Bermain Dipantai Ayah, Kebumen

Jika kita bermain kepantai daerah Kebumen, tentu pandangan kita pasti tertuju pada pantai Ayah. Pantai yang bernama pantai Logending ini lebih terkenal dengan sebutan pantai Ayah. Hal ini dikarenakan pantai ini berada desa/Kecamatan Ayah. Pasti kalian yang pernah berkunjung ke Kebumen sudah pernah main ke pantai ini.
Pemandangan Pantai Ayah, Kebumen
Pemandangan jembatan di pantai Ayah, Kebumen
Pemandangan jembatan di pantai Ayah, Kebumen
Pantai Logending/Ayah cukup membentang luas dikawasan Kebumen. Tidak semua pantainya terdapat hamparan pasir, karena ada beberapa tempat yang banyak karang-karang kecilnya. Tetapi keindahan pantai ini disaat pagi atau senja tetaplah terlihat mempesona. Dari pantai kita juga bisa melihat bukit yang hijau. Kita bisa melihat hutan yang terbentang didaratannya.

Pantai Ayah ini cukup luas, disana ada sebuah jembatan kecil yang dapat kita lalui saat sedang bersantai dipagi hari. Kita juga bisa melihat aktifitas para nelayan yang sedang menjaring ikan, ataupun sedang membersihkan sampannya. Selain itu, dipantai ini juga dekat dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Lumayan bukan, siapa tahu kamu ingin membeli ikan dipantai ini.
Hamparan pasir dipantai Ayah, Kebumen
Bukit-bukit dipantai Ayah, Kebumen
Beberapa warga menebar jaring ikan dipantai Ayah
Beberapa warga menebar jaring ikan dipantai Ayah
Selain pantainya yang cukup lapang, kita juga bisa menikmati indahnya muara sungai Bodo menggunakan perahu-perahu kayu yang disediakan para nelayan setempat. Dengan perahu-perahu kayu tersebut kita bisa menelusuri muara sungai Bodo yang merupakan pemisah antara wilayah Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap.  Dari sini kita bisa melihat hutan Mangrove yang menjadi tempat para biota laut untuk melangsungkan hidup.
Kapal-kapal bersandari dipantai Ayah, Kebumen
Pengunjung dipantai Ayah, Kebumen
Pengunjung dipantai Ayah, Kebumen
Aku dan teman-temanku dulu melakukan aktifitas berenang tidaklah dipantai Ayah. Karena lokasi/spot untuk berenang sangat sedikit. Kami menyeberangi ke kabupaten Cilacap yang hanya berjarak beberapa puluh meter saja menggunakan kapal-kapal kayu nelayan. Dan kami berenang disepanjang pantai tersebut.

Pantai Ayah adalah salah satu pantai yang sudah cukup terkenal di Kebumen ataupun Jawa Tengah. Mungkin kalian bisa singgah ke Pantai ini untuk bermain saat libur? Yah pantai yang cukup bagus untuk bermain, selain ke pantai ini, kalian juga bisa kepantai lainnya. Atau malah ingin ke Goa Jatijajar yang letaknya kira-kira 8 kilometer dari pantai ini? Kemanapun tujuan kalian, semoga kita tetap menjadi wisatawan yang peduli dengan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 
Baca juga postingan yang lainnya
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment