Menikmati Kesunyian Pantai Timo’ Karimunjawa

Mengulas tentang pantai disepanjang pulau Karimunjawa tidak ada habisnya. Walau baru sedikit yang aku kupas, tapi sudah banyak yang tahu pantai-pantai yang menjadi rekomendasi untuk menikmati liburan di Karimunjawa. Kalau kalian ingin berlibur di Karimunjawa dan tidak ingin terlalu ramai, mungkin ada beberapa pantai yang bisa kalian kunjungi. Salah satunya adalah pantai Timo’ yang berada di Dusun Batulawang, Kemujan, Karimunjawa.

Dusun Batulawang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kampung Bugis memiliki banyak pantai yang jarang sekali terekspos keindahannya. Seperti pantai Barek (pantura) yang pernah aku ulas lebih dahulu. Kali ini pantai Timo’ juga tidak kalah indahnya. Rata-rata pantai disini lebih tepat untuk dijadikan tempat menenangkan pikiran. Ini dikarenakan tidak terlalu banyak wisatawan luar yang tahu dengan lokasi pantai ini.
Pesisir di pantai Timo' Karimunjawa
Pesisir di pantai Timo' Karimunjawa
Pesisir di pantai Timo' Karimunjawa
Kata “Timo’” sebenarnya berasal dari bahasa Bugis yang artinya “timur”. Jadi sudah bisa dipastikan pantai ini cukup bagus jika dijadikan tempat alternatif untuk melihat sunrise. Dari pesisir pantai ini, kita dapat melihat beberapa pulau yang sepertinya berdekatan. Bisa dengan jelas kita melihat pulau Sintok, Pulau Tengah, Pulau Gundul, Pulau Kecil, Pulau Sambangan, Pulau Genting, Pulau Seruni, dan Pulau Cendikian. Cukup banyak bukan pulau yang bisa kita lihat?

Akses menuju pulau ini cukup mudah. Ketika kita menuju dusun Batulawang, nanti akan ketemu TK sebelum Lapangan sepakbola. Dari sana nanti ambil jalan ke kanan, jalan tanah kecil arah ke sumur tua. Dari sana kita lurus saja nanti akan sampai juga dipantainya. Dipantai ini ada tempat/ semacam wisma yang bisa kalian gunakan untuk menginap. Harganya pun cukup terjangkau.
Wisma kecil yang ada di pantai Timo, Kemujan, Karimunjawa
Wisma kecil yang ada di pantai Timo, Kemujan, Karimunjawa
Wisma kecil yang ada di pantai Timo, Kemujan, Karimunjawa
Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi pantai ini? Dimanapun pantainya, dimanapun tempatnya, saya pribadi berharap tetaplah menjadi pengunjung yang mencintai kebersihan. Jangan pernah sedikitpun membuang sampah sembarangan, karena keindahan pantai akan terasa kurang jika pantainya terdapat sampah yang berserakan. 
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment