Menikmati Keasrian Air Terjun Suroloyo, Jepara

Banyak orang yang tidak sadar kalau Jepara adalah salah satu kabupaten yang mempunyai banyak keindahan alam dan perlu kita ekspos. Jepara tidak hanya Karimunjawa saja yang terkenal pantainya, masih ada pantai Kartini, pulau Panjang, pantai Bandengan, pantai Teluk Awur, pantai Bondo, dan masih banyak lagi pantainya. Selain itu ada juga beberapa air terjun seperti air terjun Songgolangit, dan lainnya. Kali ini saya ingin sedikit menulis tentang air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi masih alami. Dan baru sedikit orang yang pernah ke air terjun ini.

Namanya air terjun Suroloyo, ketinggian air terjun ini hanyalah sekitar 10 meter saja. Air terjun yang terletak di Bungu, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Sekitar 36 km dari pusat kota Jepara (menuju arah kudus). Air terjun ini termasuk masih alami serta sangat asri karena masyarakat masih belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Menurut informasi dari beberapa sumber, ternyata hanya masyarakat Desa Bungu dan sedikit warga luar yang mengetahui letak air terjun ini.
Air terjun Suroloyo, di desa Bungu, Mayong, Jepara
Air terjun Suroloyo, di desa Bungu, Mayong, Jepara  (sumber: I Love Jepara, dok, Hendra Teris Triawan)
Menikmati curahan air terjun yang masih asri seperti ini sangatlah menyenangkan, kita bisa merasakan sensasi yang lebih dalam. Setidaknya, kita bisa mensyukuri apa yang telah Tuhan ciptakan, karena tidak banyak lokasi ada tempat-tempat indah dan masih asri seperti ini. Terlihat air terjun ini agak rendah, sebenarnya lumayan tinggi sih. Sekitar 10an meter, gambar diatas diambil dengan menggunakan lensa wide 10mm oleh Hendra Teris Triawan.

Berdasarkan informasi yang aku dapatkan, rute untuk mencapai air terjun ini agak susah dan aksesnya pun tidak begitu banyak. Rute bisa melalui Pancur atau melaui desa Datar – desa Bandung Pule. Kalau kita melalui perempatan lampu lalulintas (bangjo) Mayong nanti ke utara terus. Sampe pertigaan yang dekat Puskesmas Pembantu Mayong di Pancur ambil lurus, setelah itu ada pertigaan lagi ambil yang belok ke kanan, tujuan kearah Serni. Sampai disana kalian harus pakai GPS (Gunakan Penduduk Setempat) atau bertanya untuk lokasinya. Biar kalian tidak tersesat.
Pemandangan Air terjun Suroloyo, Bungu, Mayong, Jepara
Pemandangan Air terjun Suroloyo, Bungu, Mayong, Jepara  (sumber: Kabar Jepara)
Pemandangan masih asri disekitar air terjun
Pemandangan masih asri disekitar air terjun (sumber: Kabar Jepara)
Oya, untuk menuju lokasi air terjun ini tidak ada akses jalan untuk motor, apalagi mobil. Jadi satu-satunya akses yang bisa ditempuh adalah dengan berjalan kaki. Nah, bagaimana menurut kalian? Tertarik untuk mengisi liburan menuju air terjun ini? Sepertinya akan lebih seru kalau kita mengisi liburan menuju tempat yang masih perawan seperti ini.

Yang terakhir, jika kita mengunjungi lokasi ini ataupun lokasi lainnya. Jadikan diri kita ini paham dengan semua aturan yang tertulis atau yang tidak tertulis. Jangan pernah membuang sampah sembarangan, jangan pernah mencorat-coret batu ataupun apa saja untuk meninggalkan jejak kalian. Jadilah wisatawan yang baik dengan bersemboyan “Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan mengambil apapun kecuali gambar (semboyan para penjelajah)”. Dengan ini, kita bisa melestarikan lingkungan dan berusaha untuk tetap menjaganya. 
Baca juga postingan yang terkait 
Menyongsong Fajar di Ngadirejo, Temanggung
Mata Air Dari Curug Banyunibo
Menikmati Curahan Air Terjun Sri Gethuk
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. Air terjun Suroloyo Jepara sangat sari sekali, dan alamnya pun masih alami dan segar ya ?

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, akses kesini masih pakai blusukan :-)
      terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Salam

      Delete
  2. Eh baru tau kalo di jepara juga ada air terjun hahaha, Btw foto nya cakep banget, mau banget diajarin moto nich :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, ini yg memfoto mas heris bang :-) Beliau emang suka cepret-cepret, dan aku hanya meminta ijin untuk memposting fotonya (untung diperbolehkan) :-)

      Delete