Dibuat Kaget Oleh Biawak

Pulang mudik ke Karimunjawa memang banyak cerita. Salah satunya adalah saat santai siang-siang diteras rumah. Sedang asyik-asyiknya mendengarkan lagu dari laptop, tiba-tiba suara gaduh ayam berkokok. Dari kebun samping rumah sekelompok ayam berhamburan keluar dari semak-semak. Anak ayam yang masih kecil mencuap-cuap karena ditinggal lari induknya.

Aku sedikit kaget, dan mencoba melihat ke semak-semak. Siapa tahu ada hewan yang mencurigakan. Biasanya kalau dirumah ayam gaduh seperti ini ada hewan pemangsa yang sedang mengintai. Ular, Biawak, sampai burung Elang adalah predator yang setia mengintai habitat ayam dikampung. Apalagi ayam dirumah baru menetas sekitar 2 mingguan. Bisa jadi mangsa empuk oleh para predator.

Setelah aku periksa ternyata ada seekor Biawak lumayan besar sedang melata ditanah. Wah ini ternyata yang menjadi biang keladi ayam-ayam pada berhamburan. Biawak ditempatku (Karimunjawa) masih banyak. Dalam sehari, entah ada berapa Biawak yang mencoba mencari mangsa sampai ke lingkungan rumah warga. Walau nggak jelas gambarnya, itu aku tandai dengan lingkaran merah biawaknya.
Seekor Biawak mengendap-endap ditanah
Seekor Biawak mengendap-endap ditanah
Seekor Biawak mengendap-endap ditanah
Aku mengendap-endap untuk mendekati pemangsa ayam tersebut, lalu mengambil kamera hp butut dan mulai mengambil beberapa kali. Namanya juga pakai hp butut, terbatas oleh jarak. Jadi Biawaknya tidak bisa terlihat jelas. Yang ada kalah dengan ranting-ranting ataupun dedaunan yang sudah kering. Ya nasib deh heeee, dilihat secara teliti ya biar keliatan tuh biawaknya heee.
Seekor Biawak mengendap-endap ditanah
Seekor Biawak mengendap-endap ditanah
Seekor Biawak mengendap-endap ditanah
Jangan kaget kalau kalian ke Karimunjawa masih mendapatkan Biawak sedang melata menyeberang jalanan. Habitatnya di Karimunjawa masih begitu besar dan bahkan menjadi salah satu pemangsa nomor satu untuk unggas. Kadang saat ayamnya tidak termangsa, Biawak bisa saja memangsa telur unggas. Hemmmm, namanya juga hewan pemangsa. Jadi kita harus ekstra hati-hati menjaga unggas kita enggak dilibasnya.

Penasaran lihat Biawak? Atau malah belum pernah lihat Biawak? Biawak itu mirip Komodo, tapi lebih kecil dan tidak seganas Komodo. Apalagi kalau disamakan dengan Buaya heeee. Malah berbeda banget mulai dari ukurannya dan tingkat keganasannya. Oya, kalau lihat Biawak sedang ingin memangsa ayam jangan diburu ya. Cukup diusir agar menjauh Biawaknya heeeee.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar :

  1. Biawaknya ditangkep terus dipelihara, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup melihara ayam, kambing, dan ular :-D :-D

      Delete
  2. Wah lumayan gede juga ya. Dulu Abang gue malah melihara gituan di kosan coba ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihhh malah dipelihara :-D Nggak kebayang kalau keluar heeee

      Delete