Bersantai di Pulau Tengah, Karimunjawa

Masih berbicara tentang Karimunjawa, mengupas tentang pantai Karimunjawa memang tidak ada habisnya. Iya memang seperti itu kenyataannya. Setiap pantai dan pulau tetaplah indah selama kita bisa menjaga pantainya, menjaga biota lautnya, dan tidak merusak terumbu karangnya.

Saat berkunjung ke Karimunjawa, jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi pulau-pulaunya. Salah satu pulau yang bisa kita kunjungi adalah pulau Tengah. Pulau ini sekitar 1.5 jam perjalanan dari Karimunjawa, tetapi hanya ditempuh beberapa menit saja dari Kemujan. Pulau ini terdapat beberapa rumah yang bisa kita gunakan untuk sekedar berteduh atau bersantai. Pulau ini berdekatan dengan pulau Kecil, hanya berjarak beberapa mil saja.
Peta Karimunjawa
Peta Karimunjawa, yang bertanda X merah adalah pulau tengah
Pulau yang luasnya sekitar 4 hektar ini banyak ditumbuhi pohon cemara, kita bisa bersantai dan bermain pasir putih dipantai ini. selain itu kita juga bisa melakukan aktifitas berenang ataupun snorkeling dipantai ini. Di pulau ini sudah dibangun dermaga kecil dari kayu sehingga kapal-kapal kecil atau kapal nelayan dapat bersandar. Untuk bersandar dipulau ini kita dikenai biaya sandar kapal.

Keindahan Pulau Tengah sudah dikenal para pecinta pantai, terutama mereka yang pernah berkunjung ke Karimunjawa. Bagaimana tidak, pulau tengah merupakan salah satu pulau yang selalu menjadi tujuan para wisatawan. Dipulau ini kita bisa memancing ikan, kadang juga bisa memancing cumi.
Salah satu bangunan rumah dipulau tengah
Salah satu bangunan rumah dipulau tengah
Salah satu bangunan rumah dipulau tengah
Jembatan kecil menyambungkan tiap bangunan
Pulau Tengah adalah salah satu pulau yang pertama kali dibuat resort untuk wisatawan. Kalau pulau-pulau lainnya mungkin pada tahun 2000an mulai dikelola, pulau tengah ini dari tahun 1990an sudah dipergunakan untuk tempat wisata. Hanya saja, sekitar tahun 2000an pulau ini kembali terbengkalai tanpa ada yang merawat sedikitpun. Dan bangunan rumah serta lainnya ini adalah peninggalan pemilik sebelumnya. Dari pulau tengah ini kita bisa memandang lepas kearah pulau Karimunjawa. Melihat pulau yang terdapat sebuah bukit menjulang tinggi. Kita juga bisa melihat lebih jelas kearah pulau gudul dan pulau kecil.
Terlihat pulau kecil didepan
Salah satu kapal bersandar dipulau tengah
Hamparan pasir putih dipulau tengah
Hamparan pasir putih dipulau tengah
Oya dari beberapa rumah yang dibangun diatas laut ini kita bisa melihat secara langsung terumbu karang. Kita juga bisa melihat gerombolan ikan-ikan kecil yang berlalu-lalang dengan mata telanjang. Pulau Tengah ini memang sangat eksotik bagi orang yang mengujunginya. Semoga keindahan pulau Tengah ini masih bisa terjaga selamanya, sehingga anak cucu kita nanti bisa melihat keindahan pulau satu ini. 
Baca juga postingan yang terkait 
Ada Bukit Love di Karimunjawa 
Melihat Karimunjawa dari Kapal 
BerburuSunset di Ujung Gelam, Karimunjawa
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. sayang sekali yaa kalau di pulau tengah udah mulai gak kerawat, smoga saja sudah ada yang mengelolah agar tempatnya kembali baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mulai terawat lagi, semoga pihak pengelola bisa menjadi lebih peka dan lebih bagus dalam mengelola pantai ini

      Delete