Mudik ke Karimunjawa 2014

Setelah semalaman naik travel Jogja –Jepara. Akhirnya aku sampai juga di Jepara. Semalam sengaja merogoh kocek agak dalam untuk ke Jepara. Biasanya hanya naik bis Jogja – Kartosuro – Semarang – Jepara (tidak lebih dari 50k), berhubung ada banyak titipan barang jadi sengaja naik travel.

Setengah hari istirahat di Tanah Abang, Jepara tempat tante. Siang ini aku menuju pantai Kartini untuk menyebrang ke Karimunjawa naik kapal cepat. Jarak rumah tante ke pantai Kartini hanya sekitar 800 meter saja, jadi aku berjalan kaki. Sesampai digerbang, sudah terlihat beberapa calon penumpang kapal cepat yang ingin menyebrang ke Karimunjawa.
Pintu gerbang Pantai Kartini
Pintu gerbang Pantai Kartini
Sesampai dilobi tempat tiket, terlihat kesibukan para calon penumpang. Sebagian besar dari mereka adalah wisatawan. Dan ada beberapa orang mudik seperti aku. Tepat pukul 13:30 wib, aku melangkahkan kaki antri masuk ke pelabuhan kecil tempat sandarnya kapal cepat. Petugas Dishub memulai mengecek tiket yang kami pegang.
Suasana diterminal Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara
Suasana diterminal Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara
Begitu sampai kapal, kembali pengecekan tiket untuk menentukan kursi. Beruntung aku kenal dengan ABK kapal yang tersenyum melihatku membawa bawaan satu ransel besar dan sebuah kardus. Tidak terasa perjalanan 2 jam akan kami lalui, sebelumnya tadi pagi tepat pukul 06:00 wib, kapal ekonomi Siginjai sudah menyeberang ke Karimunjawa terlebih dahulu.
Menuju kapal cepat Bahari
Menuju kapal cepat Bahari
Di dalam kapal, kami disuguhi musik-musik lama seperti Chrisye, Doel Sumbang, dll. Kemudian saat kapal sudah berjalan, musik tersebut diganti sebuah film Hollywood yang berjudul “The Last Stand”. Mungkin kalian sudah pernah nonton, begitupun dengan aku. Aku malah asyik membaca salah satu buku yang sudah lama tidak kau baca “David and Goliath” serambi menunggu penyobekan karcis oleh ABK kapal.
Suasana di dalam kapal cepat Bahari Express
Suasana di dalam kapal cepat Bahari Express
Tiket kapal dan buku bacaan selama di dalam kapal
Tiket kapal dan buku bacaan selama di dalam kapal
Ombak lumayan ada, suara kapal bising, bau solar pun menjadi aroma yang tidak bisa terlepas. Kurang dari dua jam hp mendapat BBM, ternyata sudah mendekati Karimunjawa. Tepat 2 jam kapal sandar. Terlihat beberapa orang yang menunggu saudara maupun TL yang menunggu wisatawannya. Aku menuju terminal untuk menghamipiri kakakku yang sudah menunggu. Gerbang Karimunjawa sudah di depan mata. Waktunya aku pulang melalui jalanan yang terjal dan dominan rusak.
Gerbang Karimunjawa
Gerbang Karimunjawa
Alhamdulillah akhirnya kembali menginjakkan kaki di Karimunjawa lagi saat mudik ini adalah moment dimana aku bisa berbaur dengan keluarga, bercanda dengan para sahabat, bermain dengan ke 5 keponakanku. Dan yang pasti, di sini aku melakukan hal yang tidak pernah aku lakukan di Jogja, yakni ikut nimbrung masak didapur. Istimewa sekali bukan heeeee.
Baca juga postingan yang lainnya 

Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar :

  1. Dirimu naik travel apa mas bro? kalau yg travel tujuan Rembang apa ada? apa turun Jepara trus naik bus ke Rembang? Enaknya gimana ya? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemarin naik Citra Travel, ada yg lebih bagus lagi Day Trans mas. Kayaknya ada jurusan langsung ke Rembang mas. Biasanya standnya di sekitaran tugu itu (jalan apa ya) yang depan pasar. :-D

      Delete
  2. abis berapa dg transport yang mas pake itu? saya dari dulu pengen ke karimunjawa belum kesampaian hehe
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain edisi lebaran Travel rata-rata 110k sampe Jepara, Kalo paketan ke Karimunjawa bervariasi, tergantung kita ikut kpal apa :-D

      Delete
  3. seru banget tinggal di Karimunjawa ... pengeenn :(

    ReplyDelete