Menyusuri Goa Gala-gala, di Lembongan, Bali

Mungkin kalau kalian berwisata ke Bali dan mengunjungi pulau Lembongan, tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu berkunjung ke Goa Gala-gala yang ada di Lembongan. Goa ini berada di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabipaten Klungkung, Bali. Dan sekitar 2 jam naik boat untuk sampai pulau ini dari Tanjung Benoa.
Desa Lembongan, tempat gua Gala-gala
Lokasi Goa Gala-gala, Lembongan
Lokasi Goa Gala-gala, Lembongan
Berdasarkan informasi yang aku dapat dari berbagai sumber; goa Gala-gala ini bukanlah goa alami, tetapi buatan manusia. Goa ini dibangun oleh seseorang dengan menggunakan linggis pada tahun 1961 – 1976. Pembuatan goa ini terinspirasi dari cerita pewayangan Mahabarata khususnya kehidupan Pandawa saat diisolasi dan membuat tempat perlindungan – Sumber.
Bangunan didekat Goa Gala-gala
Bangunan didekat Goa Gala-gala
Semacam sesaji di Goa Gala-gala
Semacam sesaji di Goa Gala-gala
Goa ini mempunyai banyak pintu masuk ke dalam. Walau liangnya cukup sempit, tetapi didalamnya agak lebih lebar sedikit. Melalui tanggak kecil aku dan rombongan mulai memasuki goa yang tidak besar ini. Berhubung merasa penasaran, aku sengaja turun yang paling belakang. Niatnya sih biar bisa berfoto-foto saat di dalam. Menyusuri goa ini cukup capek juga, bukan karena panjang tapi ada beberapa jalan yang cukup sempit dan harus membutuhkan tenaga ekstra agar bisa lewat.
Lubang Goa Gala-gala
Lubang Goa Gala-gala
Menuruni Goa Gala-gala
Menuruni Goa Gala-gala
Seperti biasa, di dalam goa aku menyempatkan untuk mengabadikan beberapa gambar. Lumayan pengap juga di dalam goa ini. Dinding yang terbuat dari batu kapurnya pun agak lembab. Pokoknya kalian akan lebih tahu rasanya dan gelapnya kalau berada digoa sekecil ini. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi kalau memang berada di pulau Lembongan.
Suasana gelap di dalam Goa Gala-gala, Lembongan.
Suasana gelap di dalam Goa Gala-gala, Lembongan.
Suasana gelap di dalam Goa Gala-gala, Lembongan.
Keluar dari dalam goa Gala-gala
Keluar dari dalam goa Gala-gala
Goa Gala-gala ini merupakan salah satu tujuan wisata alternatif sebelum kita bermain snorkeling di laut. Atau sebelu kita menikmati fasilitas dari bounty cruise yang sudah satu paket dengan kapalnya. Ada yang tertarik untuk tidur di dalam goa Gala-gala ini? Kalau aku sih mendingan tidak deh.  Terlalu kecil dan gelap, oke selanjutnya perjalanan rombongan ini kami lanjutkan menuju pantai lagi. Bermain air sepuasnya.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment