Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa

Karimunjawa mempunyai banyak pelabuhan, apalagi pulau-pulau seperti Pulau Parang, Pulau Nyamuk, Pulau Genting, dan lainnya. Secara otomatis pasti ada pelabuhannya, tujuan utamanya adalah untuk menyandarkan kapal. Sedangkan di Karimunjawa sendiri ada beberapa pelabuhan yang bisa digunakan untuk menyandarkan kapal.

Salah satu pelabuhan yang tidak pernah sepi untuk disinggahi adalah pelabuhan di Legon Bajak. Pelabuhan ini terletah di dusun Telaga, Kemujan, Karimunjawa. Setiap sore kita bisa melihat aktifitas para nelayan yang berangkat ataupun pulang dari melaut. Pelabuhan ini akan lebih ramai lagi kalau lagi musim baratan (cuaca buruk saat Desember – Januari karena angin barat). Disini layaknya kota malam dengan berbagai lampu kapal yang menerangi, karena pelabuhan ini merupakan salah satu tempat bersandar kapal-kapal yang terjebak oleh ombak.
Pelabuhan Legon Bajak, Kemujan, Karimunjawa
Pelabuhan Legon Bajak, Kemujan, Karimunjawa
Sebenarnya paling enak ke pelabuhan Legon bajak itu waktu malam-malam, kita bisa menikmati sepoinya angin laut sambil mancing. Beberapa kali aku pulang ke Karimunjawa sih kadang mancing disini bareng teman-teman. Sayangnya waktu itu kami enggak mengabadikan, biasa malas bawa hp karena sinyal disini agak susah.
Salah satu kapal bersandar dipelabuhan Legon Bajak
Salah satu kapal bersandar dipelabuhan Legon Bajak
Pemadangan dari pelabuhan Legon Bajak
Pemadangan dari pelabuhan Legon Bajak
Beberapa waktu lalu aku dan rombongan sepakbola kami ke pulau Genting untuk main sepakbola. Kapal yang kami naiki lewat pelabuhan Legon Bajak ini. Jadi aku bisa melihat gugusan pulau dari ujung pelabuhan, selain itu juga bisa melihat bukit yang paling tinggi di Karimunjawa. Lumayan bagus kok, kalian enggak akan merasa jenuh saat dipelabuhan ini.
Pemandangan dari pelabuhan Legon Bajak
Pemandangan dari pelabuhan Legon Bajak
Pemandangan dari pelabuhan Legon Bajak
Dan yang paling pasti, dipelabuhan ini kalau kalian datang pagi-pagi pasti bisa melihat sunrise. Biasanya matahari itu muncul diantara Pulau Tengah dengan Pulau Sintok. Oya kalau mau mancing malam-malam salah satu tempat yang aku rekomendasikan adalah dipelabuhan ini. Karena waktu aku mancing disini dapat tiga cumi-cumi. Ada yang minat main kesini? Dimanapun tempat yang kita kunjungi, disana tentunya ada keindahan yang pasti kita dapatkan.
Baca juga postingan yang lainnya 

Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment