Menikmati Pantai Bandengan Jepara dengan Bersepeda

Kemarin seharian sudah mengelilingi kota Jepara dengan berjalan kaki dan mengunjungi banyak tempat seperti Kelenteng di Welahan, Museum RA. Kartini, Benteng VOC, Stadion Gelora Bumi Kartini, dan Jembatan Cinta Ujungbatu. Kali ini dihari kedua di Kota Jepara aku berencana untuk mengunjungi beberapa pantai yang ada disekitaran Kota Jepara. Rencananya tujuan awal pantai yang aku kunjungi adalah Pantai Bandengan, Pantai Pungkruk, Pantai Teluk Awur, serta pantai Semat.

Kota Jepara diguyur hujan selama semalaman, dan pagi ini pun masih hujan. Setelah menunggu sekitar lebih dari satu jam, akhirnya reda juga. Aku langsung mengambil sepeda adik keponakan untuk mulai menyusuri pantai. Setelah semua siap, aku langsung mengayuh sepeda menuju pantai Bandengan. Pantai ini sebenarnya mempunyai nama Pantai Tirto Samudro, lebih dikenal dengan sebutan pantai Bandengan karena lokasinya berada di Desa Bandengan. Dari pusat kota, pantai ini berjarak sekitar 5km.

Pintu gerbang pantai Bandengan, Jepara
Pintu gerbang pantai Bandengan, Jepara
Melewati Jembatan Cinta dan Stadion, aku menuju pantai Bandengan. Sepanjang jalan setelah stadion cukup rusak dan banyak lubang. Aku berhati-hati mengayuh sepeda. Kurang dari 30 menit, akhirnya aku sampai dipintu gerbang pantai. Aku sengaja masuk dan untungnya tidak diminta uang masuk. Kalau motor sih kena uang masuk, tapi aku tidak tahu berapa nominalnya. Sepeda ini langsung aku kayuh menuju area yang dekat dengan dermaga. Menurut salah satu warga yang aku temui, dermaga ini dibangun 3 tahun silam (sekitar tahun 2011), dan sampai sekarang masih bertahan dengan baik.
Jembatan kecil di Pantai Bandengan, Jepara
Jembatan kecil di Pantai Bandengan, Jepara
Pasir di Pantai Bandengan, Jepara
Pasir di Pantai Bandengan, Jepara
Pantai Bandengan ini sangatlah mempesona, walau cuaca dan ombak cukup besar dan membuat air agak keruh, ditambah angin yang kencang, tetapi aku masih dapat melihat keindahan dan kebersihan pasirnya yang putih. Pantai ini dijaga dan ada petugas yang membersihkan sampah-sampah dari laut, selain itu pantai Bandengan ini dilengkapi dengan batas penyelaman/berenang agar pengunjung bisa paham mana zona aman untuk berenang, tujuannya tentu untuk keamanan para wisatawan.
Aku dan sepedaku saat bersepeda ke Pantai Bandengan, Jepara
Aku dan sepedaku saat bersepeda ke Pantai Bandengan, Jepara
Aku dan sepedaku saat bersepeda ke Pantai Bandengan, Jepara
Aku dan sepedaku saat bersepeda ke Pantai Bandengan, Jepara
Oya, dipantai ini kita bisa melihat sunrise ataupun sunset loh kalau sedang cuaca mendukung. Sayang sekali saat aku berada dipantai ini hujan kembali turun walau tidak begitu deras. Aku merekomendasikan kalau menuju pantai ini saat sedang cuaca bagus, karena kalian akan bisa menikmati senja dengan sunset yang indah. Kalian juga bisa bermain pasir bersama orang-orang tercinta, ataupun bisa berenang dengan sepuasnya.

Pantai Bandengan ini adalah salah satu pantai yang paling popular di Jepara, dia hampir sejajar dengan pantai Kartini yang sudah terkenal lebih dahulu. Tetapi kalau pasirnya, kalian lebih baik ke pantai Bandengan. Keindahan pantai di Jepara tidak hanya Karimunjawa saja, pantai Bandengan adalah salah satu alternatif tempat tujuan wisata yang ada di Jepara, lokasinya tidak terlalu jauh dari kota, dan dapat diakses dengan angkutan umum. Bagaimana? Ada keinginan untuk berwisata ke pantai ini? luangkan waktu kalian untuk sekedar singgah sejenak di pantai Bandengan bersama keluarga dan orang-orang terdekat kalian. 
Baca juga postingan yang lainnya
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar :

  1. Videonya banyak suara anginnya... wew...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amatiran mas, pake hp terus lagi musim barat. :-(

      Delete
  2. kalau sama pantai kartini dekat ga ya pantai ini? sepertinya menarik juga sebagai referensi tempat wisata di jepara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekita 5km bang kearah utara. Pantai ini cukup dikenal di Jepara, fasilitas seperti banana boat, kano juga tersedia bang :-)

      Delete
  3. mau juga tuh kesana :D, salam kenal ya

    ReplyDelete