengabadikan gambar. Kalau kita memasuki kawasan pantai Pungkruk, kalian akan merasa seperti dipantai Parangtritis atau dipantai Depok. Disini banyak rumah-rumah yang menyediakan tempat kulineran. Menu andalannya tentulah ikan Pindang Serani khas Jepara. Selain banyak rumah makan, dikawasan ini juga banyak gazebo serta tempat karaoke. Wah seru juga ya, ada tempat karokean juga.
Jalanan untuk memandang pantai Pungkruk
Berpose dulu dengan sepeda di Pantai Pungkruk
Berpose dulu dengan sepeda di Pantai Pungkruk
Berpose dulu dengan sepeda di Pantai Pungkruk
Bangunan-banguna sepanjang pantai Pungkruk, Jepara
Bangunan-banguna sepanjang pantai Pungkruk, Jepara
Berhubung aku bersepedanya pagi hari, jadi tidak begitu ramai dan belum banyak warung yang buka. Jadi aku hanya menikmati pemandangan laut dan hempasan angin pantai. Pantai ini mungkin akan lebih banyak dikunjungi wisatawan kalau jalanan dan fasilitas taman permainan dipantai ini sudah selesai dibangun dan dikelola dengan baik. Oya, pokoknya kalau kesini kalian harus mencoba mencicipi kulinerannya ya, karena tidak semua pantai di Jepara seperti pantai Pungkruk. Dan ingat, pantai Pungkruk ini tidak ada hamparan pasir putih, jadi jangan mengira kalian kesini untuk bermain pasir.
Oke deh, sudah puas aku menikmati hempasan angin dipantai Pungkruk. Dan hari masih cukup pagi, perjalanan bersepedaku akan aku lanjutkan kepantai lainnya. Tapi tempatnya tidak dekat dari pantai ini. Aku harus balik menuju arah kota serta meneruskan perjalanan menuju pantai yang lainnya. 
Baca juga postingan lainnya
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. Kapan2 menyusuri pantai di jogja sob... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya gitu mas, kayaknya nyusur sepanjang pantai dari Baron sampai Wediombo menyenangkan :-) Nunggu ajakan teman-teman heeee

      Delete